Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mendidik Anak Agar Suka Baca Buku

PARENTING  |  TODDLER  |  28 Apr '20


"Bu, baca buku yuk". Duh orangtua mana yang tidak bahagia melihat si kecil suka membaca buku, bahkan tanpa disuruh. Apalagi saat zaman serba elektronik seperti ini, di mana kalau sudah kenal gadget, anak betah duduk berlama-lama.


Pertama kalinya aku mengenalkan buku ke si kecil, saat umur 8 bulan. Jika dibandingkan dengan ibu-ibu lain, mungkin agak terlambat ya? Hehe, karena sekarang buku untuk bayi baru lahir pun sudah ada.

Tapi untungnya, aku belum terlambat menumbuhkan rasa minat baca dalam diri Sofia. Karena di usianya sekarang (18 bulan), salah satu hobi dia adalah membaca.

Nah, bagaimana caranya supaya anak hobi membaca? Ini dia tipsnya:

1. Kenalkan sedini mungkin
Kalau Moms pengin anak suka membaca buku, tentu kita harus kenalkan secepat mungkin. Apalagi sekarang sudah banyak buku buat bayi baru lahir, bentuknya soft book, isinya memperkenalkan warna dan tekstur. Karena semakin si kecil bertumbuh besar, akan semakin susah kita mengajarkannya untuk menyukai buku, apalagi kalau dia sudah kenal gadget.

2. Cari tahu buku kesukaannya
Jika saat dikasih buku, wajah anak terlihat tidak tertarik, jangan buru-buru menyerah dan menganggap si kecil belum suka membaca ya Moms. Karena sebernarnya, kita hanya perlu mencari tahu tipe buku kesukaannya. Biasanya saat anak umur 1 tahun, kita sudah tahu apa ketertarikannya. Karena anakku sempat begitu, saat pertama kali dikasih buku dia terlihat kurang tertarik, tidak mau diajak membaca dan asyik sendiri. Lalu aku ingat dia suka sekali dengan mainan yang mengeluarkan bunyi, akhirnya aku beli sound book. Dan benar! Dia sangat tertarik dengan buku barunya.

3. Baca dengan intonasi
Mengajarkan anak untuk suka baca buku bisa dimulai dengan sering membacakannya dongeng setiap malam. Nah saat bacain dongeng, biasakan ubah suara kita sesuai tokoh pada buku yang dibaca biar anak tertarik.

4. Beri contoh
Kalau Moms pengin anak suka buku, maka kitanya dulu nih harus sering-sering baca buku depan dia. Enggak usah bacaan yang terlalu berat Moms, majalah resep juga enggak apa-apa. Ingat, anak adalah peniru ulung.

5. Keluarkan buku satu per satu
Trik lain supaya anak suka baca ialah jangan pernah kasih buku sekaligus banyak. Jadi kalau habis beli beberapa buku, aku selalu kasih ke Sofia satu per satu.

Tujuannya adalah supaya si kecil merasa selalu punya buku baru. Di sisi lain juga mengajarkan anak agar menghargai barang miliknya.

Yuk Moms, dari sekarang kita mulai mengenalkan anak kepada macam-macam buku mumpung masih kecil untuk menumbuhkan minat bacanya, karena buku adalah jendela dunia.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

230 Regina Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Cuci Tangan, Yuk!

Selama masa pandemi ini, kita semua dihimbau untuk berada #dirumahaja. Nah, supaya si kecil tidak bosan selama dirumah, kita bisa buatkan si [...]

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya

Bagaimana cara menyapih agar proses ini berhasil dengan baik? Simak berikut ini.

Tips Sederhana Anak Tertarik dengan Buku

Membangun rasa ketertarikan si Kecil terhadap buku adalah hal yang baik untuk dilakukan sejak dini. Yuk simak berikut ini.

Tips Menghadapi Si Kecil yang Bersikap Kasar

Apa yang harus kita lakukan jika si Kecil bersikap kasar? Apakah perlu dimarahi dan didisiplin? Yuk, simak berikut ini.

Tips Disiplinkan Waktu Tidur Anak Sejak Dini

Mengatur waktu tidur anak itu susar-susah gampang. Betul ga Moms and Dads? Yuk simak tips mendisiplinkan waktu tidur anak berikut ini.

Tips Mengajak Batita ke Bioskop

Pengen ajak si Kecil ke bioskop tapi takut cranky dan mengganggu penonton lainnya? Yuk simak tips berikut ini!

Trik Sukses Mendidik si Kecil Tanpa Amarah

Hai Moms! Dalam mendidik anak tentunya moms ingin selalu happy dan ceria ya.

Bagaimana Meredakan Emosi Saat Anak Tantrum?

Moms sedang menghadapi si Kecil yang tantrumnya sering kambuh? Bagaimana mengatasinya? Yuk, simak tips ala Mom Nadia.

Si Kecil Suka Melawan? Ini 4 Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

Menghadapi sifat anak yang suka melawan atau keras kepala pasti tidak mudah bagi orangtua