Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Membuat MPASI Homemade? Apa Sih yang Perlu Diperhatikan?

FEEDING  |  MY STORY  |  01 Dec '19


Masa MPASI bagi buah hati bagi saya adalah masa yang menyenangkan sekaligus menantang. Tantangannya karena kita dituntut untuk membuat makanan yang sehat, enak, menarik agar anak suka dan lahap memakannya. Benar nggak moms? Ketika anak makan lahap, Ya Allah kenikmatan hakiki bagi seorang mama. Itu yang saya rasakan. Namun, ketika anak menolak makan alias GTM, rasanya sedih banget. Bingung pastinya. Di tengah kebingungan pun kita juga harus berpikir masak apa ya biar anaknya mau makan lagi.

Sebagai working mom, saya terkadang memberikan MPASI instan untuk si kecil tapi sejauh ini masih lebih banyak MPASI homemade nya. Mungkin saya tipe ibu yang paling nggak kreatif untuk membuat MPASI homemade tapi yang namanya untuk yang terbaik bagi si kecil apapun akan dilakukan. Beruntung sejak gabung di babyo saya jadi lebih banyak referensi moms untuk membuat makanan bagi si kecil. Anak kedua saya masih berumur 9 bulan jadi MPASI nya masih dalam bentuk bubur.

Saya mau share sedikit tips membuat MPASI homemade

1. Pemilihan bahan makanan yang tepat dan mencukupi nutrisi anak

Dalam membuat MPASI anak kita biasa mendengar istilah Menu tunggal, menu 4 bintang. Di awal MPASI biasanya ibu memberikan menu tunggal misalnya puree buah. Setelah itu baru memberikan bubur dengan cita rasa yang beragam. Maksudnya di sini dalam memberikan MPASI bagi anak, kita harus memastikan unsur karbohidrat, protein (hewani dan nabati), sayuran ada dalam makanan yang diberikan kepada si kecil. Dengan cukup nutrisi, sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Selain itu, usahakan memilih bahan seperti sayuran, daging-dagingan, ikan, dan buah yang masih fresh agar kandungan nutrisi dalam bahan makanan tersebut tidak berkurang.

2. Mencuci bersih bahan makanan yang akan dimasak

Sebelum mengolah bahan makanan untuk MPASI anak, sebaiknya cuci dan bersihkan terlebih dahulu agar zat-zat kimia yang mungkin menempel pada bahan makanan bisa hilang. Kita tahu sendiri kan moms, anak bayi sangat rentan terhadap hal-hal yang bisa membuatnya alergi. Jangan sampai karena cara membersihkan dan mengolah makanan yang tidak higienis membuat si kecil sakit seperti keracunan makanan atau mengalami diare.

Sebaiknya, ibu mencampurkan beras dengan satu jenis sayuran saja untuk masa perkenalan MPASI. Ini untuk dapat memperkenalkan dan membuat bayi terbiasa terhadap rasa sayuran tersebut. Ketika dia mulai bosan, baru ibu bisa menggantinya dengan rasa lain. Biasanya, ibu memilih brokoli, wortel, serta bayi menjadi sayuran pertama yang dibuat sebagai bibir tim.

3. Ada baiknya dalam membuat MPASI yang No Sugar No Salt

Di awal MPASI, sebaiknya makanan si kecil jangan diberikan garam atau gula dulu. Cukup dia merasakan rasa asli dari buah atau bubur yang diberikan. Anak saya jika diberikan puree buah, cuman ditambahkan ASIP agar anaknya tidak terlalu asing dengan makanan yang dimakannya. Jika bubur, saya hanya menambahkan bumbu aromatik (bawang merah dan bawang putih) agar lebih gurih. Selain itu, kita juga bisa membuat kaldu sendiri untuk tambahan perasa pada MPASI anak. Mengapa disarankan untuk no sugar dan no salt? Karena bayi berusia di bawah 1 tahun belum dapat mencerna makanan dengan baik. Begitupun penggunaan gula dimana bayi cenderung suka rasa manis. Jika sudah mengenal rasa manis gula sebelum waktunya, maka akan sulit mengurangi kadar konsumsinya ketika dewasa nanti. Kelebihan gula dapat membuat gangguan jantung dan anak bisa mengalami obesitas.

