Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengapa Harus Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Si Kecil?

PARENTING  |  26 Feb '20


Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya dapat tumbuh dan berkembang serta mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan adalah salah satu hal penting yang dapat menentukan kehidupan anak di masa depan. 

Hidup di jaman yang serba canggih dengan teknologi yang berkembang pesat menuntut kita untuk "mampu" secara finansial. Tantangan terbesar yang kita hadapi untuk mendapatkan pendidikan terbaik adalah biaya. Mahalnya biaya pendidikan menjadi salah satu faktor penghalang seorang anak mendapatkan pendidikan yang layak. Saat ini pemerintah telah memberikan bantuan untuk meringankan biaya pendidikan melalui BOS (Bantuan Operasional Sekolah) namun masih sangat terbatas.

Tentu saja untuk menyikapi hal tersebut, sebagai orang tua, kita harus menyiapkan dana pendidikan sejak dini mengingat tingginya biaya pendidikan mulai dari masuk Playgroup, TK, SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi. Belum lagi biaya les ini itu yang sangat bermanfaat untuk perkembangan kreatifitas dan fisik anak.

Saat ini, saya dan suami berkomitmen untuk menyiapkan dana pendidikan Rubi yang kami siapkan sejak awal kehamilan. Memang jumlahnya belum seberapa karena kami tidak menentukan besaran per bulannya. Namun, per tahun 2020 ini, kami memulai lagi menabung dengan nominal tertentu per bulan supaya target kami tercapai.

Lalu, apa manfaat yang didapatkan jika menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini?

1. Memenuhi hak anak yaitu memperoleh pendidikan yang layak. Dengan menyiapkan dana pendidikan sejak dini, orang tua tidak terlalu keberatan dan kerepotan saat menentukan sekolah anak. Jika memang anak sudah bisa memilih dan menginginkan sekolah favorit, tentu sebagai orang tua kita akan mendukung, apalagi dana sudah tersedia. Dengan anak memperoleh pendidikan yang layak merupakan bentuk ikhtiar serta tanggungjawab orang tua demi masa depan anak.

2. Membantu mewujudkan cita-cita anak. Apa yang kita lakukan saat anak ingin menjadi dokter atau pilot yang memerlukan biaya tidak sedikit? Cita-cita anak tersebut sulit terwujud apabila orang tua tidak memiliki kecukupan dan kestabilan finansial. Menyiapkan dana pendidikan sejak dini akan membantu meringankan beban orang tua sekaligus mewujudkan cita-cita anak.

3. Menghindari hutang. Banyak kasus yang saya temui dan ini terjadi disekitar saya bahwa orang tua berhutang untuk membayar biaya pendidikan anak. Salah satu cara untuk menghindari berhutang adalah menyiapkan dana pendidikan sejak dini. Tentu saja kita harus membuat target baik jangka pendek, menengah, maupun panjang karena besaran nilai investasi dana pendidikan akan tergantung pada target kita.

4. Orang tua akan lebih fokus dalam merawat dan mengasuh anak karena tidak terlalu memikirkan biaya pendidikan. Karena dana pendidikan sudah siap, orang tua bisa fokus pada perkembangan anak.

5. Orang tua tidak akan kaget dengan besarnya pengeluaran. Akan berbeda sekali antara orang tua yang menabung 1 atau 2 tahun sebelum anak masuk sekolah dengan orang tua yang menabung 4 atau 5 tahun sebelumnya. Besaran pengeluaran untuk tabungan akan menjadi beban berat yang wajib dikeluarkan tiap bulannya.

6. Memberikan ketenangan. Baik anak maupun orang tua akan merasa lebih tenang dalam menjalani kehidupan jika dana pendidikan sudah ada dan cukup.

7. Membantu mengatur keuangan keluarga. Dana pendidikan adalah salah satu pengeluaran wajib, keuangan keluarga akan lebih tertata dan terencana karena kita mau tidak mau harus menyisihkan untuk dana pendidikan, sehingga akan meminimalisir kemungkinan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting.

