Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengatasi Anak Rewel dan Sulit Tidur Setelah Disapih

MY STORY  |  PARENTING  |  24 Nov '18


Halo Moms! Saat masih dalam masa menyusui, menidurkan si Kecil biasanya kita lakukan dengan cara menyusuinya. Namun bagaimana jika anak sudah tidak menyusu lagi? 

Hal ini menjadi tantangan dan kekhawatiran saya. Saya akan berbagi pengalaman dan cerita saat si Kecil selesai disapih.

Saya berhasil menyapih si Kecil, namun bukan dengan metode weaning with love (WWL), kenapa? Karena dalam suatu kondisi saat proses penyapihan si Kecil, saya dirawat di RS akibat typhoid fever, dan saya dalam keadaan hamil anak kedua, Moms. 

Demi kesehatan kandungan saya, dokter tidak mengizinkan saya untuk meneruskan kegiatan menyusui si sulung. Sungguh berat memang, karena si sulung belum genap usia 2 tahun, dan baru berumur 17 bulan. 

Anak pertama saya full ASI sejak lahir, tidak pernah mengenal botol susu karena saya menyusui secara langsung atau direct Breastfeeding

Saat saya keluar dari RS, si Kecil sudah tidak menyusu lagi dan itu sudah seminggu lamanya. Dimulailah drama saat malam tiba, si Kecil mulai rewel dan mengamuk. Sejenak saya mengalami stres parah, apalagi dalam kondisi pemulihan dari sakit dan dalam keadaan hamil muda.  

Keadaan si Kecil rewel dari awal tidur malam sampai terbangun selalu mengamuk itu saya alami kurang lebih selama seminggu. Kemudian saya latih dan mulai terapkan rutinitas tidur untuk si anak pertama. 

Jika Moms sekalian mengalami hal serupa, berikut tips dari saya:

  • Tetapkan jadwal tidur si Kecil. Jika sebelum disapih ia terbiasa tidur pukul 8 malam, maka jangan ubah kebiasaan jam tidurnya, tetap lanjutkan jadwal tidur seperti biasanya. 
  • Karena sudah tidak menyusu lagi, sebelum tidur pastikan si Kecil dalam keadaan kenyang. Berikan makanan padat satu jam sebelum tidur, setelah itu berikan segelas susu. Hal ini membantu jika si Kecil terbangun kembali agar tidak merasa lapar. 
  • Bila si Kecil menyukai dongeng, bacakan dongeng sebelum tidur. Ini sangat membantunya merasa rileks dan menstimulasi otaknya. 
  • Buatlah ia aktif di siang hari, ajak si Kecil bermain dan bercanda, agar tidak terlalu banyak tidur di siang hari. 
  • Saat selesai memandikan si Kecil, berikan pijatan lembut di bagian wajah, dada, tangan dan kakinya, agar anak merasa lebih rileks dan tenang. 
  • Kondisikan ruangan tidur, dan buatlah ruangan menjadi senyaman mungkin buat si Kecil. 
  • Temani anak saat tidur. Jika tetap tidak mau tertidur dan rewel, dekap anak di dada Moms, jangan lepaskan, kemudian elus-elus kepalanya sambil menyuarakan hush hush a bye for baby, perlahan si Kecil akan mulai tenang dan nyaman, kemudian akan tertidur pulas. Jangan lupa untuk selalu sounding si Kecil agar terbiasa dengan rutinitas tidurnya yang baru. 
  • Libatkan sang ayah, seperti bergantian membacakan buku cerita, atau si ayah memberikan susu lewat gelas. Karena dukungan sang ayah sangat penting dalam membantu masa penyapihan. 

 

Semoga bermanfaat.

By: Arlina Yunita

Copyright by Babyologsit

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2845 Arlina Yunita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kapan Moms Perlu Mulai Belajar Menyusui?

Mengingat manfaat menyusui yang sangat banyak itulah, penting bagi Moms untuk mempelajari cara menyusui sejak dini. Nah, kapankah kira-kira [...]

Ini 5 Gesture Moms & Dads yang Disukai Si Kecil

Apa saja sih, gesture yang disukai si Kecil?

Ini Tugas PakSu Sebagai Support System Moms yang Baru Lahiran

Setelah melahirkan, tugas Moms justru bertambah. Di sinilah, peran PakSu besar sekali dalam membantu Moms melewati masa-masa krusial mengurus bayi.

Kegiatan Parenting Tunjang Perkembangan Optimal Si Kecil

Program parenting dapat berupa pendidikan parenting yang menambah wawasan dan pengetahuan anak dalam hal pengasuhan sesuai dengan usia, [...]

Mengenal 4 Jenis Parenting Style, Manakah yang Terbaik?

Buat New Moms yang sedang belajar parenting dan ingin memilih gaya mengasuh terbaik, Minbyo kasih informasi lebih lanjut tentang parenting style [...]

Tips Agar Anak Semangat Belajar Setelah Liburan

Biar si Kecil kembali semangat setelah liburan, yuk, praktikkan kiat-kiat berikut!

Tips Mendampingi Anak Digital Native

Sebagian besar orang tua masih perlu edukasi bagaimana cara mendampingi si Kecil yang optimal terutama di era digital. Yuk, cari tahu tipsnya [...]

Tips Ajarkan Empati pada Anak Sejak Dini

Supaya si Kecil memiliki empati dalam hidupnya, orang tua perlu mengajarkan dan mengasah kepekaannya.

4 Tips Melatih Balita Bicara

Gimana caranya supaya si Kecil bisa mahir berbicara dengan cepat?

Helicopter Parenting Itu Apa? Ini Ciri-cirinya!

Rasa cinta dan kasih sayang orang tua ternyata bisa menjadi sesuatu yang tidak menyehatkan. Sebenarnya, kapan sepasang orang tua melanggar [...]

Kapan Waktu yang Tepat Sekolahkan Si Kecil?

Sebagai orang tua, Moms & Dads pun pasti telah berpikir untuk menyekolahkan si Kecil di sekolah yang paling baik dan tepat.

Mendidik Anak dengan Pamali, Perlukah?

Pamali artinya apa sih? Istilah ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang zaman old ketimbang anak-anak Millenial atau Gen Z.

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Ini 10 Tips Ajarkan Si Kecil Terima Kekalahan

Belajar menerima kekalahan sejatinya merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kesehatan anak.

Didik Anak di Era Digital, Bagaimana Caranya?

Moms & Dads mungkin bingung yah bagaimana cara supaya si Kecil screentime-nya tidak berlebihan padahal di sisi lain sudah tidak mungkin [...]

Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? 🤯

Moms sering kewalahan ga sih kalau harus kerja sambil jaga Si Kecil? Yuk Intip tips tetap fit dari

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]