4. Sesuaikan tingkat kepadatan makanan dengan usia si kecil

Anak usia 6 bulan dengan 10 bulan tentu berbeda tekstur kepadatan makanannya. Jika masih 6 bulan tentu buburnya harus halus. Berbeda jika sudah umur 9 bulan ke atas. Anak saya Ghilman tekstur makanannya sudah agak kasar. Dia sudah mulai mengunyah-ngunyah makanan. Cara menghaluskan nya pun bisa dengan blender atau disaring.

5. Cara memasak yang tepat

Cara memasak MPASI juga sangat berpengaruh terhadap kandungan gizi bahan makanan yang dimasak. Kita harus tahu mana bahan makanan yang harus dimasak dan mana yang cukup dikukus saja. Misalnya kentang, wortel, labu, brokoli cukup dikukus saja agar nutrisinya tetap terjaga. Berbeda dengan beras, kita harus memasaknya agar menjadi bubur. Begitupula dengan daging-dagingan, cara masaknya tentu berbeda dengan sayuran.

Itu beberapa tips dari saya moms dalam menyiapkan MPASI untuk si kecil di rumah. Semoga bermanfaat ya moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

257 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Bahan MPASI dan Manfaatnya

Moms, membuat MPASI itu tidak serumit yang dibayangkan loh, bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan pangan lokal,

Resep Baso Sapi Homemade

Baso sapi cocok sekali dihidangkan bersama mie, sayuran & kuah kaldu yang panas, lengkap dengan taburan bawang goreng.

Resep MPASI: Misua Kuah Udang

Memasuki musim hujan, paling nikmat kalau makan makanan yang berkuah ya Moms.

Resep MPASI: Egg Drop Soup

Moms ingin menaikkan berat badan si Kecil? Yuk coba buatkan MPASI berbahan dasar telur

Resep MPASI: Gulai Ikan Dori

Sejak MPASI 6 bulan, saya sering menggunakan ikan dori fillet sebagai protein hewani untuk anak saya.

Resep MPASI: Bakmi Godog

Mie adalah masakan andalan saya kalau sedang bingung mau masak apa dan atau saat si Kecil tidak mau makan nasi.

Bakso Oat Spesial untuk MPASI si Kecil

Moms butuh referensi membuat makanan yang kuah-kuah untuk MPASI si Kecil?

Tumis Udang Asam: Penambah Selera Makan Ghaitsa

Sering kali kita kewalahan menghadapi anak-anak yang tiba-tiba selera makannya jadi menurun.

Resep MPASI High Calorie: Nasi Gurih Telur Dadar

Halo Moms, butuh ide makanan yang tinggi kalori dan nutrisi yang sudah mengandung komponen lengkap?

Resep MPASI : Bening Bayam Merah Jagung Manis dan Telur Puyuh (12m+)

Di masa pertumbuhan anak membutuhkan cukup zat besi untuk pertumbuhan nya.

Resep MPASI Pepes Ikan & Tahu

Buat MPASI ikan yuk Moms, ikan kaya akan omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil

Camilan MPASI: Terong Goreng Keju

Pernahkah Moms memberikan terong sebagai santapan bagi si kecil?

Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Mommy perlu banget nih mengatur dengan benar jadwal menu MPASI si kecil agar kelak dia makan teratur

Resep MPASI: Nugget Nasi, Solusi Anak GTM & Susah Makan Nasi

Buat moms yang anak nya ga suka makan nasi, bisa banget ni buat nugget nasi di rumah

Sup Jagung Creamy

Kesempatan kali ini aku mau berbagi resep andalanku yang bisa membuat si Kecil lahap saat makan

Anak Sudah 3 Tahun, Apakah Tetap Ada Larangan Makanan?

Banyak sekali yg bilang : "Dastan udah 3 tahun masak gak boleh makan ciki?"

Stir Fry Egg & Tomato

Sebelum malem mingguan, share resep dulu yahh.. ini buatnya gampang banget & bisa dimakan semua orang di rumah.

Memberikan MPASI Fortifikasi a.k.a Instan ke Bayi? Kenapa Tidak?

Ada beberapa keuntungan menggabungkan MPASI homemade dan MPASI terfortifikasi, apa saja?

Pisang Saus Karamel, Camilan Kaya Manfaat untuk si Kecil

Moms, si Kecil suka ngemil? Saya suka mencari kreasi buah-buahan supaya menyiasati agar anak saya mau makan buah.

Camilan MPASI: Martabak Mie

Ada kalanya anak bosan makan mie dengan cara itu-itu saja saya pun menyulap mienya jadi hidangan lain