Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengapa Pergelangan Tangan Terasa Nyeri Pasca Melahirkan?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  11 Oct '18

Memasuki bulan ke-4 pasca melahirkan, saya mulai merasakan nyeri / sakit di pergelangan tangan, bahkan di kedua tangan saya. Namun tangan kanan lebih sakit daripada tangan kiri. Saat itu saya berpikir mungkin hanya keseleo biasa, namun setelah lewat beberapa minggu, sakit tidak kunjung reda bahkan bertambah parah, hingga menggendong bayi pun rasanya sakit sekali, terutama ketika mengangkat baby dari tempat tidur.  

Saya sempat memanggil tukang urut, namun tidak juga sembuh malah tambah sakit. Kemudian saya bertanya kepada teman kantor saya yang sudah mempunyai anak dan ternyata juga pernah mengalami hal ini dan dianjurkan diperiksakan ke dokter. Akhirnya saya pun periksa ke dokter yang dianjurkan oleh teman saya dan dokter memberitahukan bahwa sakit di pergelangan tangan ini memang umum dialami oleh ibu-ibu pasca melahirkan, disebut dengan TENDINITIS

Apa Itu TENDINITIS?

Tendinitis merupakan peradangan pada tendon, di mana tendon merupakan penghubung otot dengan tulang. Terdapat berbagai macam jenis tendinitis ya Moms, namun yang saya alami adalah Tendinitis de Quervain (peradangan atau pembengkakan pada tendon di sekitar ibu jari). Gangguan ini biasanya terjadi setelah menggunakan pergelangan tangan secara berulang. Lokasi tepatnya adalah di bagian dasar ibu jari yang berada di pergelangan tangan. 



Penyebab Tendinitis

Pasca melahirkan, tentu saja kita mempunyai aktivitas baru dan berulang setiap harinya ya Moms, seperti menggendong, mengangkat baby dari kasur, memandikan, menjemur dan menyusui. Aktivitas tersebut membuat pergelangan tangan kita bekerja lebih banyak dan lebih sering, terutama pada 6 bulan awal pasca melahirkan. Yang menyebabkan sekitar pergelangan tangan dan jari mudah cedera salah satunya adalah Tendonitis De Quervain ini. 

Cara Mengatasi Tendinitis

  • Rendam pergelangan tangan pada air hangat yang ditambah dengan garam laut setiap pagi dan sore disertai dengan gerakan merentangkan dan merapatkan jari-jari tangan berulang-ulang, sentuh dan tekan ujung jempol dan ujung jari lainnya (membentuk huruf O) secara bergantian (jempol - jari telunjuk, jempol - jari tengah, jempol - jari manis, jempol - kelingking), jempol ditekuk di depan telapak, lalu keempat jari "memeluk" jempol, gerakkan ke atas dan ke bawah.

  • Oleskan gel pereda nyeri pada area yang sakit.

  • Mengurangi penggunaan pergelangan tangan, bisa dengan meminta bantuan suami atau keluarga dalam merawat baby terutama saat menggendong, disarankan menggunakan alat menggendong baby seperti hip seat carrier dan sejenisnya.

  • Mengurangi pekerjaan rumah tangga yang banyak menggunakan pergelangan tangan seperti mencuci, untuk sementara waktu dapat menggunakan jasa laundry.

  • Suntik anti nyeri oleh dokter. cara inilah yang saya pilih karena menurut saya ini adalah cara yang paling efektif dan terbukti dalam waktu kurang dari 1 minggu, sakit sudah hilang sama sekali.

  • Menggunakan hand band pada area pergelangan tangan. 

Bisakah Tendonitis De Quervain ini dihindari? Tentu bisa Moms, yaitu dengan cara mengurangi penggunaan pergelangan tangan.

Apabila sakit berlarut-larut, sebaiknya periksakan ke dokter ataupun di rontgen. Karena jika peradangannya serius, mungkin akan dilakukan pembedahan.

Semoga bermanfaat.

By: Laura Mathilda

132 Laura Mathilda Send Message to Writer

Related Stories