Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mempersiapkan ASI sejak Hamil, Apa saja yang Perlu Dilakukan?

FEEDING  |  31 May '18

Hampir semua Ibu memiliki keinginan agar proses menyusui dapat berjalan lancar sejak hari pertama bayi dilahirkan sampai dengan enam bulan atau bahkan dua tahun kedepan. Namun sayangnya, Ibu seringkali lupa bahwa keinginan tersebut harus didukung oleh usaha untuk mempersiapkannya sejak hamil, mengingat proses pembentukan ASI dimulai sejak awal kehamilan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan ASI-nya:

1. Melatih pikiran untuk selalu positif

Produksi ASI sangat erat kaitannya dengan kondisi psikologis seorang ibu. Fakta ini seringkali dilupakan oleh Mom dan mereka hanya fokus mencari tahu ASI booster yang paling bagus di pasaran. Padahal ASI booster paling penting adalah pikiran Anda sendiri. Karena itulah, penting untuk kesampingkan pikiran-pikran negatif seperti:

"Apakah nanti ASI-ku akan cukup?

"Apakah nanti ASI-ku akan keluar?"

"Bagaimana jika ASI-ku tidak keluar?"

Latihlah pikiran Mom untuk tetap positif dan yakin bahwa ASI yang diproduksi pasti cukup. Yakinlah bahwa Mom pasti bisa memberikannya ASI eksklusif sampai kebutuhan Si Kecil terpenuhi. 

2. Take a good care of your breast

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merawat payudara selama hamil. Membersihkan payudara setiap mandi, sambil memijatnya. Namun perlu diperhatikan, memijat payudara tidak disarankan ketika sudah memasuki trisemester ketiga karena dapat memicu kontraksi. Hal lain yang tidak kalah penting adalah memilih ukuran bra dengan tepat dan sesuai dengan ukuran ketika hamil. California Pacific Medical Center menyatakan bahwa menggunakan bra yang terlalu ketat dapat menurunkan produksi ASI.

3. Menjaga nutrisi selama hamil

Makan-makanan yang bergizi seimbang dan minum air putih yang cukup selama kehamilan merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Hindari terlebih dahulu diet kecuali memang direkomendasikan oleh dokter. Konsultasikan pula mengenai vitamin yang memang disarankan untuk diminum, karena kebanyakan vitamin juga tidak baik untuk ibu hamil.

4. Belajar Ilmu menyusui sejak hamil bersama suami

Hal yang tidak kalah penting adalah mencari informasi sebanyak mungkin mengenai menyusui. Seringkali kegagalan menyusui disebabkan oleh informasi yang tidak tepat, padahal sebetulnya sang ibu sangat mumpuni untuk menyusui. Cobalah mencari informasi-informasi yang valid bersama suami sejak masa kehamilan. Hal ini juga dapat menjadi "senjata" untuk sang ibu ketika nanti dihadapkan oleh mitos-mitos yang tidak benar. Jangan ragu pula untuk  menghubungi Konselor Laktasi atau mengikuti kelas edukasi menyusui jika dirasa butuh. 

5. Membuat lingkungan keluarga yang PRO ASI mulai dari hamil

Dukungan dari keluarga besar juga sangat menentukan kelancaran menyusui kelak, sehingga lingkungan ideal yang Anda inginkan pun perlu dipersiapkan sejak hamil. Ajaklah Orang tua atau mertua berdiskusi soal ini. Dengan cara yang tepat, ceritakan kepada mereka bahwa Mom and Dad telah sepakat untuk memberikan ASI eksklusif tanpa bantuan makanan atau minuman apapun selama enam bulan ke depan. Katakan pula secara lebih detail apa hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh: tidak ingin si baby diberikan dot terlalu dini, atau diberi pisang ketika diare.  Terakhir, buatlah mereka merasa penting dengan mengatakan bahwa Anda sangat membutuhkan dukungan mereka selama proses menyusui kelak.

Semoga bermanfaat.

By: Inas Zahra.

