Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mempelajari TORCH

HEALTH TIPS  |  30 Apr '17

Apa itu TORCH?
TORCH adalah singkatan dari Toxoplasma, Other (sifilis, TBC, cacar air, listeriosis), Rubella, Cytomegalovirus, dan Hepatitis/HIV/Herpes. Umumnya, infeksi ini paling berbahaya bila terjadi pada trimester pertama kehamilan, yaitu saat pembentukan organ-organ tubuh janin. Infeksi yang terjadi pada janin dapat mengakibatkan keguguran, stillborn, infeksi kronis, dan cacat bawaan. Akibat lanjutan seperti buta, tuli, keterbelakangan mental, dan kejang-kejang bisa juga muncul setelah anak lahir atau saat menapak usia dewasa. Sebaliknya, bila infeksi terjadi sebelum kehamilan, biasanya janin tersebut akan terlindungi.

Apa gejala-gejala TORCH?
Permasalahannya, infeksi TORCH pada ibu hamil sering tidak menimbulkan gejala apapun. Infeksi ini hanya bisa diketahui dengan mendeteksi zat kekebalan tubuh (antibodi) yang terbentuk setelah tejadinya infeksi. Cara lainnya adalah dengan mencari kuman penyebab infeksi dalam tubuh ibu atau janin. Walaupun telah terdeteksi, pengobatan terhadap infeksi TORCH kadang-kadang tidak memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini terjadi karena organ-organ tubuh janin terlanjur dirusak kuman TORCH. Oleh karena itu, jauh lebih baik dilakukan pencegahan terhadap infeksi TORCH daripada mengobatinya.

Bagaimana mengatasi TORCH?
Infeksi rubella, cacar air, hepatitis A, dan hepatitis
 B bisa dicegah dengan imunisasi. Biasanya imunisasi ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang mengandung virus 
yang dilemahkan. Karena itu, imunisasi tidak boleh dilakukan saat kehamilan dan tidak dianjurkan hamil minimal tiga bulan pasca-imunisasi.

Selain imunisasi, ibu hamil yang belum mempunyai antibodi terhadap parasit toksoplasma juga perlu memperhatikan kebersihan makanan atau minuman, mencuci tangan sebelum makan, tidak memakan lalapan mentah, dan hanya memakan daging yang telah matang. Kucing dan anjing merupakan sumber parasit toksoplasma, sehingga ibu hamil yang belum mempunyai antibodi perlu menghindari kontak dengan kucing dan anjing.

Untuk listeriosis, kuman penyebabnya ditemukan dalam susu segar dan daging mentah. Binatang peliharaan juga bisa menularkan kuman penyakit ini.

Dalam kasus hepatitis, bayi yang lahir dari ibu penderita hepatitis atau pembawa (carrier) virus hepatitis perlu mendapatkan imunisasi segera setelah lahir. Penting untuk diketahui bahwa ASI dapat menularkan virus hepatitis dari ibu ke anak. Pemberian ASI tergantung pada jenis virus hepatitis, konsentrasi virus dalam darah ibu, dan daya tular virus hepatitis tersebut.

Penderita HIV dianjurkan untuk tidak hamil. Ibu hamil yang menderita HIV harus mendapatkan obat anti-HIV pada trimester ketiga kehamilan dan menjalani operasi caesar untuk melahirkan anaknya. Selain itu, ibu penderita HIV tidak boleh menyusui anaknya. Virus HIV seperti virus hepatitis bisa ditularkan melalui hubungan seksual, luka yang terbuka, jarum suntik, sikat gigi, atau alat cukur yang dipakai bersama.

Sementara itu, ibu 
hamil yang terdeteksi menderita sifilis atau tuberkulosis (TBC) perlu diobati secara adekuat saat kehamilan. Sifilis merupakan penyakit menular seksual, sedangkan TBC ditularkan melalui tetesan air ludah. Ibu hamil dilarang menetap dalam ruangan tertutup bersama penderita TBC. Bila ibu hamil terkena infeksi herpes pada alat kelamin menjelang persalinan, anak akan berisiko tertular. Untuk mencegahnya, perlu dilakukan operasi caesar. Selain bisa tertular saat melewati jalan lahir,
 bayi baru lahir juga bisa tertular orang yang menderita herpes di bibir.

Sebagai kesimpulan, untuk mendeteksi infeksi TORCH perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium pada awal kehamilan. Namun demikian, tetap harus diingat bahwa lebih baik mencegah infeksi TORCH pada kehamilan daripada mengobatinya.

