Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mendidik Anak dengan Pamali, Perlukah?

MY STORY  |  PARENTING  |  07 Oct '22


Pamali artinya apa sih? Istilah ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang zaman old ketimbang anak-anak Millenial atau Gen Z. Arti pamali sebetulnya adalah pantangan-pantangan yang diajarkan turun-temurun oleh orang tua dari zaman dahulu kepada anak-anaknya. Pamali termasuk salah satu kearifan lokal yang dijadikan cara mendidik anak-anak supaya perilaku mereka sesuai dengan kode etik masyarakat yang berlaku di zaman tersebut.

Pamali sebagai salah satu kearifan lokal penuh nilai budaya

Pamali adalah salah satu contoh penyampaian nilai-nilai budaya terutama norma kesopanan yang kerap kali disampaikan dalam bentuk metafora. Nah, karena disampaikan dalam bentuk metafora ini, terkadang ujarannya tidak memiliki sebab-akibat secara logika. Pantangan dan larangan tersebut jika sengaja atau tidak sengaja dilanggar bisa mendatangkan hal-hal yang tidak diinginkan hingga malapetaka.

Contoh pamali yang menggunakan majas metafora adalah pantangan duduk di depan pintu kepada anak-anak gadis seraya menakut-nakuti “nanti jodohnya balik lagi”. Jika dilihat dari ujarannya saja, memang tampaknya tidak ada hubungan antara anak gadis yang duduk di ambang pintu dengan susah tidaknya dia mendapatkan jodoh.

Baca Juga: Ketahuilah 100 Pantangan Ibu Hamil

Akan tetapi, jika ujaran ini direnungi, pamali ini sebenarnya berkaitan erat dengan etika. Tidak sopan jika ada orang duduk di ambang pintu, siapa pun itu mau anak perempuan atau orang tua lelaki sekali pun, karena bisa menghalangi orang yang lewat. Tentang mengapa ujaran tersebut dikaitkan dengan anak perempuan kemungkinan besar karena anak perempuan yang tidak sopan ditakutkan tidak mendapatkan jodoh. Kita perlu melihat tradisi masa lalu yang masih memandang rendah atau remeh perawan tua.

Contoh lainnya misalnya apa saja pamali bagi ibu hamil ada banyak sekali. Bahkan, banyak dari pamali ini yang tidak punya bukti medis sehingga malah salah kaprah atau sebaiknya jangan dipercaya.

Misalnya, Pamali beli perlengkapan bayi karena ditakutkan bayi meninggal tidak ada hubungannya. Akan tetapi jika ditelusuri, mungkin orang tua zaman dulu mengingatkan bahwa seorang ibu hamil jangan terlalu banyak aktivitas karena bisa membuat badan lelah dan membahayakan janin.

Beberapa contoh lain:

·         Ibu hamil harus memakai peniti agar tidak diganggu makhluk halus

·         Mengonsumsi kacang hijau agar rambut bayi yang lahir lebat

·         Jangan memakan nanas dan nangka karena bisa menyebabkan keguguran

·         Memotong rambut saat hamil membuat bayi lahir cacat

·         Meminum air kelapa muda bisa membuat bayi lahir dengan kulit putih mulus

·         Sama sekali tidak boleh berhubungan intim saat hamil

·         Tidak boleh melilitkan handuk di leher supaya bayi tidak terlilit tali pusar

·         Meletakkan peniti atau bawang putih di tempat tidur untuk mengusir setan

Dampak mengajarkan pamali pada anak

Anak-anak yang mendengarkan pamali dari orang tuanya akan merasa takut akan malapetaka yang hadir karena melanggar larangan tersebut. Tanpa disadari, mereka akan patuh pada perkataan orang tuanya. Sehingga, perilakunya pun terbentuk sesuai dengan norma-norma yang berlaku di lingkungan tersebut.

Baca Juga: Lagi Hamil, Tidak Boleh Pindah Rumah!

