Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengapa Bayi Perlu Menggunakan Body Lotion?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  27 Sep '18

Body lotion merupakan produk perawatan kulit yang digunakan oleh banyak orang, salah satu alasannya adalah penggunaannya yang praktis. Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya terdapat 75 persen manusia di dunia yang menggunakan produk pelembap kulit secara rutin. Masing-masing juga memiliki preferensi penggunaan body lotion dengan caranya masing-masing, ada yang menggunakannya setelah mandi ada juga yang mengaplikasikan lotion sebelum tidur. Tak hanya orang dewasa, ternyata bayi juga dapat menggunakan body lotion. Apakah Mom tahu bahwa body lotion ternyata baik untuk kulit bayi? Berikut alasannya:

Mengapa Bayi Perlu Menggunakan Lotion?

Sejak lahir, Si Kecil membutuhkan perhatian khusus karena kulitnya rentan iritasi dan kering. Hal ini disebabkan lapisan pelindung alami, yaitu Vernix yang berfungsi melembapkan kulit bayi selama di dalam kandungan, akan hilang dengan sendirinya pada saat bayi sudah dilahirkan. Oleh sebab itu, penggunaan produk khusus untuk merawat kulit bayi sangatlah diperlukan. 

Salah satu produk perawatan kulit bayi yang penting dimiliki oleh setiap Moms adalah lotion atau pelembap khusus bayi. Lotion diperlukan untuk menggantikan tugas Vernix dalam melembapan kulit bayi agar tidak kering dan juga terhindar iritasi.

Saat ini sudah banyak tersedia lotion khusus bayi yang dapat membantu Moms dalam memastikan kulit Si Kecil terawat kelembapannya. Tak jarang, banyak Moms menjadi bingung dalam menentukan pilihan yang tepat bagi kebutuhan bayinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat menjadi panduan Moms dalam memilih lotion yang sesuai untuk Si Kecil:

  • Carilah lotion yang dapat menutrisi kulit dan memberikan perlindungan seperti fungsi Vernix dan Ceramide (Ceramide berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit).
  • Mudah diserap sehingga dapat memberikan kelembapan secara instan pada kulit bayi.
  • Hindari produk dengan kandungan bahan kimia yang tidak sesuai bagi kulit bayi (seperti phthalate, paraben, formaldehyde, dan oxybenzone), karena dapat memicu alergi kulit.
  • Memiliki kadar pH yang sesuai dengan kadar pH kulit bayi, yaitu sekitar 5,5.
  • Telah lulus uji dermatologi.

Selain memilih produk yang sesuai, pastikan juga Moms rutin mengaplikasikan pelembap pada Si Kecil. Waktu terbaik untuk menggunakan pelembap pada bayi adalah setelah ia mandi. Ketika mandi, air akan mengikis pelindung kulit sehingga tidak jarang kulit terasa kering setelahnya. Selain itu, setelah mandi pori-pori di kulit cenderung terbuka, sehingga memudahkan proses penyerapan pelembap. Pengaplikasian lotion sebaiknya dilakukan secara merata di seluruh tubuh bayi. Namun hal yang penting untuk Moms ketahui, terlalu banyak menggunakan lotion ternyata dapat menyebabkan biang keringat. Hal ini disebabkan karena cairan lotion dapat menyumbat kelenjar atau saluran keringat. Oleh karena itu, meskipun lotion sebaiknya rutin diberikan, penggunaannya tetap harus dalam jumlah wajar. 

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

Reference 1 Reference 2

3439 Pigeon Indonesia

Comments

Related Stories