Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengapa si Kecil Perlu Diberi Finger Foods

BABY  |  BRANDS  |  FEEDING  |  TODDLER  |  06 Mar '20


Moms pasti sudah tahu, kan, tentang finger foods? Makanan apa pun yang mudah diambil dan dimakan oleh si Kecil tanpa bantuan orang dewasa diklasifikasikan sebagai finger foods. Aktivitas makan finger foods memang terlihat sepele dan main-main. Padahal, ada banyak sebab mengapa finger foods baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Finger foods merupakan MPASI yang penting untuk menyukseskan program baby-led weaning. Ini adalah program yang menempatkan si Kecil sebagai individu yang memutuskan kapan dia disapih. Ada sejumlah tonggak perkembangan berbeda yang dapat dicapai dengan memasukkan finger foods ke dalam menu si Kecil, termasuk:

Perkembangan kemampuan cengkeraman menjepit (pincer grip)

Saat usia si Kecil 7-9 bulan, dia akan cenderung mencoba menggenggam dengan cara menjepit benda di antara jari telunjuk dan ibu jari. Ini juga merupakan usia ketika si Kecil sering memasukkan sesuatu ke mulut. Finger foods memberikan fasilitas pembelajaran pincer grip termudah.

Perkembangan kemampuan berbicara

Dengan memakan finger foods dari beragam tekstur, si Kecil akan belajar menggigit dan mengunyah dengan lebih optimal. Gerakan-gerakan mulut tersebut membantu otot mulut dan rahang berkembang. Secara tidak langsung, dia mengembangkan otot-otot yang dia perlukan untuk berbicara lebih jelas.

Kepribadian yang tidak rewel soal makanan

Fussy eater adalah individu yang suka memilih-milih makanan. Karena si Kecil telah diperkenalkan dengan beragam rasa dan tekstur melalui finger foods, dia akan belajar menjadi orang yang memiliki jiwa petualangan dan tidak gampang rewel di masa depan. Semakin muda dia mengenal beragam tekstur dan rasa, semakin mudah dia beradaptasi dan menyukai berbagai macam makanan tersebut. Maka, langkah terbaik adalah mengenalkan ragam ini sedini mungkin sekitar usia 6 bulan.

Perkembangan koordinasi tangan-mata

Untuk mengembangkan koordinasi tangan-mata, pertama-tama berikan finger foods dengan ukuran gigitan dan potongan yang mudah diambil. Ketika koordinasi tangan-matanya meningkat, berikan makanan yang sedikit sulit untuk diambil. Makanan bernutrisi yang cukup “menantang’ bagi si Kecil adalah potongan pisang licin.

Perkembangan pemrosesan sensorik

Memang, si Kecil akan makan dengan berantakan pada awal-awal makan finger foods. Ini adalah bagian dari pembelajaran dan pengalaman. Rasa ingin tahu si Kecil yang mencium-cium, mendorong-dorong, memainkan, dan melumatkan makanan ini positif meningkatkan keterampilan inderanya.

Kemandirian saat makan

Bayi yang makan finger foods mengontrol penuh makanannya sehingga dia akan lebih percaya diri daripada bayi yang diberi makan oleh ibu atau pengasuhnya dengan menggunakan sendok. Dampak positifnya, dia menjadi lebih mandiri saat makan.

Macam-macam finger foods

Finger foods tersedia dalam berbagai bentuk, tekstur, warna, dan rasa. Moms akan tahu bahwa si Kecil sudah siap diberi makanan jenis ini ketika dia mengambil paksa makanan dari piring yang Moms pegang atau memainkan sendok garpu saat makan bersama. Solid foods terbaik yang bisa diberikan untuk si Kecil mulai usia 6 bulan ke atas menurut Katherine Martinelli dari The Bump adalah telur orak-arik, puffs dan sereal kering, buah lunak, alpukat, pasta, tahu, sayuran yang dimasak, keju, kacang, muffin buatan sendiri, daging, ikan, dan roti serta biskuit bayi.

Tips memilih biskuit bayi untuk finger foods

Khusus untuk biskuit bayi, Moms dapat membelinya secara mudah di toko-toko. Biskuit bayi memang merupakan finger foods yang paling mudah disajikan kepada si Kecil. Pilihlah biskuit yang dibuat dari bahan-bahan dan formula yang sesuai dengan umur si Kecil.

Biskuit bayi yang baik mengandung nutrisi tinggi, tekstur lembut untuk mencegah bayi tersedak, dan tersedia dalam berbagai varian rasa agar si Kecil kenal dengan beragam jenis rasa. Adapun komposisi penting yang perlu Moms pertimbangkan dalam membeli biskuit bayi terbaik adalah kalsium susu, vitamin C, vitamin D, vitamin E, prebiotic FOS, serta beragam vitamin dan mineral lainnya. Kandungan nutrisi dalam biskuit bayi terbaik dapat membantu perkembangan otak dan retina mata, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, meningkatkan ketahanan tubuh, dan membantu pembentukan  sel darah merah serta mencegah anemia pada si Kecil.

Salah satu bentuk finger food yang ideal untuk si Kecil adalah finger food yang mudah digenggam. Dengan begitu, selain memenuhi nutrisi si Kecil, finger food juga bisa membantu perkembangan motoriknya dengan menggengam.  

So, Moms, ternyata mengenalkan finger foods kepada si Kecil akan memberikan banyak dampak positif terhadap tumbuh kembangnya. Dorong si Kecil agar suka berbagai jenis makanan dengan memperkenalkan finger foods di kesehariannya.

Referensi: BabycenterMother and BabyThe Bump

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5599 Milna Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengapa si Kecil Perlu Diberi Transition Bottle

Memberi si Kecil botol transisi ternyata sangat bermanfaat untuk si Kecil. Yuk, simak alasannya!