Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengajarkan Anak Usia 13 Bulan Berjalan - Stimulasi Jalan

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  TODDLER  |  26 Oct '19


Saat usia 13 bulan, anakku Alton sama sekali belum tertarik untuk jalan, jadi dititah aja sama sekali ga mau, selalu lemesin badannya dan minta merangkak. Nah di situ aku mulai worry, takut telat jalan, dll.

Alton itu mulai merangkak di usia 6 bulan, dan bisa berdiri dengan pegangan di usia 7 bulanan. Sebenarnya saat itu Alton sudah mulai merambat, tapi karena aku jaga sendiri, aku terlalu khawatir kalo dia akan jatuh, kejedot dan lain2, makanya setiap dia mulai merambat, aku larang.

Nah inilah yang menyebabkan otot2 kakinya ga terlatih (belum kuat) – dan apa yang aku lakukan ini salah ya Moms, karena anak mempunyai waktunya sendiri, kita ga boleh melarang / menghambatnya.

Aku mulai kasih Alton bebas merambat itu usia 11 bulan, itu juga karena aku liat anak seumurannya udah pada bisa jalan, baru aku sadar kalau aku kelamaan larang dia merambat. Aku mulai pasang fence, dan kasur yang tadinya aku lepas dipannya, aku pasang lagi, yang biasanya aku larang dia dekatin meja kursi, sekarang aku bebasin.

Sampai usia 12 bulan, Alton masih belum mau dititah, bisa dibilang belum ada keinginan untuk berjalan. Nah masuk usia 13 bulan, di sinilah aku mulai bener2 stimulasi dia, karena aku ga mau dia telat jalan.

Jadi di usia 13 bulan ini, aku mulai rutin pijit kakinya tiap malam dengan cara berikut:
👣 tekan2 pangkal paha menggunakan ibu jari, lanjut sampai lutut
👣 tepuk2 sepanjang kaki, mulai sari paha, lutut, betis, betis, dan punggung kaki
👣 lakukan gerakan meremas mulai dari paha hingga betis
👣 pijit kedua telapak kaki
👣 lakukan gerakan goes sepeda

Semua gerakan pijit di atas fungsinya untuk menguatkan otot2 kakinya, boleh pake minyak telon/minyak kutus2.

Harusnya ini dipijit tiap malam ya, tapi Alton itu anaknya ga bisa diem, jadi aku cuma pijit kalau moodnya lagi bagus aja 🤣

💜 Setelah 2 mingguan udah kelihatan hasilnya, dia sudah mulai mau dititah (dengan 2 tangan), usia 13 bulan 2 minggu aku mulai sering suruh dia pake push walker, dan mulai lancar melangkahnya, tapi maju doang 🤣🤣, kalo mentok dia ga bisa muter, wkwk

💜 Selama 2 minggu masih lanjut mijit dan tiap hari latih pake push walker / galon / kursi abang bakso yang bisa didorong2 untuk memantapkan langkah dan tapakan kakinya 😇😇

💜 Masuk 14 bulan, aku mulai coba ajak dia jalan dengan gandeng 1 tangan, ga nyangka ternyata dia bisa. Pertama cuma ke depan pos satpam, jarak ±50-70 m selama 3 hari pertama, dan hari ke-4 ajak dia ke Indomaret, jarak 150 m digandeng, rutin selama 2 minggu aku gandeng dia jalan setiap sore. Pasti malemnya minta tidur awal karena capek 🤣

Dan tiba2 suatu hari pas lagi main sama aku, tiba2 dia bisa berdiri sendiri dan jalan beberapa langkah, itu aku seneng banget luar biasa 😍😍

💜 Tepat 14 bulan 2 minggu, Alton udah lancar berdiri sendiri dan jalan sendiri agak jauh. Tapi kadang masih suka merangkak. Ini masih aku lancarin dengan push walker, kadang pake galon juga, bedanya sekarang kalo mentok udah bisa muter dan lebih luwes gerakannya.

14 bulan 2 minggu - sudah lancar berdiri sendiri, dan jalan cukup jauh tapi masih lebih sering merangkak. Di sini PR-nya adalah menanamkan rasa percaya diri, dan kesadaran kalau segala aktivitas itu dilakukan dengan berjalan, bukan merangkak.

💜 aku mulai main jaga2an gitu setiap malam. Jadi aku duduk di lantai dan papanya duduk di depan aku dengan jarak 3 meter, jadi Alton jalan bolak balik gitu. Pas udah sampai di aku, aku peluk dan bilang dia hebat, dia muter jalan lagi ke arah papanya, pas sampe di sana dipeluk papanya, dan aku tepuk tangan. Bisa bolak balik sampai 20x tiap malam sebelum tidur, dan dia super happy.

