Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mencegah Keguguran di Trimester Pertama

PREGNANCY  |  22 Nov '17

Kehamilan merupakan salah satu momen yang sangat menakjubkan sekaligus membahagiakan. Kehadiran buah hati menjadi pelengkap kebahagiaan pasang suami istri dalam ranah membangun rumah tangga.  Memasuki masa kehamilan muda atau trimester pertama, Moms harus bisa menjaga janin didalam kandungan dengan pola hidup sehat.

Perlu diingat bahwa janin pada usia muda masih sangat rentan terhadap guncangan yang mengakibatkan keguguran. Hal ini dikarenakan janin di dalam rahim belum begitu kuat untuk menempel pada rahim. Hal ini menyebabkan mengapa sebagai mom-to-be penting bagi kita untuk menjaga kehamilan muda dengan baik terutama di trimester pertama. Trimester pertama merupakan masa-masa penentuan tumbuh kembang janin, maka dari itiu penting sekali untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat sesuai dengan tahapannya.

Apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kehamilan trimester pertama? Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan :

  • Perhatikan Asupan Nutrisi
    Memasuki masa kehamilan muda atau trimester pertama, asupan nutrisi adalah bagian pertama yang sangat penting. Asupan nutrisi harus menjadi perhatian utama sebab tubuh membtutuhkan asupan nutrisi lebih banyak untuk menutrisi janin dan tubuh ibu hamil. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin, kalsium, mineral, asam folat dan nutrisi penting lainnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dai dalam rahim. Hindari jenis makanan yang bisa mempengaruhi kesehatan janin dan ibu hamil seperti yang mengandung kafein, pemanis buatan, pengawet, pewarna dan zat kimia lainnya. Disamping itu juga hindari jenis makanan olahan atau makanan kaleng sebab berisiko terhadap bakteri pada janin. Jangan mengkonsumsi makanan setengah matang atau makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti fast food dan soft drink.
  • Aktivitas Terjadwal
    Hindari melakukan segala kegiatan yang melelahkan. Kini anda harus mulai merubah pola aktivitas yang lebih terjadwal. Jangan sampai anda dan janin kelelahan yang pada akhirnya mengganggu tumbuh kembang janin.
  • Kelola Emosi
    Jangan mudah terpancing emosi saat hamil sebab akan mempengaruhi perkembangan janin. Terlebih lagi jika anda memiliki riwayat hipertensi maka, sebaiknya harus bisa bersikap tenang dan belajar mengendalikan emosi agar janin tetap sehat.
  • Pemeriksaan Rutin
    Lakukan pemeriksaan kandungan ke dokter secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin didalam rahim. Lakukan konsultasi dengan dokter seputar keluhan yang anda rasakan dalam kehamilan.

Demikian beberapa tips menjaga kehamilan trimester pertama yang harus diperhatikan oleh semua wanita yang sedang menjalani  masa kehamilan muda saat ini. Trimester pertama merupakan momen yang sangat penting dalam kehamilan sehingga harus di jaga dengan baik!

By: Babyologist Editor

3054 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories