Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Anak Yang Hanya Ingin DBF

FEEDING  |  MY STORY  |  31 Aug '19


Bagi ibu menyusui, salah satu kekhawatiran adalah si bayi keenakan minum susu lewat botol dan jadi gak mau lagi langsung menyusu ke payudara; atau yang sering disebut “bingung puting”. Bingung puting biasanya terjadi karena umumnya ketika bayi menyedot lewat dot botol, usaha yang diperlukan hanya sedikit untuk membuat susu mengalir deras dibanding ketika ia menyusu di payudara.

Dalam kasusku, Owen justru kebalik. Memasukin bulan ke-4, Owen menolak minum susu lewat botol dan hanya mau menyusu langsung ke payudara.

Aku cerita dulu yah bagaimana itu bisa terjadi.

Awal perjalanan menyusuiku diwarnai dengan drama produksi ASI minim. Aku jarang pompa karena sedotan pompa membuat putingku yang sudah lecet menjadi semakin sakit. Tapi ketika pompa pun, paling hanya dapat 20-30ml dari kedua payudara. Dokter laktasi menyarankan aku tidak memompa payudara, tetapi memerah dengan tangan. Aku diajarkan memerah ASIP ditadahi dengan cup feeder. Dalam 30 menit memerah, bisa dapat 30ml saja sudah bahagia. Tapi tidak lama kemudian harus memerah lagi karena bayi terus menangis karena lapar. Aku kurang istirahat. Satu-satunya cara istirahat adalah aku harus perah/pompa sebanyak yang aku bisa dapatkan supaya Owen bisa dikasih botol dulu sementara aku mencuri waktu istirahat.

Setiap mau memberikan botol, aku benar-benar khawatir Owen akan gak mau payudara lagi. Secara supplyku sedikit, jadi pasti dia lebih puas minum dari botol. Jadi meskipun aku terkadang curi waktu istirahat dengan meminta suami atau helper memberikan ASIP lewat botol, aku tetap berusaha meminimalisir feeding lewat botol supaya Owen tidak bingung puting.

Jalan beberapa minggu, supplyku mulai meningkat. Aku semakin mampu memuaskan rasa lapar Owen dengan direct feeding ke payudara. Saat itu semakin jarang aku berikan ASIP via botol. Semua hasil perah dan pompa aku simpan di freezer untuk tabungan masa depan. Kecuali kalau mau pergi ketemu orang atau ada event yang tidak memungkinkan aku terus2an nyusu, aku sediakan ASIP di botol untuk dibawa dan nanti dikasih sama suster.

Satu kali coba, dua kali coba, dari sepuluh kali coba paling hanya dua yang Owen mau terima ASIP di botol itu. Kalau diperhatikan dua kali itu juga saat dia udah bener2 laper banget, sudah cukup lama dari jam terakhir dia makan. Sisanya, ditolak sama sekali enggak mau. Alhasil ujung-ujungnya tetap nyusu.

Begitulah akhirnya kita menyimpulkan anak ini gak suka botol. Padahal dulu suka, aneh ya? Aku sebut ini bingung botol.

Kita udah coba ganti beberapa merk botol yang aku punya. Sudah coba yang ngasih botol bukan aku tapi suster atau suamiku. Sudah coba saat ngasih botol akunya keluar ruangan. Nothing worked. Singkat cerita ya, hari ini Owen selalu mau kalau aku kasih botol dan tetap selalu mau nyusu juga. Gimana caranya?

Pertama, aku mulai buat jadwal jam makan Owen. Jadi aku lihat dia bangun pagi itu sekitar jam 5 dan malam sudah mau tidur jam 6 sore. Tidur siang saat itu 3 kali sehari, jam 9 pagi, jam 12 siang, dan jam 3 sore. Nah aku buat jadwal ketika dia awake itu jam berapa dia akan minum susu. Jadi setiap jam minum susu itu aku akan ajak dia nyusu. Di luar jam itu, no nyusu. Tentu saja butuh waktu untuk penyesuaian. Tapi ini penting karena Owen jadi belajar merasakan kenyang dan lapar, dan kalau saatnya lapar maka akan dikasih susu.

Setelah Owen lancar mengikuti jadwal, aku mulai transisi ke botol. Botol susunya juga aku tidak kasih botol yang dulu aku pakai, yang dia sudah kenal itu botol susu tapi selalu ditolak. Aku beli botol baru. Dari hasil research waktu itu, aku beli botol Hegen.

Kenapa botol Hegen? Karena jujur waktu itu aku khawatir Owen tetap tidak mau botol dan pembelian aku akan sia-sia lagi. Nah, botol Hegen ini kelebihannya bisa digunakan untuk fungsi lain seperti storage untuk MPASI atau makanan lain. Tinggal ganti dotnya menjadi tutupan. Jadi kalau ternyata Owen tetap menolak, at least gak 100% sia-sia.

Ok kembali ke jadwal. Jadi setiap jam Owen makan, aku tawarkan susu pakai botol Hegen. Dan percobaan pertama... berhasil! Owen mau minum ASIP di botol itu.

Kebetulan waktu itu pakai dot yang alirannya kecil, jadi Owen nyedotnya sampai pipinya kempot-kempot hahaha. Aku tidak mau besar kepala dulu tapi aku lebih semangat karena percobaan pertama sukses, jadi aku beli dot yang alirannya lebih kencang. Tapi aku tetap selalu mengikuti jadwal makan. Jadi ASIP hanya aku berikan ketika sudah jamnya dia makan.

