Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengajari si Kecil Waktu Tidur ala Mom Elisa

GROWTH & DEVELOPMENT  |  09 Mar '19

Seringkali bayi memiliki pola tidur yang terbalik dengan orang dewasa. Mereka tidur di pagi hari dan terjaga di malam hari. Padahal seharusnya pada malam hari mereka harus istirahat. Hal tersebut tentu saja agak merepotkan ya Moms. Aku sendiri juga pernah mengalami hal tersebut. Apalagi aku seorang working mom yang juga butuh istirahat cukup agar bisa bekerja secara maksimal keesokan harinya. Tapi kenyataannya tiap malam, Malik selalu ngajak aku begadang. Akhirnya kalau berangkat kerja, mata terasa berat banget. Jadi, karena cukup lelah dengan keadaan tersebut aku mulai mengajarkan konsep siang dan malam pada Malik. Caranya adalah:

1. Sounding

Selalu bicara dengan si Kecil, meskipun dia belum mengerti. Katakan padanya bahwa kalau malam waktunya tidur, kalau pagi waktunya main-main sama mama. Berikan dia afirmasi positif dan lakukan berulang-ulang setiap harinya.

2. Matikan lampu kamar ketika mau tidur

Moms juga bisa menggunakan lampu tidur. Intinya ciptakan suasana seakan-akan mau tidur, di mana suasana kamar harus sedikit gelap. Hal tersebut bisa mengajarkan si Kecil bahwa kalau gelap sudah waktunya tidur.

3. Buka jendela ketika pagi

Kebalikan dari poin sebelumnya, jika pagi buka jendela kamar agar sinar matahari pagi masuk. Hal ini juga mengajarkan si Kecil bahwa kalau terang waktunya bangun dan bermain.

4. Menyusui dengan posisi berbaring

Biasanya kalau pagi Moms menyusui si Kecil dengan dipangku. Nah, Moms juga bisa mencoba untuk belajar menyusui dengan berbaring saat akan menidurkannya. Agar dia mengerti kalau hendak memasuki waktu tidur.

Semoga bermanfaat.

By: Elisa Februanti

Copyright by Babyologist

139 Elisa Februanti

Comments

Related Stories