Di sisi lain, ketakutan yang dirasakan anak-anak ini bisa tidak berdasar dan malah membuatnya trauma atau takut berpikir kritis. Padahal, berpikir kritis sangatlah penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Anak-anak juga belum paham betul apa itu metafora maupun makna konotasi. Si Kecil harus diajari dampak dan konsekuensi dari perilakunya alih-alih menakutinya dengan pamali. Karena itulah, sebaiknya Moms & Dads memberikan penjelasan dengan kata-kata yang mudah dipahami si Kecil dan tidak membuat dia harus menaati perkataan orang tua secara terpaksa.

Kesimpulannya, mengajarkan pamali kepada si Kecil boleh-boleh saja sebagai satu bentuk bagian dari melestarikan budaya. Namun, alangkah baiknya dalam memberitahukan tentang pamali dibarengi juga dengan penjelasan yang logis dan tidak menakut-nakuti si Kecil.

Referensi: ABS Bandung, Banten News, Cermati

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1209 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tips Parenting Santai Anak Usia Remaja

Gimana, sih, caranya biar si Kecil melewati fase remaja dengan mudah dan santai? Ini dia tipsnya!

Kapan Moms Perlu Mulai Belajar Menyusui?

Mengingat manfaat menyusui yang sangat banyak itulah, penting bagi Moms untuk mempelajari cara menyusui sejak dini. Nah, kapankah kira-kira [...]

Ini 5 Gesture Moms & Dads yang Disukai Si Kecil

Apa saja sih, gesture yang disukai si Kecil?

Ini Tugas PakSu Sebagai Support System Moms yang Baru Lahiran

Setelah melahirkan, tugas Moms justru bertambah. Di sinilah, peran PakSu besar sekali dalam membantu Moms melewati masa-masa krusial mengurus bayi.

Kegiatan Parenting Tunjang Perkembangan Optimal Si Kecil

Program parenting dapat berupa pendidikan parenting yang menambah wawasan dan pengetahuan anak dalam hal pengasuhan sesuai dengan usia, [...]

Mengenal 4 Jenis Parenting Style, Manakah yang Terbaik?

Buat New Moms yang sedang belajar parenting dan ingin memilih gaya mengasuh terbaik, Minbyo kasih informasi lebih lanjut tentang parenting style [...]

Tips Agar Anak Semangat Belajar Setelah Liburan

Biar si Kecil kembali semangat setelah liburan, yuk, praktikkan kiat-kiat berikut!

Tips Mendampingi Anak Digital Native

Sebagian besar orang tua masih perlu edukasi bagaimana cara mendampingi si Kecil yang optimal terutama di era digital. Yuk, cari tahu tipsnya [...]

Tips Ajarkan Empati pada Anak Sejak Dini

Supaya si Kecil memiliki empati dalam hidupnya, orang tua perlu mengajarkan dan mengasah kepekaannya.

4 Tips Melatih Balita Bicara

Gimana caranya supaya si Kecil bisa mahir berbicara dengan cepat?

Helicopter Parenting Itu Apa? Ini Ciri-cirinya!

Rasa cinta dan kasih sayang orang tua ternyata bisa menjadi sesuatu yang tidak menyehatkan. Sebenarnya, kapan sepasang orang tua melanggar [...]

Kapan Waktu yang Tepat Sekolahkan Si Kecil?

Sebagai orang tua, Moms & Dads pun pasti telah berpikir untuk menyekolahkan si Kecil di sekolah yang paling baik dan tepat.

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Ini 10 Tips Ajarkan Si Kecil Terima Kekalahan

Belajar menerima kekalahan sejatinya merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kesehatan anak.

Didik Anak di Era Digital, Bagaimana Caranya?

Moms & Dads mungkin bingung yah bagaimana cara supaya si Kecil screentime-nya tidak berlebihan padahal di sisi lain sudah tidak mungkin [...]

Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? 🤯

Moms sering kewalahan ga sih kalau harus kerja sambil jaga Si Kecil? Yuk Intip tips tetap fit dari

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]