Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mencegah Kolik si Kecil dengan Pemilihan Botol Susu

FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  03 Feb '20


Kolik pada bayi merupakan hal yang paling dikhawatirkan para moms, karena hal tersebut membuat anak terus menerus menangis berjam-jam dalam beberapa hari dan sulit dikendalikan, biasanya terjadi pada waktu tertentu seperti saat petang hingga malam hari. Hal ini membuat kita para moms bingung dan acapkali sedih karena kondisi tersebut. Kolik adalah suatu kondisi yang membuat bayi menangis tanpa sebab yang jelas. Menurut IDAI kolik biasa terjadi pada bayi usia 2 minggu hingga 4 bulan.

Beberapa penyebab kolik pada bayi yang harus kita ketahui adalah:

1. Adanya intoleransi laktosa ; beberapa bayi mungkin mengalami gejala intoleransi laktosa karena perkembangan dari sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga belum dapat mencerna laktosa yang merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam ASI maupun susu formula yang dikonsumsi bayi. Selain itu juga dapat terjadi akibat belum optimalnya kadar enzim laktase di usus bayi tersebut. Hal ini tidak perlu dikhawatikan karena dengan bertambahnya usia maka gejala tersebut semakin berkurang.

2. Bayi alergi susu sapi ; Kolik pada bayi juga terjadi bila bayi tersebut ternyata alergi susu sapi, bila memang seperti itu hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan cara ibu tidak mengonsumsi produk susu sapi terlebih dahulu (susu sapi, keju, mentega dsb) bila kolik ini terjadi pada bayi yang mengonsumsi ASI, dan bila terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan memilih produk susu yang hipoalergenik.

3. Adanya refluk gastroesofagus ; Refluk esofagus pada bayi sering terjadi, sekitar 40-65% bayi mengalaminya. Hal ini dikarenakan bayi memiliki katup bagian bawah kerongkongan (esofagus) yang belum sempurna yaitu otot yang berfungsi menyimpan makanan di perut sehingga makanan dapat berpindah lagi ke kerongkongan bayi tersebut.



Hal yang dapat dilakukan apabila kolik terjadi pada bayi kita salah satunya dengan mengecek botol susu yang digunakan bayi kita. Apakah lubang pada botol susu tersebut memungkinkan udara yang masuk lebih banyak atau tidak ke mulut saat bayi kita menyusu. Apabila iya maka yang harus dilakukan segera mengganti jenis botol susu dengan botol susu anti kolik sehingga udara yang masuk dapat diminimalkan.

Fitur anti kolik pada botol susu ini terbukti efektif untuk mencegah terjadinya kolik pada bayi. Selain itu beberapa tips lainnya adalah dengan memastikan bahwa botol susu tersebut BPA free, sesuai ukuran bayi sehingga mudah dipegang dan tidak membuat bingung puting.

Memang susah-susah gampang bila bayi kita kolik, walaupun beberapa pendapat bilang bisa sembuh dengan sendirinya tapi kita sebagai orang tua harus bisa memberikan yang terbaik untuk mereka salah satunya memberikan kenyaman dengan menggunakan botol susu anti kolik tersebut.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

208 Haqoiroh Ainun

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Food Processor: Teman untuk Keluarga Sehat

Adakah Moms yang tidak mengetahui apa itu food processor? Alat ini adalah salah satu alat yang wajib masuk daftar peralatan rumah tangga ketika [...]

Pentingnya Makanan Sehat dan Bergizi Selama Beberapa Periode Kehidupan

Masa kehamilan, menyusui, dan saat-saat si Kecil sudah mulai MPASI adalah masa membahagiakan dan penuh tantangan. Bahkan hal ini terus berlanjut [...]

Food Processor Membantuku Memiliki Lebih Banyak Waktu dengan si Kecil

Sebagai seorang Mom yang stay-at-home alias 24 jam ada di rumah, Mom Risny Saputra memiliki banyak tugas. Dia harus memastikan rumah tangga [...]

Tips Memilih Food Processor yang Tahan Lama

Apa saja kiat-kiat Mom Irene Felita memilih food processor yang tahan lama? Simak pengalaman Mom Irene berikut ini.

Kreasikan Makanan Sehat Si Kecil dengan Food Processor

Simak pengalaman Mom Resti Nafisah menggunakan food processor untuk membuat kreasi makanan sehat si Kecil.

Pentingnya Food Processor selama Kehamilan dan Tips Memilihnya

Food processor merupakan alat multi fungsi yang sudah menjadi must have item bagi para Moms yang mulai menyiapkan MPASI.

Food Processor untuk MPASI dan Kebutuhan Keluarga

Moms tentu sudah tidak asing lagi dengan food processor bukan? Ya, alat yang kinerjanya mirip blender ini dapat membantu Moms dalam mengolah makanan.

Manfaat Food Processor dalam 4 Fase Kehidupan Seorang Ibu

Dewasa ini, kita banyak mengenal berbagai macam produk food processor untuk mempersiapkan segala bentuk makanan untuk keluarga. Inilah manfaat [...]

Pentingnya Memilih Food Processor yang Tepat untuk Keluarga

Masa kehamilan, menyusui dan masa si Kecil makan MPASI merupakan masa yang sangat menentukan tumbuh kembang anak kita kelak.

Food Processor: A Must-have Item untuk Mempersiapkan MPASI

Salah satu peralatan menjelang MPASI si Kecil yang sebagian Moms tak lupakan adalah 'food processor'.

6 Hal Penting Saat Memilih Food Processor

Food processor merupakan alat dapur yang multifungsi karena sangat membantu dan mempermudah sekali dalam memasak makanan.

5 Tips Memilih Food Processor

Sekarang ini, banyak sekali food processor yang ditawarkan di pasaran dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apakah food processor [...]

Food Processor Permudah Saya Siapkan MPASI Si Kecil

Bagi saya, food processor adalah salah satu alat dapur yang perlu saya miliki. Dengan alat tersebut, saya dapat lebih mudah mengolah bahan [...]

Jadilah Smart Moms dengan Memilih Food Processor yang Tepat

Di zaman yang serba canggih ini, semakin banyak produk dengan beragam fungsi, ya, Moms. Salah satu produk yang menurut saya penting adalah food [...]

Botol Susu Anti Kolik Adalah Solusi Terbaik Atasi Kolik

Salah satu kendala saat saya menjadi mama adalah tidak bisa menyusui secara langsung.

Ketahui Keefektifan Botol Susu Anti Kolik

Hampir semua Ibu mengetahui bahwa sekarang ini telah beredar botol susu anti kolik.

Kolik Anakku Hilang karena Botol Susu Anti Kolikku

Di malam ketiga sejak kelahirannya, anak saya pernah menangis selama berjam-jam, sulit sekali rasanya ditenangkan.

Cegah Kolik dengan Botol Susu Anti Kolik yuk Moms!

Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi, kolik menjadi nightmare pastinya ya!