Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Bapil Anak Dengan Resep Perawatan Rumahan

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  21 Aug '18


Batuk pilek adalah salah satu jenis penyakit yang dulu cukup sering dialami Naoki. Mostly penyebabnya adalah tertular dari ayah yang entah mengapa setiap pulang dinas dari perjalanan kerja di luar kota selalu membawa virus flu ke rumah. Sebagai ibu yang baru memulai debut mengurus anak, sering kali saya dilanda panik ketika Naoki terserang flu. Flu selalu berujung ke batuk pilek yang membuat malam-malam kami jadi penuh drama. Drama menghadapi batuk pilek ini biasanya berlangsung agak lama, sekitar 4 hari dirawat di rumah namun tidak kunjung membaik, akhirnya saya menyerah dan segera berobat ke dokter. Naoki selalu sembuh setelah berobat dan diresepkan berbagai macam obat. Tapi dengan seringnya frekuensi Naoki berkunjung ke dokter karena batuk pilek, muncullah pertanyaan dalam diri saya “Apa iya harus selalu ke dokter supaya bisa sembuh dari sakit batuk pilek? Bisa tidak ya sembuh dari batuk pilek tanpa perlu ke dokter dan minum banyak obat?”

Setelah banyak mencari tahu, ternyata bisa. Flu bisa sembuh tanpa perlu selalu berobat ke dokter. Sebenarnya flu itu bisa sembuh sendiri pada akhirnya asal banyak istirahat, mengonsumsi banyak air putih, makanan sehat dan daya tahan tubuh ditingkatkan. Hal ini berlaku untuk flu dengan sebab virus, berbeda jika sebabnya bakteri, maka perlu diberi obat seperti antibiotik. Penyebab flu Naoki biasanya karena tertular virus dari ayahnya, maka perawatan di rumah seharusnya sudah cukup. Setelah mencari banyak informasi, membaca referensi dari sharing para Moms di dunia maya dan setelah beberapa kali mencoba aneka resep rumahan, akhirnya terciptalah resep perawatan rumahan untuk mengatasi batuk pilek ala ibu Naoki, yaitu:

  1. Botanina Cold and Flu
    Botanina Cold and Flu ini adalah salah satu andalan saat keluarga terserang batuk dan flu. Manfaatnya untuk membersihkan virus atau bakteri penyebab flu dan melegakan saluran pernapasan. Botanina C&F ini juga memiliki manfaat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus, sehingga dapat membantu membersihkan lingkungan. Cara pakainya cukup dengan semprot ke kerah baju dan bantal saat menjelang tidur. Efek yang terasa langsung setelah pemakaian ini adalah pernapasan terasa lega dan ketika bangun pagi, biasanya hidung meler, demam dan pusing langsung berangsur berkurang. Untuk Naoki saya pakai yang warna biru (> 6 tahun, ada keterangan di kemasannya). Produk Botanina tergolong terjangkau untuk saya. Botanina C&F ini harganya kurang dari 100 ribu, termasuk juga Botanina Kid Oil harganya di bawah 100 ribu.



  2. Paracetamol
    Batuk flu biasanya disertai dengan demam yang lebih sering dialami saat awal-awal gejala flu muncul sebagai reaksi pertahanan tubuh dalam melawan virus flu. Sesuai petunjuk dari dokter, saya biasanya baru berikan paracetamol saat suhu badan anak sudah mencapai 38 Derajat Celcius atau saat anak benar-benar sangat rewel dan tidak bisa tidur nyenyak karena panas. Kebetulan Naoki termasuk anak yang kalau deman selalu rewel, menangis terus dan tidak mau tidur padahal suhunya kadang belum sampai 38 derajat Celcius. Saya pernah menanyakan hal ini ke dokter, keputusan apa yang harus saya ambil jika anak sangat rewel namun suhunya tidak terlalu tinggi, jawaban dokter adalah coba buat anak tenang dan nyaman dengan cara digendong atau dipeluk. Namun jika tidak berhasil juga, boleh diberikan obat penurun panas, pertimbangannya adalah agar anak bisa istirahat karena untuk bisa sembuh, anak perlu banyak istirahat.

