Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memilih Dokter Kandungan

PREGNANCY  |  20 Jun '19


Sebelum mendapatkan hasil testpack positif, saya sudah mulai mencari dokter kandungan. Saya mulai bertanya-tanya kepada teman dan saudara yang pernah hamil. Nah kalau kata orang dokter kandungan laki-laki biasanya lebih pintar dan telaten dibanding dokter perempuan. Tapi saya lebih srek untuk memilih dokter kandungan perempuan karena dalam bayangan saya risih saja jika harus diperiksa dokter laki. Padahal suami saya oke-oke saja meskipun dokter laki tapi semua keputusan diserahkan kepada saya.


Apa saja sih pertimbangan saya dalam memilih dokter kandungan?

1. Dokter pro normal, pro asi, pro IMD
Karena dari awal bahkan sebelum tahu kalau hamil, nanti kalau lahiran mau normal saja karena jujur saya takut harus masuk ruang operasi dengan segala pisau pisaunya. Di jaman sekarang banyak lho dokter yang lebih menyarankan untuk caesar kalau kata orang yg pro normal karena lahiran caesar bayarannya lebih mahal disamping masalah kesehatan. Jadi dari awal saya mencari dokter pro normal, paling tidak dari awal kita akan di sugesti hal-hal yang positif untuk lahirn normal otomatis kita juga akan bersemangat. Selain itu penting untuk memilih dokter yang pro asi dan pro imd karena banyak jg dokter yang tidak pro asi dan tidak melakukan imd setelah lahiran. Padahal penting banget lho imd ini juga untuk menstimulasi payudara untuk segera memproduksi asi.

2. Dokter praktek di rumah sakit yang memiliki reputasi baik
Dokter yang kita pilih akan berhubungan dengan rumah sakit dimana kita akan melahirkan nantinya. Cari referensi rumah sakit yang dokter tersebut praktek dan sesuai dengan kita. Tidak ada salahnya juga meminta saran dari teman atau saudara yang pengalaman. Pastikan RS mendukung IMD dan ASI eksklusif, punya fasilitas lengkap dan bereputasi baik. Jangan lupa cek juga fasilitas bersalin dirumah sakit tersebut.

3. Jarak dan budget terjangkau
Memilih praktek dokter dan rumah sakit yang dekat dengan rumah. Kalau kejauhan cukup merepotkan kalau nanti melahirkan suami riwa riwi dan butuh waktu lebih untuk kerumah sakit dan pulang. Belum lagi kalau setiap bulan kontrol kandungan harus menempuh jarah jauh dan antri, kalau saya tidak mau karena bisa kelelahan dijalan. Terus harus sesuai dengan budget ya karena biaya melahirkan tidak lah murah, nah kalau bisa yang bisa pakai BPJS.

4. Tidak antri
Biasanya dokter senior antrinya bisa berjam-jam. Bahkan ambil nomernya harus beberapa hari sebelumnya bahkan sebulan juga ada lho. Kalau saya lebih memilih dokter yang sudah berpengalaman, memiliki testimoni baik, tidak terlalu antri. Poin penting antri ini paling malas karena capek lho antri itu apalagi dalam kondisi hamil tidak boleh duduk terlalu lama bisa bikin punggung sakit.

5. Bisa berkomunikasi dengan baik
Sebagai dokter kandungan yang nantinya akan menemani perjalanan kita hamil sampai melahirkan alangkah baiknya memilih dokter yang mudah untuk dihubungi. Jadi kita mau tanya tentang kehamilan dan keluhan si dokter responnya cepat tanggap. Kalau bisa sekarang ada dokter yang bisa dihubungi lewat whatsapp lho, sewaktu-waktu urgent bisa langsung chat dokter dengan cepat.


Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1125 Sherly ocktavia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Demam Berdarah saat kehamilan

Demam Berdarah saat kehamilan Kali ini saya mau sharing pengalaman tiba2 kena demam berdarah saat kehamilan saya baru 28 minggu di bulan [...]

Ikhtiar Melahirkan Normal

Karena segalanya perlu diupayakan, begitu juga dengan proses persalinan. Betul tidak moms? Waktu hamil dulu, saya ingin sekali melahirkan secara [...]

