Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Asam Folat Selama Menyusui

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  05 Dec '18

Pada saat hamil dan menyusui, wanita mengalami perubahan hormon yang meningkat pesat, termasuk juga dengan meningkatnya kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui sekitar 10% hingga 50% dibandingkan dengan wanita yang tidak sedang hamil dan tidak menyusui.

Ibu menyusui diharuskan untuk mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya, karena jika tidak dipenuhi dan kekurangan nutrisi tertentu, maka akan menimbulkan masalah kesehatan pada ibu menyusui maupun pada bayi yang sedang menyusu.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui dan wajib dicukupi kebutuhannya. Selain asupan asam folat, Moms juga harus tetap memenuhi kebutuhan gizi yang lainnya.

Fungsi asam folat

Asam folat merupakan nutrisi yang mampu membantu pembentukan sel darah merah, meningkatkan kadar Hb dan untuk membantu perkembangan otak pada bayi serta mencegah kerusakan spina bifida. Selain itu, asam folat juga memiliki manfaat untuk mencegah gangguan jantung, kerusakan pada sumsum tulang belakang dan cacat pada saluran kemih bayi.

Ibu hamil yang mengalami kekurangan asam folat akan menyebabkan masalah anemia atau sering dikenal dengan kurang darah, juga bisa memicu gangguan pada jantung.

Sumber nutrisi

Pada saat sedang menyusui, Moms membutuhkan asupan asam folat sebanyak 300, 500 hingga 600 mcg. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam folat.

Sumber asupan asam folat alami bisa Moms dapatkan dari sayur-sayuran seperti brokoli, kecambah, rumput laut, dari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, padi-padian, biji gandum, dan dari buah-buahan seperti buah jeruk, alpukat, daging merah dan hati ayam.

Kebutuhan asam folat juga bisa didapatkan dari suplemen atau vitamin-vitamin medis yang biasanya juga didapatkan saat setelah melahirkan atau saat masih hamil. Kebutuhan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui cukup tinggi, sehingga tidak bisa hanya didapatkan dari asam folat alami saja, sebaiknya didapatkan juga dari suplemen atau vitamin.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

62 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories