Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mendekati HPL Belum Ada Tanda-tanda Bayi Ingin Keluar?

MY STORY  |  25 Nov '18


Ketika usia kandungan sudah mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), banyak sekali Moms yang galau karena bayi belum menunjukkan tanda-tanda ingin keluar. Banyak Moms yang berupaya berbagai macam cara agar kontraksi datang secara alami, tanpa melalui induksi secara medis.

Hal ini juga saya rasakan saat mendekati HPL tapi bayi tidak kunjung keluar, dokter menyarankan agar saya segera diinduksi. Mengapa induksi ini diperlukan? Karena setelah 40 minggu, risiko komplikasi bayi dan risiko persalinan akan semakin tinggi. Bayi akan mengeluarkan mekonium atau tinja pertama setelah lewat dari 40 minggu, dan jika tertelan dapat menyebabkan gangguan pernapasan atau infeksi paru-paru pada bayi. Kehamilan lebih dari 42 minggu juga meningkatkan risiko terjadinya kondisi gawat janin. Sehingga diperlukan induksi untuk mempercepat proses persalinan.

Teknik induksi alami aman dan bisa dilakukan di rumah

  • Berjalan kaki di sekitar kompleks rumah. 
    Jalan kaki mempunyai banyak sekali manfaat bagi ibu hamil, di antaranya memacu kerja jantung sehingga membuat aliran darah ke janin lebih baik, memperkuat otot-otot terutama otot tungkai, mengurangi kaki bengkak dan nyeri punggung, mengusir stres, mengontrol kenaikan berat badan, dan mengurangi risiko diabetes kehamilan. Dengan berjalan kaki, janin akan lebih cepat turun ke jalan lahir. Namun jangan sampai kelelahan saat berjalan kaki, lakukan dengan santai agar Moms dapat merasakan manfaat dari berjalan kaki tersebut.
  • Melakukan hubungan seksual.
    Ini adalah cara yang paling direkomendasikan oleh dokter obgyn saya saat kehamilan telah lewat HPL, karena Hormon prostaglandin pada sperma pria akan melembutkan mulut rahim sehingga membantu mempersiapkan kelahiran. Sayangnya, saya long distance sama suami, sehingga suami hanya bisa menemani mendekati lahirannya saja.
  • Senam hamil atau yoga. 
    Melakukan senam atau yoga dengan posisi jongkok dan bersila dipercaya dapat membuat kepala janin masuk ke jalan lahir. Kegiatan ini dapat dibarengi dengan meditasi yang dapat membuat Moms semakin rileks.
  • Stimulasi payudara. 
    Stimulasi payudara yang intensif mendorong kelenjar pituitari untuk melepaskan oksitosin yang memicu kontraksi. Penelitian menunjukkan bahwa merangsang kontraksi dengan cara ini juga bisa efektif.
  • Pijat oksitosin. 
    Hormon oksitosin adalah  hormon cinta yang berpengaruh untuk proses melahirkan. Mintalah bantuan suami untuk melalukan pijat oksitosin ini agar hormon cinta meningkat sehingga dapat memacu kontraksi. Pijat ini juga dapat membuat Moms menjadi rileks.
  • Konsumsi kurma. 
    Walaupun belum terbukti secara medis, tapi kurma dipercaya sebagai makanan yang dapat meningkatkan hormon oksitosin, sehingga sering digunakan oleh ibu menyusui sebagai ASI booster. Tidak ada salahnya mencoba cara ini, karena kurma mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh ibu hamil.

Semua cara tersebut telah saya lakukan sendiri, tapi apa daya bayi masih betah juga di dalam perut, sehingga terpaksa dilakukan induksi medis melalui infus. Tidak ada salahnya mencoba induksi alami di rumah, karena hal tersebut dapat membuat tubuh Moms lebih siap dalam menghadapi persalinan. Walaupun harus diinduksi melalui infus, saya berhasil melahirkan secara normal setelah melalui kontraksi selama 2 malam.

 

Semoga bermanfaat.

By: Lisa Febrianti

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

6737 Lisa Febrianti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Detik-detik Proses Persalinan Caesar

Mom Loanita berbagi cerita selama proses melahirkan anaknya secara caesar. Yuk ikuti kisahnya!

Sensasi Nikmatnya Persalinan Normal

Mom Dee membagikan pengalamannya ketika menikmati melahirkan secara normal. Simak ceritanya berikut ini.

Penyebab Nyeri Panggul Saat Hamil Besar

Apakah Moms pernah merasakan nyeri di bagian sendi panggul saat hamil besar? Mungkin inilah penyebabnya.

Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Kehamilan Trimester 3

Semakin bertambah usia kehamilan. semakin cepat lelah pula badan bumil. Berikut cara mengatasinya

Pengalaman Induksi Mom Vina

Ibu hamil, tahukah anda mengenai istilah induksi dalam proses bersalin normal? Yuk, simak pengalaman dari Mom Vina berikut ini.