Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memilih Tempat Minum yang Tepat untuk si Kecil

BABY  |  BRANDS  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  TODDLER  |  04 Dec '19


Masa MPASI adalah masa yang menyenangkan untuk si Kecil. Sebab, di masa ini ia tidak hanya diperkenalkan dengan makanan dan minuman yang baru, tetapi juga media makan dan minum yang baru. Untuk minum, misalnya, kita sudah bisa memberikan ia media selain botol susu. Hal ini tentunya tidak hanya membuat si Kecil semangat, kita sebagai orang tua tak jarang ikut bersemangat dalam mencarikan botol minum untuk si Kecil.

Namun, memilih botol minum yang tepat untuk si Kecil terkadang sedikit menantang, ya, Moms. Ada banyak jenis dan bentuk botol minum bayi dan balita yang di jual di pasaran yang membuat kita semakin galau dalam memilihnya. Agar tidak bingung, yuk, ikuti tips memilih botol minum yang tepat untuk si Kecil!

Ada banyak jenis dan bentuk botol minuman untuk si Kecil, mulai dari sippy cup, sedotan, hingga yang berbentuk gelas. Jenis-jenis botol minuman tersebut dapat diberikan sesuai dengan usianya. 

Untuk Bayi 6 Bulan

Setiap anak berbeda-beda. Beberapa dari mereka mungkin langsung tertarik untuk belajar minum dari gelas bayi seperti gelas 360. Namun, tidak sedikit pula yang perlu dilatih sedikit demi sedikit. Jika si Kecil masih menolak minum dengan training cup atau gelas bayi, Moms dapat memberi si Kecil botol transisi terlebih dahulu. Botol transisi memiliki bentuk langsing seperti botol susu biasa tetapi dilengkapi dengan spout seperti pada sippy cup. Botol transisi diberikan agar peralihan dari botol susu ke training cup bisa lebih mudah.

Jika si Kecil sudah terbiasa dengan bentuk spout, Moms dapat melatih si Kecil minum ke tahap selanjutnya yaitu menggunakan straw cup. Pastikan sedotan pada cup si Kecil terbuat dari bahan yang lembut agar tidak melukai gusi dan area mulutnya.

Cup dengan sedotan juga sangat praktis untuk dibawa bepergian. Si Kecil dapat minum dengan nyaman tanpa khawatir tumpah. Straw cup juga dapat digunakan untuk minum susu sehingga si Kecil dapat lepas dari botol susu.

Tidak sedikit pula si Kecil yang ingin langsung minum dari gelas. Moms tetap bisa memberinya gelas khusus bayi yang seperti gelas 360 tanpa memberikan spout dan sedotan. Namun, berikan ia gelas 360 yang dilengkapi valve silicone anti tumpah sehingga si Kecil bisa belajar minum dari gelas dengan nyaman.

Apapun jenis botol minuman yang disukai si Kecil, pastikan tempat minum yang dipakai si Kecil memiliki handle atau pegangan. Selain bisa digunakan untuk menstimulasi motorik halus si Kecil, pegangan pada tempat minum juga bisa mempermudah si Kecil dalam menggenggam tempat minum bayi.

Untuk Bayi 12 Bulan

Memasuki usia 12 bulan, kemampuan minum si Kecil tentunya sudah semakin meningkat. Ia juga memerlukan cairan yang lebih banyak. Moms dapat menggunakan straw cup dengan kapasitas lebih besar.

Di usianya yang ke 12 bulan ini, Moms dapat fokus mengajarkan si Kecil untuk mulai terbiasa menggunakan sedotan. Sebab, menurut Debra C. Lowsky, ahli patologi bahasan dan wicara, sedotan merupakan cara yang sederhana namun efektif untuk melatih keterampilan oral motor anak. Melatih si Kecil minum dari sedotan dapat melatih kekuatan otot pipi, koordinasi menghisap-menelan-bernafas, melatih gerak bibir, retraksi lidah serta melatih kekuatan otot wajah dan mulut.

Moms dapat memilih straw cup yang terbuat dari bahan Polypropylene yang aman. Pastikan juga straw-nya terbuat dari bahan Medical Grade Silicone yang lembut. Selain itu, kapasitas botol yang cukup besar juga harus diperhatikan untuk menjaga kecukupan asupan cairan si Kecil.

Sebelum membelikan si Kecil straw cup, pastikan cup tersebut terbuat dari bahan yang aman seperti plastik Polypropylene (PP) untuk botolnya serta Medical Silicone Grade untuk sedotannya. Pilihlah juga botol yang ringan, kuat, dan anti tumpah.

Bagaimana Moms? Sekarang sudah tahu mau beli tempat minum yang mana untuk si Kecil?

Referensi: ARK TherapeuticARK Therapeutic

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1303 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Merawat Rambut Si Kecil agar Lebih Hitam dan Lebat

Bagaimana, sih, cara merawat rambut bayi agar lebih hitam dan lebat?

Pentingnya Playmat untuk Alas Bermain si Kecil

Playmat ini adalah mampu merangsang kemampuan sensorik dan merangsang kemampuan kognitif si Kecil.