Written by: Corry Cecillia
Photo: Devianna Andrianto
Nara sumber: Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah



757 Corry Cecillia

Comments

LATEST POSTS

Perlukah Memberikan Kopi pada Bayi untuk Mencegah Step?

Mitos atau fakta pemberian kopi pada bayi dapat mencegah munculnya step?

Makanan Ber-Kafein Menyebabkan ASI Berkurang?

Apakah Moms pecinta cokelat, teh, atau kopi? Ketiga minuman itu mengandung kafein yang dapat mempengaruhi supply ASI.

Menyusui Di Usia 40 Tahun, Mungkinkah?

Di Usia 20-an, Moms pasti punya energi dan produksi ASI yang banyak untuk si Kecil. Lalu, mungkinkah Moms tetap menyusui di usia 40 tahun?

Anak Tidak Mau Sikat Gigi? Mungkin Ini Penyebabnya!

Terdapat beberapa penyebab si Kecil tidak mau sikat gigi. Apa sajakah itu? Mari kita ketahui alasannya.

Pertolongan Pertama Saat Kepala Bayi Terbentur

Kepala Si Kecil terbentur? Berikut cara-cara pertolongan pertama pada kepala anak terbentur yang harus Moms pahami.

5 Tips Lebaran Sehat bagi Ibu Hamil

Menjelang lebaran, berbagai hidangan khas menghiasi meja makan. Namun, Mom harus tetap menjaga kesehatan kandungan.

Apa Dampak Puasa Bagi Ibu Hamil?

Ternyata puasa juga bisa mendatangkan dampak positif bagi ibu hamil, apa sajakah itu? Mari kita simak di artikel berikut.

Rekomendasi Jenis Makanan Ibu Hamil Saat Puasa

Saat menjalani ibadah puasa, ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan, tentunya pola makan sehat harus diterapkan.

Cara Pintar Mengatasi Insect Bite Pada Anak

Anak kecil kerapa menjadi sasaran empuk terkena insect bite. Berbahayakah jika tidak ditangani segera dan bagaimana cara mencegahnya?

Amankah Vaksin Bagi Anak?

Banyaknya isu pro kontra yang terjadi terkait pemberian vaksin menjadikan sebagian orangtua bingung. Untuk lebih jelas mari simak yang berikut ini.

Jangan Biarkan Kepala Peyang Merusak Masa Depan Anak

Tahukah Moms and Dads bahwa salah memilih bantal berdampak fatal, bahkan bisa mengakibatkan kehancuran masa depannya hingga kematian pada bayi? [...]

Kenapa Vaksin MR Penting?

Apa yang menyebabkan vaksin MR perlu dan penting untuk dilakukan? Apa yang akan terjadi jika tidak melakukan vaksin MR ? Mari, simak yang berikut ini.

Vaksin HPV Pencegahan Terbaik Untuk Kanker Serviks

Tahukah anda, kanker serviks terbukti menjadi penyebab kedua terbesar kematian wanita di Indonesia. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk [...]

Merawat Gigi Anak

Perawatan gigi merupakan hal yang sangat penting dilakukan sejak dini. Agar kebiasaan ini dapat tetanam sampai dewasa.

Mencegah Radang Otak Pada Anak

Radang otak atau Ensefalitis dapat terjadi pada balita. Apa penyebabnya? Bagaimana mencegahnya? Mari simak berikut ini.

Dampak Fatal Salah Memilih Bantal Bayi

Tahukah Moms and Dads bahwa salah memilih bantal berdampak fatal, bahkan bisa mengakibatkan kematian pada bayi. Mari simak berikut ini.

Fase Tengkurap Bayi

Umur berapa sebaiknya bayi belajar tengkurap? Apa yang kita bisa lakukan untuk membantu anak belajar tengkurap?

Resiko ISK Pada Bayi Tidak Sunat

Tahukah anda resiko ISK mengintari Si Kecil akibat tidak melakukan sunat. Apakah ISK tersebut dan bagaimana solusi penanganannya?

Penyebab dan Pengobatan Dermatitis Atopik pada Bayi

Pernakah anda mendengar penyakit dermatitis atopik pada bayi ? Berbahayakah jika Si Kecil menderita penyakit ini? Bagaimana penangan yang harus [...]

Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Difteri

Akhir-akhir ini di Indonesia sedang marah dengan wabah difteri. Yuk pelajari bersama sehingga kita dapat menghindarkan Si Kecil dari penyakit [...]