Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mendeteksi Gejala Awal Kanker Payudara Lewat Gambar Lemon

FEEDING  |  MY STORY  |  01 Oct '19


Hai Moms, sudah tahu belum bahwa bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara? Kegiatan tahunan ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang seluk beluk kanker payudara. Di Indonesia sendiri, kanker payudara menempati urutan teratas penyebab kematian pada wanita dengan 17 kematian per 100.000 penduduk (data DepKes RI Januari 2019). Makanya gak salah kalau kanker payudara menjadi momok menakutkan bagi kita ya, moms.

Tahukah Moms, kita bisa memeriksa payudara sendiri dengan cara melihat dan meraba untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda sel kanker yang berkembang atau tidak. Semakin cepat tanda-tandanya terdeteksi, maka akan semakin tinggi angka kesembuhannya. Biasanya kita mendeteksi kanker payudara dengan memeriksa apakah ada benjolan atau tidak. Tapi ternyata ada banyak gejala kanker payudara yang tidak kita kenali.

Makanya pada tahun 2003, Corrine Beaumont, pendiri Worldwide Breast Cancer, berinisiatif untuk membuat kampaye "Know Your Lemons" untuk meningkatkan kesadaran kanker payudara dengan menggunakan gambar selusin lemon. Gambar lemon ini bisa membantu kita untuk lebih mudah mengenali tanda-tanda awal kanker payudara.

Berikut 12 tanda-tanda kanker payudara yang harus Moms ketahui

1. Thick Area (Penebalan Kulit di Payudara)

Jika moms merasakan ada bagian yang menebal di payudara yang tidak hilang bahkan bertambah besar saat sedang tidak menyusui atau haid, maka Moms perlu curiga. Penebalan bisa terjadi di atas kulit atau di bawah kulit payudara.

2. Dimple (Lekukan)

Ada lekukan di payudara. Hal ini terjadi karena sel kanker membuat jaringan payudara tertarik ke dalam. Hal ini tidak disebabkan oleh pemakaian bra kawat atau pakaian ketat.

3. Nipple Crust (Puting Lecet)

Puting lecet bisa saja merupakan masalah kulit yang tidak berbahaya atau bisa jadi salah satu tanda kanker payudara yang disebut “Paget’s disease.” Hal ini terjadi jika sel kanker hidup di puting.

4. Red or Hot (Merah atau Panas)

Jika payudara berubah kemerahan dan terasa hangat ketika disentuh saat sedang tidak menyusui, hal ini bisa jadi tanda awal kanker payudara.

5. Unexpected Fluid (Keluar cairan)

Waspadai apabila ada cairan yang keluar dari salah satu payudara seperti darah, atau berwarna cokelat.

6. Skin Sore (Luka di Kulit Payudara)

Pada kasus kanker yang jarang terjadi, sel kanker biasanya tumbuh di bawah kulit dan menembus kulit hingga membuat luka di permukaan kulit.

7. Bump (Benjolan)

Biasanya benjolan karena kanker payudara berada di permukaan kulit. Tapi, tidak semua benjolan di payudara adalah kanker, ada yang berupa penggumpalan cairan ASI saat menyusui dan yang lainnya. Periksakan ke dokter untuk tahu pasti apakah benjolan itu sel kanker atau tidak.

8. Sunken Niple (Puting Ke Dalam)

Puting datar banyak dialami wanita. Waspadai jika bentuk puting berubah menjadi ke dalam.

9. Growing Veins (Tumbuh Vena)

Ini merupakan gejala yang langka. Biasanya penampakan pembuluh darah atau vena di sekitar payudara adalah hal normal, tapi jika terasa aneh dan disertai dengan lebam-lebam di kulit, kita perlu berhati-hati dan segera periksakan ke dokter.

10. New Shape or Size (Bentuk dan Ukuran Baru)

Perubahan bentuk dan ukuran payudara biasanya adalah hal normal, terutama untuk ibu menyusui atau wanita yang sedang haid. Kita harus waspada apabila perubahan bentuk payudara terjadi saat kita tidak dalam kondisi tersebut.

11. Orange Peel Skin (Kulit Jeruk)

Waspadai jika kulit payudara terlihat keriput atau kasar seperti kulit jeruk.

12. Hard Lump (Benjolan keras dan tidak bergerak)

Ini adalah tanda umum dan sering muncul pada penderita kanker payudara. Sebuah benjolan kanker sering terasa keras dan tidak bergerak seperti biji lemon.

Jika Moms melihat atau memiliki salah satu tanda-tanda diatas, segera periksakan ke dokter ya. Dan perlu diingat bahwa tak semua sel kanker tak bisa dirasa atau dilihat sehingga kita perlu melakukan mamografi untuk memastikannya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

820 Risna Ristiana

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]