Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memompa ASI Tanpa Alat Pompa, Efektifkah?

MY STORY  |  04 May '18


Halo mommies, familiarkah anda dengan metode marmet dalam pemberian ASI? Marmet adalah metode memijat dan menstimulasi payudara menggunakan tangan untuk mengeluarkan ASI atau dengan kata lain memompa ASI tanpa alat pompa ASI. Lantas, bagaimana cara melakukan marmet?

  • Pastikan bahwan tangan anda sudah dicuci bersih. Kemudian pijatlah sel dan saluran penghasil ASI. Mulailah dari bagian atas hingga bagian bawah payudara. Gerakkan jari perlahan membentuk lingkaran kecil sambil menekan kuat ke arah dada. Setelah beberapa detik, angkat jari-jari dan pindah ke area lain.
  • Usaplah payudara dari arah dada ke puting dengan usapan ringan. Lanjutkan gerakan membelai dari arah dada ke puting susu di sekitar seluruh payudara. Kalau saya suka membuat gerakan-gerakan yang membuat geli. Karena setelah merasakan geli, ASI saya langsung keluar.
  • Pijatlah payudara dengan lembut sambil mencondongkan tubuh ke depan sehingga gravitasi akan membantu ASI keluar.

Intinya, lakukan gerakan pijat dan raba lembut payudara lalu perah. Saya menyarankan untuk tidak lebih dari 30 menit sekali melakukan marmet. Tujuannya untuk menghindari jenuh dan lelah pada tangan dan payudara.

Hal apa saja yang harus dihindari saat melakukan marmet?

  • Jangan meremas atau memijat payudara dengan keras dan kasar. Karena ASI tidak akan keluar, melainkan payudara yang akan merasa nyeri.
  • Jangan menarik puting payudara karena dapat membuat payudara tidak higienis dan nyeri pada puting hingga rentan lecet. 

Berikut saya akan berbagi tentang kelebihan dan kekurangan dalam melakukan marmet, menurut pengalaman saya, ya mommies.

Kelebihan melakukan marmet :

  • Murah dan gratis karena tidak perlu membeli pompa ASI
  • Tidak perlu memikirkan dan lelah mencuci dan mensteril alat pompa ASI

Kekurangan melakukan marmet :

  • Tidak bisa mobile dan no handfree ya Moms, karena yang bekerja adalah tangan kita sendiri.
  • Rentan ASI menjadi tidak higienis jikalau Moms tidak menjaga kebersihan tangan dalam memerah ASI. 

Hal penting yang perlu diingat sebelum melakukan teknik marmet, pastikan tangan Moms bersih dan alat-alat penampung ASI juga bersih dan steril. Walaupun sudah terbiasa menggunakan pompa ASI, usahakan bahwa anda juga menguasai teknik marmet, guna untuk berjaga-jaga jikalau pompa rusak atau listrik padam. Marmet juga bisa membantu pengosongan payudara lebih optimal setelah di pompa dengan alat pompa.

Semoga bermanfaat.

By: Sasa Abie

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

794 Sasa Abie

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.