Moms, sudahkah menyiapkan dana pendidikan Si Kecil? 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

312 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Rumah Tangga Harmonis di Tengah Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips agar rumah tangga tetap harmonis di masa pandemi covid-19 berikut ini.

Pentingnya Orang Tua Tidak Gengsi Minta Maaf ke Anak

Terkadang kita lupa dan merasa benar akan tindakan yang kita lakukan. Padahal, meminta maaf ke anak itu sangatlah baik untuk memperbaiki emosi [...]

Ide Bermain Anak - Paint Palette Color Match

Moms sedang mencari ide permainan untuk anak selagi #dirumahaja? Bisa coba Paint Palette Color Match berikut ini ya.

Manfaat Berenang untuk Si Kecil

Apa saja manfaat yang didapatkan si Kecil dari berenang? Yuk simak bersama berikut ini.

Hati-hati, Moms. Bercandaan Ini Dapat Merusak Mental Si Kecil

Sebagai orang tua, adalah tugas kita untuk menanamkan hal yang baik pada si Kecil. Oleh karena itu, hal-hal berikut ini patut dihindari.

Solusi Anak Tidak Bergantung Pada Babysitter

Tugas babysitter memang untuk memudahkan Moms dalam merawat si Kecil. Tapi bukan berarti Moms tidak terlibat yah.

Kebaikan di Saat Di Rumah Aja

Ternyata masa-masa #dirumahaja bisa mendatangkan banyak kebaikan loh Moms. Yuk, simak cerita Mom Pocut berikut ini.

Ketika Nenek Yang Mengasuh Anak

Mama bilang "no", Nenek bilang "yes", pernah mengalami hal ini? Simak tips berikut ini yuk!

Tips Mempersiapkan Anak Menjadi Seorang Kakak

Moms and Dads, yuk simak tips berikut untuk mempersiapkan sang Kakak menyambut kelahiran adiknya.

Penerapan Parent Led Schedule untuk Si Kecil

Apa itu parent led schedule? Apa manfaatnya bagi kita dan juga si Kecil? Yuk simak bersama berikut ini.

Tips Menjalani LDM Bahagia

Apakah Moms and Dads yang menjalani LDM sering merasa kesulitan? Yuk, simak tips bahagia di kala LDM berikut ini.

Pengalaman dan Tips Membangun Bonding Ayah dan Anak ketika LDM

LDM bukanlah hal yang mudah dijalankan. Apa tipsnya agar anak tetap merasa dekat dengan figur orang tua yang jauh? Yuk simak berikut ini.

Jadilah Teladan yang Baik Bagi Anak-anak

Hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari dalam mendidik anak? Yuk simak bersama berikut ini.

Tips Memilih Sekolah

Moms sedang dalam masa bingung memilih sekolah untuk si Kecil? Yuk simak tips berikut ini!

Kapan Sebaiknya Memindahkan Bayi ke Kamarnya Sendiri?

Kapan sebaiknya memindahkan si Kecil untuk tidur di kammarna sendiri? Yuk simak tips berikut ini.

Tips Membangun Rasa Percaya Diri Si Kecil

Sebagai orang tua, kita tentu menginginkan si Kecil untuk tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang percaya diri. Simak tips berikut ini yuk Moms [...]

Manfaat Bermain Playground Untuk Anak

Perlu ga sih ajak anak main di playground? Yuk, simak yang satu ini!

Biasakan Anak Disiplin Sedari Dini Itu Penting

Mendisiplinkan anak sejak dini itu penting ya Moms and Dads. Gimana cara memulainya? Yuk simak berikut ini.

Jadikan Anak dan Suami sebagai Support System di Rumah

Menjadi seorang ibu bukan berarti kita harus menanggung beban yang berat sendirian. Suami dan anak juga bisa membantu loh.

Say NO! To Moms Shaming

Sudah selayaknya sesama orang tua mendukung satu dengan yang lain, bukan malah menjatuhkan. Yuk simak yang satu ini!