Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Bayi Sembelit Saat Memulai MPASI

BABY  |  07 Apr '20


Bayi sembelit seringkali membuat para ibu was-was, tak terkecuali saya yang seringkali panik kalo anak sembelit. Apalagi memasuki tahap MPASI, tidak heran kalau bayi mengalami sembelit. Wajar kalau bayi sembelit karena masih masa tahap penyesuaian pada pencernaannya karena mulai mengenal makanan padat. Standarnya bayi harus pup 1 x sehari, maks. 2-3 hari ga pup. Lebih dari itu, sebaiknya kita lakukan beberapa tips untuk mengatasi bayi sembelit.

Nah, berikut saya ingin membagikan kiat-kiat apa sih yang bisa di lakukan untuk mengatasi bayi sembelit.

1. Perbanyak minum air putih ya Moms. Untuk pemberian air putih ada rumusnya loh!
Untuk bayi full ASI : 30 ml x BB bayi / 2
Sedangkan untuk bayi sufor : 30 ml x BB bayi
Contoh: Bayi full ASI dengan BB 8kg , maka perhitungannya adalah 30 ml x 8 / 2 = 120 ml. Jadi dalam satu hari, diusahakan anak minum air putih sebanyak 120 ml. Begitu pula bayi sufor.

2. Kurangi pemberian makanan yang mengandung serat tinggi.
Perlu kita ketahui, pencernaan bayi dengan orang dewasa beda loh Moms. Semakin tinggi serat yang dikonsumsi bayi, maka dapat memicu sembelit. Beda dengan orang dewasa yah. Kalau kita perlu banget banyak serat agar terhindar dari sembelit. Tapi bayi kebalikannya. Sebisa mungkin kurangi sayurnya dan perbanyak konsumsi karbo, protein hewani dan nabatinya saja.

3. Berikan buah - buahan yang memiliki kadar air cukup tinggi.
Untuk buah, setiap kali anakku sembelit, aku memberikan buah pir dan buah naga. Dua buah ini yang menurutku buah dewa buat ngatasin anakku sembelit. Tapi bukan berarti buah-buahan yang lain pantang untuk dimakan. Semua buah baik kandungannya. Tapi sebisa mungkin kalo anak sedang sembelit, berikan buah yang memiliki kadar air cukup tinggi ya Moms.

4. Pijat ILU Dan gowes sepeda.
Lagi-lagi pijat ILU dan gowes sepeda dapat mengatasi anak sembelit. Aku biasanya setiap sehabis mandi atau pas sedang main dengan si kecil, aku selalu lakukan pijat ILU Dan gowes sepeda ini karena dapat merangsang si kecil untuk pup.

5. Berendam air hangat.

6. Khusus bayi full ASI, Berikan ASI semau dan sebanyak yang si kecil butuhin ya mom . Jangan di takar-takarin ya. Karena semakin banyak cairan yang bayi minum, maka dapat mengurangi resiko sembelit yang di alami.

Nah itulah beberapa kiat-kiat yang aku lakuin pas si Kecil mengalami sembelit. Kalo tips diatas masih dirasa belum ada efeknya, sebaiknya langsung konsultasi ke DSA terpercaya ya Moms.

Semoga bermanfaat. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

121 Rikania Andryani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bolehkah Pemberian Gula Garam Dalam MPASI?

Moms, mari simak beberapa pertanyaan seputar pemberian gula garam dalam MPASI si Kecil berikut.