Bersyukur sekali sampai sekarang masih berlanjut seperti itu. Aku gak ganti-ganti lagi botolnya karena sudah cocok sama yang ini. Setiap jam makan, aku panasin ASIP di botop Hegen dan Owen pasti mau.

Apakah sama sekali gak pernah ditolak lagi? Pernah dong tentunya. Karena jadwal bayi masih berubah-ubah. Jadwal tidur berubah, porsi makan berubah, rentang waktu merasa kenyang berubah. So aku selalu modify jadwal mengikuti perkembangan Owen.

Jadi kalau ada yang mengalami seperti aku dan pengen anaknya bisa minum botol lagi, tips dari aku adalah:

1. Buat jadwal untuk meregulasi keseharian anak dan mengajarkan konsep lapar dan kenyang (catatan: aku rekomen jadwal untuk bayi yang sudah 4 bulan ke atas ya, kalau masih newborn banget memang kita yang harus ikutin jadwal badan mereka)

2. Explore beberapa merk botol dan dot

3. Kalau indikasi anak tidak suka dengan dot yang ditawarkan, boleh dicoba beberapa kali lagi tapi jangan dipaksa. Kita gak mau si anak jadi trauma dot.

4. Minta tolong orang lain (suami, helper, orangtua) untuk memberikan botol ke bayi. Konon katanya bayi bisa mencium aroma puting dan susu di dekat dia, jadi kalau di dekat ibu, bayi bisa menolak botol karena maunya sama puting ibu.

5. Sabar dan jangan patah semangat. Ingat moms, bayi itu pintar kok. Mungkin butuh waktu untuk mengajarkan kebiasaan baru ke bayi, tapi kalau ibu bertekad dan semangat, lama kelamaan bayi akan bisa mengikuti ajaran ibu. Just have faith!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

243 Wynne Prasetyo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

ASI Booster Alami Sahabat New Moms

Kebutuhan ASI untuk si kecil terutama newborn hingga usia 6 bulan memang sangat krusial ya Moms.

Akibat Malas Pumping ASI menjadi DROP!

Sebagai working mom, tentunya selalu punya keinginan untuk selalu mengasihi anak kita.

Tips Mengosongkan ASI dari Payudara

Moms, aku akan share cara untuk ngosongin ASI dari payudaraku, dan aku rinciin dari day 1 aku menyapih ya Moms.

Breastfeeding Story: Persiapanku untuk Tetap Bekerja dan Menyusui

Sebagai working Mom, menyusui jadi lebih "menantang" waktu cuti sudah habis & harus meninggalkan Syeron untuk bekerja.

Benarkah Menstruasi Memengaruhi ASI? Bagaimana jika ASI Drop?

Saat selesai masa nifas selama 2 bulan, tidak lama kemudian saya kembali mengalami menstruasi bulanan.

Masalah Menyusui yang Kualami

Ada kalanya rasa nyaman saat menyusui berubah menjadi momen yang menyakitkan dan tidak nyaman.

Lulus ASI Eksklusif 6 Bulan

Lulus ASI eksklusif 6 bulan ternyata gak semudah yang saya bayangkan apalagi saya working mom

Bunda Pejuang ASIP

Moms yang baru saja melahirkan pasti banyak yang merasakan dilema menyusui anaknya

Why Breastfeeding?

Menyusui merupakan momen indah dan menyenangkan bagi Moms yang baru saja melahirkan si Kecil.

Bayi Baru Lahir Belum Tentu Langsung Pintar Menyusu Loh Moms!

Dari pengalaman saya, banyak hal yang sebaiknya bumil ketahui lebih dalam seperti tentang menyusui

Botol Kaca, Solusi ASI Tersumbat

Penyumbatan ASI atau clogged duct pada ibu menyusui wajar terjadi. Bagaimana mengatasinya?

ASI Seret, Perlukah ASI Booster?

Kegalauan ibu yang masih dalam masa mengASIhi itu ketika ASI tidak lagi deras

Nursery Room: Edisi Jogjakarta

Kali ini nursery room yang akan direview berada di Jogjakarta. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Perjalananku MengASIhi si Kecil

Ini hanya tulisan biasa untuk sharing pengalaman karena saya tidak ingin Moms lain mengalami apa yang saya alami.

Seperti Apa Nursing Room di AEON Mall Serpong?

Bagi Moms yang kerap ke mall atau public space dengan bayi dan balita, tentu sudah tidak asing lagi dengan nursing room.

Pengalaman Menyusui: Permasalahan dan Solusi

Moms yang sedang menyusui pasti memiliki pengalaman masing-masing selama proses menyusui.

Bikin ASI Booster Sendiri Yuk!

Kali ini aku ingin berbagi beberapa resep ASI booster ala rumahan yang saya dapat dari seorang dokter

Event with Babyologist and Lactaboost

Aku berkesempatan hadir di acara Babyo & Lactaboost untuk membahas "BREASTFEEDING LANCAR TANPA HAMBATAN"

Pompa ASI Elektrik, Pilihan Tepat Bagi Working Moms

Sejak hamil, aku sudah antusias akan datangnya anak kami. Persiapan melahirkan dirancang sedemikian rupa.

Informasi Penting Seputar Pemberian ASI

Rekomendasi dari WHO untuk bayi 0-6 bulan itu hanya diberikan ASI SAJA secara eksklusif.