Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  10 Aug '19


Siapa di sini yang sedang mempersiapkan kehamilan? Baik yang baru menikah ataupun yang sedang merencanakan anak ke-2?

Kali ini aku mau berbagi tips seputar makanan dan pola hidup. Makanan penting bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilannya. Lalu apa yang harus dan tidak boleh dikonsumsi ketika sedang mempersiapkan kehamilan?

1. Menjalani program olahraga

- Kebugaran berpengaruh kepada persiapan kehamilan seseorang. Kalau aku jalan cepat di treadmill minimal 5x seminggu @30 menit habis pulang kerja. Kalau yang bisa bangun pagi lebih baik sekaligus dapat menghirup udara segar.

2. Kebutuhan Asam Folat

- Asam folat pada masa persiapan hamil sangatlah penting. Asam folat ini juga akan sangat baik untuk perkembangan janin dan otak baby nantinya. Sangat dianjurkan mulai minum Asam Folat 3 bulan sebelum kehamilan, bahkan untuk calon mempelai yang akan menikah dalam waktu dekat boleh mulai minum. Jangan khawatir, ga akan bikin gendut kok.

- Aku minum Elevit setiap pagi cukup 1x/hari sehabis sarapan, pastikan perut sudah terisi sebelumnya. Elevit ini memang tidak dijual di apotek maupun toko obat di Indonesia, kebetulan ada teman yang ke Australia, jadi aku nitip belikan. Setelah positif hamil, aku masih lanjutkan minum Elevit dan sudah konsultasi dengan SpOG aku diperbolehkan.

3. Jus 3 Diva

- Bagi calon ibu pasti kenal jus ini, jus yang selalu direkomendasikan selama masa persiapan kehamilan. Jus ini terdiri dari wortel, tomat, apel.

- Aku juga kombinasikan (berbeda hari selang seling) mix jus buah naga + jambu merah + wortel ATAU jambu merah + semangka. Semua jus tanpa gula setiap pagi.

4. Jus Alpukat

- Dibandingkan buah-buah lainnya, alpukat merupakan buah dengan kandungan asam folat tertinggi. Bagi ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, mengonsumsi jus alpukat setiap hari sangatlah dianjurkan.

- Aku minum jus alpukat ½ buah setiap menjelang siang (jangan dicampur dengan jus 3 Diva/Mix Jus buat & minum terpisah jam yang berbeda) tanpa gula, karena aku tidak begitu suka rasanya maka dicampur susu putih kental manis putih sedikit saja (coklat masuk list pantangan).

5. Madu

- Madu menyimpan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan peluang bagi pasangan yang sedang mempersiapkan kehamilannya. Aku minum madu cari yang asli, tidak ada campuran gula setiap hari.

6. Telur Putih Ayam Kampung

- Putih telur mengandung banyak protein yang dapat memperbanyak dan memperbesar sel telur. Sebaiknya makan putih telurnya saja, sedangkan kuningnya sebaiknya dihindari.

- Telur putih ayam kampung (putihnya saja, buang yang kuning) setiap hari. Apakah boleh mentah? Harus matang ya! Boleh diolah sesuai selera. Selain direbus, bisa juga dimasak tim dengan kombinasi keju + bayam + wortel ATAU keju + daging sapi cincang + brokoli + wortel.

7. Air Putih

- Jangan lupakan air putih. Perbanyak minum air putih, pintar2 cari kesempatan di antara jadwal minum jus & susu karena air putih ini juga penting untuk tubuh.

8. Perhatikan juga makan pantangan yang pernah aku share dalam artikel sebelumnya.

9. Banyak berdoa

- The power of prayer adalah yang paling powerful. Ketika hanya berpasrah, biarkan semua sesuai rencana-Nya. Pasti indah sesuai janji-Nya yaitu Ya dan Amin.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

431 Prawitasari Daud

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Vitamin Prenatal yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Salah satu hal yang sangat penting dilakukan ibu hamil adalah memberi nutrisi untuk tumbuh kembang janin.

Minum Air Kelapa Saat Hamil Membuat Bayi Lahir Kulitnya Lebih Putih & Bersih?

Siapa yang tak suka air kelapa muda? Air kelapa muda banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil loh Moms