Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengapa Bayiku Mogok Minum ASI?

BABY  |  FEEDING  |  14 Jun '19


Beberapa bayi pernah atau sedang mengalami hal ini, hal yang sama yang pernah aku rasakan, tiba-tiba baby Ei minum ASI sedikit sekali. Sebagai Ibu baru tentu saja aku dilanda kepanikan luar biasa, apalagi hal ini membuat berat badannya hanya bertambah 300gram dalam sebulan. Tentu saja aku sedih dan bingung, apa penyebabnya? Mengapa bayiku sedikit sekali minum ASI? Apakah ASIku sudah tidak cocok lagi di lidahnya?

Setelah mencari tahu apa yang terjadi pada baby Ei, ternyata inilah beberapa penyebab berkurangnya minum ASI pada bayi:

1. Anak demam, setelah vaksin biasanya beberapa anak mengalami demam, nah ini bisa mengurangi selera minum bayi. Kebetulan baby Ei selalu demam setelah vaksin suntik. Coba pahami karakter baby Anda, apakah mereka demam? Jika iya, jangan panik, mogok ASI nya tidak akan bertahan lama, beberapa saat setelah demamnya menghilang dia akan kembali minum ASI sebanyak biasanya.

2. Rasa ASI nya berubah. Rasa ASI juga bisa berubah, setelah diperhatikan, ternyata baby Ei tidak suka ASIku setelah aku makan telur berlebihan. Nah, ayo ingat-ingat lagi apakah ada makanan yang bisa mengubah rasa ASI Anda? Bisa saja makanan yang pedas, asam atau yang mengandung gas.

3. Anda menggunakan botol? Kalau aku pengguna botol meskipun isinya ASI, karena aku adalah Ibu EPING (exclusive pumping). Perhatikan kebersihan botol atau alat pumping, bisa saja bayi menolak ASI karena ASInya mudah basi karena botol atau alat pumpingnya kurang bersih.

4. Aroma berbeda dari Anda. Jadi nih ternyata bayi hafal dan paham betul dengan wangi orangtuanya terutama Ibunya. Jika Anda menggunakan parfum atau wewangian yang berbeda sampai mengubah wangi khas pada diri Anda, bayi akan menangkap sinyal bahwa itu bukan Ibunya, atau mungkin bayi tidak nyaman dengan perubahan aroma Anda, sehingga membuatnya tidak berselera untuk minum ASI. Biasanya ini terjadi pada Ibu yang DBF (direct breastfeeding).

5. Sedang pilek atau batuk. Jika bayi Anda sedang pilek dan batuk, bisa jadi ini penyebab dia mogok minum ASI, karena ketika minum ASI, hidungnya tersumbat dan dia merasa tidak nyaman. Sehingga, dia merasa malas untuk minum ASI.

6. Memberikan pacifier terlalu sering dan lama. Jujur, saya adalah Ibu yang pro dengan empeng, karena saya mengurusi bayi sendirian, benar-benar sendirian bahkan suamipun tidak menemani menjaga bayi, karena harus bekerja di luar kota. Dan empeng benar-benar mengerti perasaan Ibu seperti saya, empeng sangat membantu saya menenangkan bayi saat saya harus pumping, beribadah atau bahkan sekadar ke toilet. Tapi ternyata efek sampingnya dapat membuat bayi terlalu nyaman dengan empengnya sehingga malas minum ASI.

7. Yang terakhir, coba di cek mulut bayi Anda, bisa jadi gusinya bengkak karena akan tumbuh gigi. Biasanya masalah ini yang sering muncul di dunia per-bayi-an yang menjadi penyebab bayi menolak ASI.

Bagaimana cara mengatasinya?

Yang saya lakukan untuk menyelesaikan masalah GTA (Gerakan Tolak ASI, hehe..) anak saya adalah:

1. Memastikan di dalam mulutnya tidak ada sariawan atau gusi bengkak pertanda tumbuh gigi.

2. Setelah dipastikan tidak ada gusi bengkak atau sariawan dan kondisinya tidak sedang demam, dan juga tidak sedang batuk atau pilek, maka selanjutnya Anda dapat mengingat kembali, apakah sudah memakan makanan yang tidak biasa kita makan atau kita makan secara berlebihan. Kemudian, cobalah puasa makan makanan tersebut.

3. Bersihkan lagi dan pastikan botol dan alat pumping benar-benar bersih.

4. Jangan mengubah parfum Anda dan jangan menggunakannya secara berlebihan selama masa menyusui.

5. Secara perlahan mengurangi intensitas penggunaan empeng dan menggantinya dengan botol susu. Dan berikan saat bayi sedang setengah tertidur, maka minumnya akan kembali banyak.

Demikian alasan mengapa bayi mogok ASI berdasarkan hasil pencaritahuanku.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

394 Yeptadian Syari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Lancar Menyusui di Saat Puasa

Moms yang sedang menyusui dan juga menjalankan ibadah puasa, simak tips berikut ini yuk.

Si Mungil Telur Puyuh Penuh Nutrisi

Moms, pelajari manfaat telur puyuh berikut ini yuk!

Tekstur, Jumlah, dan Frekuensi MPASI Sesuai dengan Usia Si Kecil

Apakah si Kecil sudah memasuki MPASI? Yuk simak bagaimana tekstur, jumlah, dan frekuensi MPASI yang tepat!

Review Produk: Cocolatte Baby Chair

Kenyamanan saat makan menurut saya menjadi salah satu poin penting dalam fase MPASI.

Lebih Bagus Mana, MPASI Homemade atau Instan?

Dalam mencukupi kebutuhan nutrisi untuk si Kecil, tentunya kita menginginkan yang terbaik. Mana yang lebih baik MPASI homemade atau instan?

Feeding Issue: Masuk Angin

Alasan si Kecil seringkali menangis dapat disebabkan oleh rasa tidak nyaman karena ada udara di dalam perut.

Kenapa Bayi Saya Menangis Terus?

Hal yang harus diwaspadai oleh orang tua jika bayinya mengalami kolik adalah mengecek kondisi fisik bayi.

Keasikan Bermain Anak Sampai Lupa Makan

Apakah si Kecil sering keasikan bermain sampai lupa atau tidak mau makan Moms? Bagaimana mengatasinya?