Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

MY STORY  |  01 Oct '20


Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita? Kapan terakhir kali kita menyanyikan lagu Indonesia Raya atau Indonesia Pusaka? Ataukah ada rasa ingin untuk ganti kewarganegaraan? Mungkin rasa kecewa itu ada terbersit ataupun sudah mengangga terbuka. Tapi, bukankah semua terjadi atas seijin Yang Kuasa.

Ada sebuah video yang di unggah ke youtube. Kepala negara Indonesia yang terdahulu berbicara mengenai bagaimana remaja harus di upayakan memiliki cinta kepada negri sendiri. Hal ini menggelitik bahwasanya nasionalisme perlu di tumbuhkan semenjak kecil.

Semenjak anak - anak ini ada di dalam dunia.

Nasionalisme atau rasa cinta terhadap negara harus di berikan role model dan pengarahan. Tidak bisa timbul dengan paksaan. Harus secara natural dari dalam diri anak. Bagaimana caranya?

1. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Sekarang ini banyak dari kita yang justru lebih fasih berbahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Nah, ini buat sebuah bahan renungan juga, dimana kita tinggal, bahasa tersebut hendaknya juga di kuasai oleh kita. Begitupula dengana anak - anak.

2. Jalan - jalan di Indonesia
Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak destinasi turis mancanegara. Jangan sampai kita sudah ke Tokyo tapi belum menjelajahi Manado. Jangan sampai kita sudah ke Afrika, tapi belum melihat indahnya Raja Ampat. Dengan kita berpelesih di Indonesia, maka kekayaan yang dimiliki akan terpapar dengan sendirinya kepada anak - anak kita. Salah satu tulisan dari Maria Montessori yang menunjukkan bahwa anak - anak perlu mengalami lingkungannya, dekat dengan lingkungannya supaya kelak dapat membantu memecahkan masalah sosial.

3. Bercerita mengenai kebudayaan Indonesia
Bukan kartun dan fantasi. Tapi cerita mengenai beragam budaya dan nama yang ada di Indonesia. Dari foto, gambar yang di print, sempatkan diri duduk dan bercerita kepada anak - anak di rumah dan di sekolah.

4. Ikut dalam pesta rakyat Indonesia
Jangan lewatkan momen - momen penting di Indonesia. Seperti Pemilihan Presiden, Perayaan 17 Agustus, dan lainnya. Ajak anak juga melihat prosesnya.

5. Rasa cinta yang anda miliki terhadap Indonesia akan tertransfer dengan mudahnya kepada anak - anak kita
Karena apa? Karena cinta yang kita miliki hendaknya terpancar dari tutur kata dan sinar mata kita.

6. Bermain permainan tradisional khas Indonesia
Ayoo...siapa yang tau permainan anak Indonesia apa saja? Jadi bukan hanya di text book saja harus hapal apa itu permainan cici nyamuk...atau permainan congklak... tapi betul-betul dibawa dalam keluarga.

Singkatnya, rasa cinta dan nasionalisme adalah sebuah percontohan yang perlu dialami terlebih dahulu oleh anak - anak semenjak dini. Kelak, merekalah generasi penerus bangsa. Satu nama, Indonesia.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

197 Montessori Haus Asia

Comments

LATEST POSTS

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.

Masih Waras di Rumah, Moms?

Moms yang saat ini masih tinggal bersama dengan mertua, mana suaranyaaaa?

Sudahkah Moms ‘Merdeka’ Memilih untuk si Kecil?

Sudahkah Moms merasa ‘merdeka’ dalam memilih barang untuk Moms maupun si Kecil?