Manfaat Berbicara dengan Janin Dalam Kandungan

Waktu hamil dulu sering mengajak ngobrol dedek bayi tidak moms? Nggemesin ya ngobrol sendiri sama bayi, apalagi kalau pas elus-elus perut terus [...]

Kelahiranmu, Keajaiban Bagiku

Tentang cerita persalinanku, bagi banyak orang mungkin biasa saja, tidak ada yang istimewa. Bukan persalinan ekspres, bukan pula persalinan [...]

HIPERSALIVASI Saat Kehamilan Pertama

Waktu trimester pertama aku hamil rasa mual itu sudah pasti aku alami. Lama kelamaan rasa mual itu terasa makin menjadi-jadi, muntah ketika [...]

Pregnancy Badge

Halo moms! Nama saya Banni Bestina, dan kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menggunakan pregnancy badge di Jepang (pre-pandemi).

Memulai Kenyamanan Hidup Dengan Memilih Pakaian Dalam Sorella

Kenyamanan hidup bisa kita mulai dari diri sendiri, dan mood merupakan salah satu yang menentukan kenyamanan yang akan kita rasakan. Jika kita [...]

Tips Menjaga Penampilan Meskipun Sudah Melahirkan...

Tips Menjaga Penampilan Meskipun Sudah Melahirkan 9 dari 10 moms yang sudah melahirkan, pasti merasa bentuk tubuhnya sudah berubah dan tidak [...]

Pengalaman Melahirkan Normal dengan Minus Mata Tin...

Pengalaman Melahirkan Normal dengan Minus Mata Tinggi Hai Moms, apa kabarnya nih Moms? Semoga selalu diberi kesehatan ya Moms. Nah, dalam [...]

MY STORY WITH BRANDS SARIPATI AYAM

Halo moms semua.. Let me sharing ya tentang storyku bersama BRANDS Saripati Ayam. Sebelumnya produk apa sih ini? Jadi ini adalah uplemen [...]

Untuk Bunda-bunda yang sedang bersedih karena kegu...

Untuk Bunda-bunda yang sedang bersedih karena keguguran... I felt you. Terutama ditambah dengan situasi pandemi seperti ini, tapi kita tidak [...]

#SiapJagaImun Bersama BRAND's Saripati Ayam

Jadi ibu itu kadang perlu egois. Kalo gak egois, kita gak bisa jadi diri sendiri. Kalo gak egois, kita akan selalu mengiyakan kata orang lain [...]

Tips Menghadapi Stres Pada Bumil

Bismillah setelah kita mengetahui faktor dan dampak stres pada ibu hamil. Berikut ada beberapa tips yang bisa moms ikuti. 1. Menghirup aroma [...]

Dampak Stres Pada Bumil

Bismillah Melanjutkan sharing sebelumnya ummi sarah mau sharing mengenai dampak dan tips stress pada bumil, yuks kita simak moms. Stress pada [...]

Faktor Stress Pada Bumil

Bismillah Ketika tiba masa kehamilan merupakan moment yang tidak pernah bisa dilupakan oleh setiap moms, moms akan hidup bersama bayi yang ada [...]

Secepat ini dirimu hadir, Nak...

Secepat ini dirimu hadir, Nak... Setiap bulan selalu pantengin kalendar, ini udah resiko sebagai seorang Ibu tanpa KB. Cuma mengandalkan [...]

Payudara Membengkak Saat Hamil Muda, Apakah Wajar?...

Payudara Membengkak Saat Hamil Muda, Apakah Wajar? Hai moms semua, sudah lama nih aku tidak sharing di babyo. Kangen sekali rasa nya. Sudah [...]

Rekomemdasi Pompa Asi BERDEE S2 Design ergonomis yang mewah dan compact

Hallo teman-teman, saya mau merekomendasikan Pompa ASI Berdee S2 kpd teman2 tercinta ku, ini foto diambil sudah lama 😆 dan semuanya skrg sudah m [...]

Proses Persalinan yang Tidak Terduga

Aku inget betul waktu itu hari rabu, 18 oct 2017 pagi, usia kandungan sudah 37 minggu. entah kenapa hari itu tiba-tiba malas bangun padahal [...]

My First Pregnancy Apa gejala kehamilanku? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Mau sharing sedikit tentang kehamilan pertamaku.. Apa aja sih yang aku alami dari mulai tau aku hamil sampai sekarang menginjak hampir 8 bulan? [...]