779 Inas zahra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Si Kecil Mogok Minum Susu? Kenali Penyebabnya

Mengapa si Kecil menjadi malas minum susu? Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya.

Makanan yang Dilarang untuk Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Tidak semua makanan yang bagus untuk kita orang dewasa juga bagus untuk si Kecil lho Moms. Yuk simak apa saja sih makanan yang dilarang untuk si [...]

Benarkah ASI yang Lama Tidak Dikeluarkan dari Payudara Bisa Basi?

Jika lama tidak dikeluarkan, maka ASI di dalam payudara bisa basi. Benarkah demikian?

Tips Menentukan Menu MPASI Harian untuk si Kecil

Apakah Moms seringkali bingung ketika harus menentukan menu MPASI untuk si Kecil? Mari perhatikan tips berikut!

Persiapan MPASI 6 bulan

Memasuki usia 6 bulan, bayi akan diperkenalkan dengan MPASI. Hal-hal seperti apa sajakah yang mesti Mom perhatikan?

Ingin ASI Melimpah? Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

Kecukupan nutrisi Si Kecil ditentukan oleh ASI yang diterimanya. Mari kita perhatikan tips guna meningkatkan produksi ASI.

Manfaat Tempe untuk MPASI

Selain nikmat dan memiliki harga yang terjangkau, tempe juga ternyata dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan.

Mitos Di Balik Konsumsi Air Kelapa Hijau Saat Hamil

Benarkah dengan mengonsumsi air kelapa hijau selama masa kehamilan dapat membuat Si Kecil lahir dengan kulit bersih?

Menu Mpasi Mun Tahu Ayam

Kali ini Mom Desi mau berbagi resep mun tahu ayam yang cocok disajikan untuk keluarga sekaligus sebagai menu MPASI. Yuk, disimak moms.

Avocado Fried Rice

Belum pernah dengar nasi goreng alpukat? Yuk Moms, kita pelajari cara membuatnya!

Takaran Kebutuhan Susu Sesuai Usia Si Kecil

Apakah anda sedang mencari tahu takaran asupan susu yang dibutuhkan oleh Si Kecil? Untuk lebih jelas mari simak yang berikut ini.

Chicken Nugget Stick Homemade

Si Kecil bosan dengan cemilan biskuit atau snack lainnya? Menu berikut ini dapat menjadi alternatif bagi anda. Yuk disimak.

Manfaat Dan Nutrisi Telur Puyuh Untuk Si Kecil

Bolehkah Si kecil diberikan telur puyuh untuk menu MPASI nya? Apa saja manfaat dan nutrisi yang terdapat didalamnya? Mari simak yang berikut ini.

Meningkatkan Produksi ASI Dengan Power Pumping

Penggunaan power pumping dapat membantu Moms untuk meningkatkan produksi ASI.

Bakso Sapi Homemade (10M+)

Daripada membeli, ada baiknya Moms membuat sendiri bakso sapi di rumah.

Memperbanyak Produksi ASI Pasca Caesar

Banyak yang berkata bahwa setelah bersalin secara caesar, Moms akan kesulitan mengeluarkan ASI. Yuk simak beberapa hal yang dapat membantu [...]

Apakah Bayi Wajib Bersendawa Setelah Minum Susu?

Saat bayi menelan udara saat menyusui, bersendawa dapat membantu mengeluarkan udara itu. Lantas, apakah bayi wajib bersendawa setelah minum susu?

Kenapa ASI Tidak Langsung Keluar?

ASI yang tidak keluar setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Benarkah demikian? Mari simak yang berikut ini.

Beberapa Kesalahan Dalam Menyusui

Moms, Anda ingin berhasil menyusui? Mari pelajari kesalahan yang dialami Mom Sherlly sehingga Anda tidak perlu mengulanginya.

Roti Sobek Ubi Ungu Isi Coklat Untuk MPASI

Selain pudding, moms juga bisa membuat roti sebagai cemilan MPASI yang sehat untuk Si Kecil usia 12 bulan ke atas. Yuk simak menu berikut ini.