Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengapa Pemberian ASIP Menggunakan Dot Tetap Dipilih?

FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  13 Nov '19


Media pemberian ASIP sangat beragam ada dot, pipet, gelas, sendok, dan spuit. Masing-masing ibu punya pilihan dan alasannya sendiri. Pemberian ASIP menggunakan dot memang tidak dianjurkan. Kenapa? Karena dot bisa menurunkan produksi ASI, menyebabkan masalah pada gigi anak, dan akan susah menyapihnya. Tapi kenapa dot masih dipilih, aku sendiri memilih dot sebagai media pemberian ASIP ke anak.

Sejujurnya dilema, mau memberikan media ASIP apa ketika anakku aku tinggal kerja. Selama aku kerja anakku diasuh si mbahnya. Dot, aku anggap praktis dan tidak merepotkan yang ngasuh Azka. Cukup ambil ASIP yang ada di Chiller (kulkas bagian bawah bukan freezer) tentunya yg sudah mencair, tuangkan ke dot, hangatkan dengan suhu 40° saja di pemanas ASIP tunggu minimal 20 menit. Langsung minumkan. Jika sisa bisa langsung di tutup lagi dotnya bisa diminum nanti lagi asal dalam waktu 4 jam di suhu ruang.

Jika ada yang mengatakan menggunakan dot sebagai media minum ASIP dapat menurunkan produksi ASI, memang bisa saja terjadi. Anak yang terbiasa minum dot memiliki risiko bingung puting. Anak yang terbiasa minum dot dapat menurunkan hasil perahan. Walaupun diberi dot, jika bersama anak tetap diminumkan langsung ya Moms. Meminumkan langsung dapat mengembalikan produktivitas ASI. Jika memang produksi ASI kurang ya tingkatkan lagi produksinya dengan cara power pumping atau rajin pumping 2 jam sekali. Ingat Mom, prinsip ASI supply by demand. Dengan begitu ASI akan melimpah kembali walaupun anak minum ASIP pake dot.

Selanjutnya, kalau ada yang bilang nanti menyebabkan masalah pada gigi anak. Pada dasarnya empeng dan dot memang kalo dipake terus menerus akan merubah bentuk rahang ataupun gigi. Jujur ya Moms, dilema banget ini, dokter gigi pun tidak menyarankan pake dot atau empeng. Pada kenyataannya anak-anak yang memakai dot dalam minum ASIP tidak semuanya menimbulkan masalah pada gigi. Besok ketika anak berhenti minum ASI pastikan ngedotnya hanya 2 tahun saja ya, setelah itu langsung konsultasi ke dokter gigi. Kenapa? Sebelum terlambat (walaupun udah salah sih, dilema kan ya) semoga tidak apa2.

Nah, ada yang bilang juga anak yang minum pake dot bakal susah nyapih dotnya. Ini emang PR kuncinya cuma selalu berusaha, sabar, dan ikhtiar moga aja anakku bisa lepas dot nantinya pas umur 2 tahun. Jangan lupa sounding terus Moms ketika anak mulai tidur, berikan kata-kata positif supaya bisa lepas dot. Aku memang belum ngalami nyapih dot. Namun, aku salah satu ibu yang percaya kekuatan sounding ke anak karena terbukti banget Moms.

Selain itu, sangat perlu memilih dot yang tepat. Dot seperti apa sih yang tepat?

1. Cari dot yang meminimalisir bayi bingung puting,
2. Cari dot yang bisa memaksimalkan pertumbuhan gigi dan rahang yang sempurna,
3. Cari dot yang anti kolik,
Banyak kok Moms pilihannya bisa di cari di google atau lihat beberapa reviewnya. Dot yang dipake Azka merk apa besok aku share ya Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

146 Ninditya Ika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Snack MPASI Dadar Gulung Mini Buah Naga Vla Keju Susu (12M+)

Yuk coba resep yang satu ini dari Mom Dinar!