  3. Air Perasan Lemon dan Madu
    Perasan lemon dan madu ini salah satu obat herbal andalan saya untuk mengatasi batuk. Lemon mengandung vitamin C yang sangat ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga bisa melawan virus penyebab batuk dan pilek. Sedangkan madu mengandung  banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk membunuh infeksi dan melegakan tenggorokan. Cara membuat obat herbal ini adalah, campurkan 1 sendok makan perasan jeruk lemon dan 1 sendok makan madu, lalu campurkan dengan 2 sendok makan air hangat. Berikan ke anak 3 kali sehari: pagi, siang dan malam menjelang tidur. Perasan lemon dan madu ini hanya untuk anak dengan usia di atas 1 tahun, sedangkan anak di bawah 1 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi madu.

  4. Transpulmin
    Transpulmin ini fungsinya seperti balsem, namun untuk anak-anak. Manfaatnya bisa membantu melegakan pernapasan. Cara pakainya adalah, cukup oleskan pada bagian dada dan punggung anak terutama menjelang tidur malam karena biasanya hidung sering mampet dan susah untuk bernapas. Memakai transpulmin bisa membantu Naoki tidur lebih nyenyak.

  5. Botanina Kid Oil
    Botanina Kid Oil saya gunakan untuk berjaga-jaga kalau Naoki malamnya sangat rewel dan tidak mempan hanya pakai Transpulmin, maka saya oles Botanina Kid Oil ini di telapak kaki menjelang tidur. Bisa juga dipakai sebagai minyak pijit setelah mandi sore. Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, Botanina Kid Oil ini juga memberikan efek calming yang bisa membuat Naoki tidur lebih nyenyak sepanjang malam.



  6. Obat Batuk Mucos
    Saya pakai obat batuk ini untuk jaga-jaga saja dan jarang sekali diberikan ke Naoki, hanya digunakan dalam kondisi tertentu. Misalnya saat sudah 5 hari kondisi anak belum membaik dan justru ada tanda-tanda batuk berdahak. Biasanya ciri anak terserang batuk berdahak adalah saat tidur, napasnya berbunyi dan berat. Manfaat obat batuk ini adalah membantu mengencerkan dahak. Setelah mengonsumsi Mucos, besoknya  lebih banyak lendir dahak keluar lewat hidung dan bentuknya lebih kental, setelah 2 atau 3 hari mengonsumsi Mucos biasanya batuk dahak sudah mereda. Alasan saya memilih Mucos, karena ini adalah salah satu obat yang sering diresepkan oleh DSA Naoki, di keterangan kemasannya sebenarnya harus dengan resep dokter, namun saat saya ke apotek katanya tidak apa-apa tanpa resep dokter asal dikonsumsi sesuai dengan dosis yang tertera dalam kemasan.

  7. Konsumsi banyak air putih, makanan sehat serta hindari makanan ringan dan berminyak
    Terakhir, jangan lupa berikan banyak air putih, makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur serta hindari makanan ringan seperti permen, chiki, es, cokelat dan gorengan selama anak belum sembuh. Untuk orang tua, jangan lupa untuk ikut mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kondisi karena jika kondisi tubuh drop selama merawat anak, sakit akan mudah tertular, jika sampai tertular nanti malah jadi bisa menular lagi ke anak.

Moms, itulah resep perawatan yang saya pakai untuk mengatasi batuk pilek anak di rumah, memang tidak semua alami dan masih mengandalkan obat kimia namun setidaknya sudah saya minimalisir hanya Paracetamol, Mucos dan Transpulmin. Untuk duo botanina dan madu lemon, semua berbahan alami. Perawatan rumahan ini sudah saya terapkan sejak usia Naoki 18 bulan dan sekarang ketika terserang flu, selalu sembuh dalam kurun waktu kurang dari seminggu tanpa berlanjut ke batuk pilek berhari-hari. Resep ini tidak saya rekomendasikan untuk anak dengan usia di bawah 1 tahun, karena ada madunya. Resep perawatan ini semoga bisa digunakan oleh Moms juga ya di rumah. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.

