Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengapa Anak Tidak Boleh kenyang Hanya dengan Minum Susu?

FEEDING  |  06 Dec '18

Anak tidak mau atau susah makan tentu saja menjadi ketakutan tersendiri khususnya bagi kaum ibu. Segala macam cara dicoba namun tak kunjung membuahkan hasil, maka cara tercepat dan singkat adalah memberi susu pada anak-anak dengan harapan dan anggapan tidak apa-apa daripada tidak  masuk makanan sama sekali.

Jika membuat anak kenyang dengan susu hanya sesekali dilakukan itu tidak masalah, namun jika terus menerus dilakukan tentu saja tidak baik akibatnya. Anak akan semakin malas makan karena sudah kenyang susu dan bisa jadi anak kekurangan nutrisi penting lain yang didapatkan dari makanan.

Pada anak usia 1 tahun ke atas kebutuhan ASI adalah 30% dari total kalori yang dibutuhkan sedangkan 70% nya adalah dari makanan padat. Sesudah disapih, anak sebetulnya tidak membutuhkan susu tambahan namun jika mau dikonsumsi sebagai minuman rekreasional boleh boleh saja dengan batasan maksimal konsumsi susu adalah 500ml per hari.

Tuhan menciptakan manusia dengan sangat spesifik termasuk sistem pencernaan yang didesain sedemikian rupa sehingga makanan yang masuk bisa diolah menjadi energi.

Sistem pencernaan terdiri dari saluran pencernaan dan enzim-enzim yang berperan di dalamnya. Dan Tuhan menciptakan semua itu bukan sebagai hiasan semata. Mulai dari mulut ada lidah, gigi, ludah, dan enzim amilase. Di mulut makanan dipotong-potong menjadi bagian kecil dan dikunyah sehingga menjadi lebih halus.

Lalu makanan turun ke kerongkongan melewati gerakan peristaltik sehingga makanan bisa masuk ke lambung. Di lambung siap-siap berbagai enzim bertemu untuk menghancurkan makanan menjadi saripati makanan dan ampas. Saripati makanan masuk ke usus halus dan ampas masuk ke usus besar untuk kemudian dikeluarkan menjadi kotoran.

Nah bayangkan apa yang terjadi dengan sistem pencernaan di atas jika yang masuk hanya cairan yaitu susu? Maka sistem pencernaan yang seharusnya bekerja menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Kebutuhan nutrisi anak-anak pun tidak cukup hanya dari minum susu. Jika dilihat dari tabel AKG atau Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi bangsa Indonesia bahwa total kalori yang dibutuhkan bersumber dari protein, karbohidrat, lemak, serat dan air disamping mikronutrien lain yang terdapat pada variasi makanan harian pada anak.

Jadi cukupilah nutrisi mereka dengan variasi makanan yang bergizi dan berimbang mulai dari karbohidrat sebagai makanan pokok, protein hewani, protein nabati, sayur dan buah.

Semoga bermanfaat.

By: Wahyu Prasetiawati

Copyright by Babyologist

79 Wahyu Prasetiawati Send Message to Writer

Related Stories