Resep MPASI: Bacem Hati Ayam

Hati ayam cocok untuk dijadikan bahan MPASI karena mengandung berbagai macam manfaat yang diperlukan tubuh seperti vitamin A, B12, C, asam [...]

Resep Kreasi Puding Biskuit Silky Promina ala Mom Nafisah

Simak Mom Nafisah membagikan resep kreasi puding dengan bahan Biskuit Silky Promina berikut ini.

Review : Promina Homemade Salmon Kentang Wortel (8+)

Semenjak Rubi MPASI, saya sering mencoba berbagai merek dan varian MPASI terfortifikasi. Salah satu produk yang saya coba adalah Promina [...]

Review : Bubur Tim Promina Tim Salmon Norwegia (8+)

Satu lagi review tentang MPASI terfortifikasi varian salmon yang dicoba Rubi, nih, Moms. Sebelumnya, Rubi mencoba Promina Homemade. Sekarang, [...]

Review Gerber Puffs Strawberry Apple, Your Little One’s Finger Food

Gerber Puffs Strawberry Apple ini merupakan makanan selingan sereal yang bisa diberikan untuk anak usia 8 bulan ke atas.

Resep MPASI Nasi Goreng Kunyit (12M+)

Resep MPASI Nasi Goreng Kunyit yang dibagikan Mom Dinar berikut cocok untuk balita usia 12 bulan ke atas.

Sup Telur Puyuh Kuah Rempah, Makanan Bergizi untuk si Kecil yang Sedang Flu

Memasuki musim penghujan sering kali membuat orang dewasa terserang Flu. Namun nyatanya flu tidak hanya dapat menyerang orang dewasa saja loh [...]

Snack MPASI Stik Buah Naga Keju (12M+)

Buah naga bisa dibuat berbagai macam makanan salah satunya stik untuk camilan anak loh Moms

Keputusanku Memberikan Sufor di Usia 1,5 Tahun

Karena satu dan lain hal akhirnya aku memutuskan untuk memberikan si Kecil sufor di usia 1,5 tahun

Cemilan Mengenyangkan untuk si Kecil: Ketan Serundeng Homemade

Kali ini saya ingin membuat cemilan yang mengenyangkan perut Zila dan jadilah ketan serundeng

Perjuangan Menyapih si Kecil yang Sudah Berusia 2 Tahun

Apa saja pertimbangan untuk memulai menyapih anak? Yuk simak cerita Mom Ninda saat menyapih

Cerita Tentang Menyapih Mas Athar

Moms sedang ingin menyapih si Kecil? Simak tips berikut ini yuk

Cemilan Toddler: Resep Biji Ketapang

Anak yang berusia toddler pasti sudah mengerti dengan jajan. Daripada jajan yuk bikin cemilan Moms

Berapa Sih Porsi Makan Anak 1 Tahun?

Sebenarnya si Kecil sudah makan cukup, kebanyakan atau malah terlalu sedikit ya?

Belum 2 Tahun Arnold Sudah Kusapih

Proses menyapih tidak semudah yang didengar dari cerita orang lain ya Moms, sangat butuh perjuangan

Biskuit Buah Pir

Yuk, variasikan cemilan si Kecil dengan berbagai bahan yang menyehatkan. Simak resep biskuit buah pir berikut!

Tahapan Dalam Proses Weaning With Love

Bagaimana perjalanan menyapih si Kecil oleh Mom Chriesty? Lalu apa do's and dont's saat menyapih?

Menyapih Dot Tanpa Drama

Apakah sebentar lagi si Kecil akan memasuki umur 2 tahun Moms? Waktunya menyapih! Simak tips menyapih ala mom Risti.

Tips Menyapih ala Mami Nano

Awal menyapih benar-benar penuh drama dan tangisan karena Nano lagi batuk. Yuk, simak tips ala mom Lyssa!