💜 Terus tiap pagi dan sore main sama anak2 komplek sini, apalagi kalo pada main kejar2an Alton pasti seneng banget dan mau ikut lari.

Selain itu dia juga senang kejar kucing, nah rasa ga PD-nya itu kalah sama keinginan dia ngejar kucing 🤣🤣, jadi kalo lagi jalan ngejar kucing dia bisa jalan sampe jauh banget.

💜 Harus pakai sendal yang nyaman, jangan kebesaran, jangan kekecilan, jangan yang terlalu berat, jangan yang bisa lepas2. Untuk anak yang baru mulai belajar jalan, sendal yang nyaman itu penting banget 👌

💜 Di dalam rumah juga dipancing jalan terus, dengan bawa mainan / sesuatu yang dia suka sambil jalan mundur, terus dianya ngejar.

💜 Satu lagi, kalau jatuh jangan dibantu bangunnya, biarin dia berdiri sendiri. Mbak aku di rumah juga aku bilangin gitu, kalau Alton jatuh biarin berdiri sendiri, jangan heboh, jangan dibantu. Harus tega ya Moms, supaya anak bisa belajar sebab akibat. Jadi nantinya bisa lebih hati2 jalannya.

Sampai sekarang usia 15 bulan, jalannya udah termasuk lancar, kalo di rumah juga keliling mulu kayak gasing, kalo jalan di komplek / di mall juga udah ga mau digandeng lagi.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

138 Mery Novira

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak di Masa Pandemi : Food or Drink?

Moms, yuk coba ide bermain dengan si Kecil berikut ini.

Bermain Buah Potong Dapat Melatih Motorik Halus Anak

Aktivitas yang satu ini bisa dicoba untuk melatih kemampuan motorik si Kecil loh Moms!

Ide Bermain Anak - Alphabet Sorting Game

Yuk Moms kita coba permainan untuk si Kecil yang satu ini!

Metode Belajar Anak Dengan Menggunakan Flash Card

Bagaimanakah media belajar dengan menggunakan flash card, dari usia berapakah anak diperkenalkan dengan metode flash card? Flash card adalah [...]

Ide Bermain untuk si Kecil: Doughnut Ring Toss

Masih setia dengan permainan yang terbuat dari kardus, kali ini saya membuat permainan ring toss.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan ketika si Kecil Belajar Merangkak

Merangkak merupakan salah satu fase perkembangan yang dilalui oleh si Kecil.

Manfaat Membacakan Buku pada Anak

Dari dulu saya suka membaca dan saya ingin menularkan kecintaan saya pada buku pada Ai

Ide Bermain untuk si Kecil: Clip More Hair

Yuk manfaat roll tisu bekas Moms untuk mainan si Kecil

Manfaat Bermain Pasir Kinetic Bersama si Kecil

Ternyata bermain pasir kinetic itu banyak manfaatnya loh Moms

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengajak Anak Berenang

Renang merupakan aktivitas olahraga yang sarat akan manfaat.

Review Trump Card Kodomo Challenge dari Shimajiro Club

Zaman sekarang memang smartphone menjadi hal yang tak terpisahkan dari aktivitas manusia ya Moms.

Ide Bermain: Meraih Bola

Moms, apakah anak Moms sedang senang dan aktif bergerak mengeksplor lingkungannya?

Ini Dia Manfaat Rutin Memeluk si Kecil yang Wajib Diketahui

Kadang di tengah hiruk pikuk kesibukan dan aktivitas setiap hari, Moms mungkin lupa untuk mendekap dan memeluk si Kecil.

Refreshing Plus Belajar dengan Anak di Pantai

Sebenarnya saya orangnya agak parnoan kalau harus ke daerah pantai apalagi jika harus membawa anak-anak.

Ide Bermain Anak - Human Body Puzzle

Salah satu cara mengenalkan anggota tubuh pada anak adalah dengan membuatkan mainan edukatif

Ide Bermain untuk si Kecil: Tie Dye Art

Pernah melihat baju-baju dengan motif warna-warni tak beraturan tapi sangat indah terlihat?

Manfaat Bermain di Playground untuk si Kecil

Bermain di playground pasti menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil ya moms.

Jaga Anak Kita dari Kecanduan Gadget

Sekarang ini zaman semakin berkembang membuat anak juga semakin kreatif dan inovatif.

Ide Bermain Anak - Laundry Time

Pernah gak moms si kecil ikut membantu waktu kita menjemur pakaian? Permainan ini boleh dicoba nih Moms!

DIY Playdough untuk Main si Kecil

Ingin menghemat budget mainan si Kecil? Yuk buatkan playdough di rumah Moms