Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Membersihkan Lidah Bayi Dengan Madu?

HEALTH TIPS  |  21 Aug '17

Madu adalah makanan yang mengandung banyak manfaat dan gizi yang baik. Beberapa ahli menyatakan jika madu dapat berfungsi baik sebagai antibiotik untuk memerangi bakteri dalam tubuh. Sehingga seringkali masyarakat Indonesia menggunakan madu untuk membersihkan lidah putih pada bayi yang berusia dibawah satu tahun.

Meski demikian pemberian madu pada bayi dibawah satu tahun saat ini masih menjadi kontroversi. Sebuah lembaga kesehatan dunia yang berpusat di Amerika menyatakan bahwa pemberian madu tidak diperkenankan diberikan kepada anak dibawah usia satu tahun, sementara itu sebagian masyarakat beranggapan bahwa madu boleh-boleh saja diberikan kepada anak dibawah usia satu tahun.

Pemanis alami yang berasal dari lebah ini diduga mengandung spora Clostridium Botulinum yang diperoleh ketika lebah mengambil makanan dari tanah atau tumbuhan. Spora Clostridium Botulinum yang terdapat pada madu akan dapat bertahan hidup pada usus dan mengeluarkan racun botulinum.

Pada dasarnya senyawa botulinum tidak berbahaya untuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan pencernaan orang dewasa memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi untuk menghilangkan efek racun dari senyawa botulinum. Hanya saja, berbeda halnya pada bayi dengan usia kurang dari satu tahun, organ pencernaan bayi diusia ini masih belum matang, termasuk kadar asam dalam usus yang masih begitu lemah sehingga belum cukup kuat dalam menangkal efek dari racun botulinum yang ada pada madu. 

Pemberian madu diperkenankan jika usia bayi telah lebih dari satu tahun, pada usia ini pencernaan bayi akan cukup matang dalam mencerna madu dan menangkal racun dari senyawa botulinum yang ada pada madu. 

Membersihkan lidah bayi yang putih dapat menggunakan wipes khusus yang mengandung bahan-bahan alami atau menggunakan kassa yang dicelupkan ke air. 

By: Kevala Casabela 

BACA JUGA: Kaki Bengkak Saat Hamil

437 kevala casabela Send Message to Writer