ByTitik Wihayanti.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1508 Titik Wihayanti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Nyaman Berliburan Bersama Si Kecil di Masa Pandemi

[foto1]COVID-19 membuat orang tua di seluruh dunia bertanya-tanya apakah mereka bisa berliburan

Tips Berolahraga Ala Moms

Hai Moms, Moms pasti tahu dong salah satu cara ampuh untuk melawan virus Corona dan juga virus-

Awas!! Jangan Asal Memilih Hand Sanitizer untuk Si Kecil

Pandemi Corona ini membuat kita lebih sadar akan kebersihan terutama kebersihan tangan dan area wajah.

Tiga Anjuran Yang Perlu Dilakukan Apabila Ibu Menyusui Berpuasa

Bagi para Busui yang berpuasa, simak tips berikut ini yuk.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Busui Ingin Berpuasa

Buat para Busui yang sedang berpuasa, tips berikut ini wajib disimak ya!

Apa itu HEPA 13?

Ada perbedaan signifikan antara filter HEPA yang dibuat oleh merek air purifier yang berbeda.

5 Makanan Cegah si Kecil Konstipasi

Bakteri Lactobacillus reuteri (Lr), misalnya, dapat mencegah gangguan saluran cerna pada anak.

Cegah Abses dengan Rawat Gigi dan Mulut Sejak Dini

Kebersihan gigi dan mulut perlu dirawat sejak dini agar tidak menyebabkan penyakit. Berikut ini beberapa tips merawat gigi si Kecil.

5 Tips Mencegah Virus di Rumah Moms

Moms, simak lima tips mencegah virus yang bisa Moms lakukan di rumah berikut ini.

Manfaat yang Saya Rasakan Setelah Pijat Pasca Persalinan

Moms apa adakah di sini yang setelah melewati proses persalinan, tepatnya saat dalam masa nifas moms melakukan pijat?

Tips Menjaga Tubuh Moms Tetap Fit di Musim Hujan

Curah hujan yang tinggi di awal tahun ini tentu jadi tantangan tersendiri buat Moms dan Moms to be ya.

Resolusi 2020: Menjadi Mama Milenial yang Sehat

Hi moms, umur saya sudah mau memasuki kepala 3 dan saya makin concern with the term of 'getting older'.

Efek Domino Cacar Air di Keluarga Kecilku

Saya terkena cacar air untuk yang kedua kalinya dan itu menular ke kedua anak saya

Pengalamanku Mengalami Nyeri pada Punggung Bekas Suntikan Pasca Operasi Caesar

Kali ini aku mau share pengalamanku mengalami nyeri punggung pasca operasi caesar ya moms

Mitos Pantangan Makanan pasca Persalinan

Apa saja makanan yang dipantang setelah melahirkan? Lalu bagaimana faktanya?

Ternyata Aku Terkena Infeksi Mulut Rahim/Servisitis

Beberapa hari terakhir, aku memang sering mengalami keputihan pada saat sebelum dan sesudah haid.

Jangan Sepelekan Perubahan Hormon!

Baru-baru ini saya mengalami perubahan hormon yang luar biasa menyakitkan buat saya.

Bahayakah Keputihan pada Wanita?

Keputihan biasa dialami oleh hampir setiap wanita, namun bahayakah keputihan pada wanita?

Tips Mencegah Ruam Popok pada Bayi

Penyebab ruam popok biasanya dikarenakan penggunaan popok yang terlalu lama. Bagaimana mencegahnya?

Pengalamanku dengan Kardiomiopati Postpartum Pasca Melahirkan Anak Kembar

Aku di vonis Kardiomiopati Postpartum atau lemahnya otot jantung pasca melahirkan.