Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memberikan MPASI Fortifikasi a.k.a Instan ke Bayi? Kenapa Tidak?

FEEDING  |  MY STORY  |  21 Nov '19


Siapa disini yang memberikan MPASI fortifikasi ke bayinya? Meskipun anak pertama, saya memang tidak strict harus selalu membuat MPASI homemade untuk Rubi. Dan meskipun saya adalah SAHM alias tinggal di rumah ol the taim, saya juga kadangkala tidak punya waktu untuk membuat MPASI homemade. Apalagi Rubi masih mengalami separation anxiety, maunya gelendotan sama saya, repot kalau harus menyiapkan bahan dan memasak untuknya. Nah, jika sudah begitu, solusinya apa? Ya MPASI fortifikasi.

MPASI fortifikasi sangat aman diberikan pada bayi mulai 6 bulan. Dalam MPASI fortifikasi sudah ditambahkan zat dan vitamin yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya. MPASI homemade belum bisa memenuhi seluruh zat dan vitamin yang dibutuhkan oleh bayi, sehingga membutuhkan tambahan.

Sejauh ini saya sudah mencoba 2 (dua) merek MPASI fortifikasi yaitu Promina Ayam Kampung Brokoli Keju dan Cerelac Ayam Bawang. Soal rasa, Rubi kurang suka ya rasa Promina dan setelah saya icipi pun memang rasa kejunya terlalu dominan, jadi Rubi mungkin merasa eneg. Sedangkan saat makan Cerelac, Rubi lumayan suka Moms karena tidak ada tambahan keju. Tapi saat makan MPASI homemade, meskipun ada tambahan keju yang cukup banyak, Rubi tetap mau makan lho. Aneh ya. Hehe. Entahlah, saya juga masih belum paham preferensi Rubi sampai detik ini. Saya masih meraba-raba.

Jauh sebelum memulai MPASI, saya memang tidak mau membebani diri saya untuk selalu dapat membuat MPASI sendiri. Saya sadar betul bahwa saya belum tentu mampu karena saya pun kurang pandai memasak. Dan setelah "berguru" dari DSA, ternyata MPASI fortifikasi pun juga boleh saja diberikan ke bayi, asalkan tidak setiap kali makan diberikan ke bayi. Pemberian MPASI fortifikasi bisa diselang-seling dengan MPASI homemade. Saya biasanya memberikan MPASI fortifikasi tiap dua hari sekali, untuk makan malam.

Ada beberapa keuntungan menggabungkan MPASI homemade dan MPASI terfortifikasi, apa saja?

- Zat dan vitamin tambahan

Dalam MPASI fortifikasi ini ada beberapa vitamin yang mungkin tidak dapat ditemukan dalam MPASI homemade. Dan kalaupun ada, jumlah dan kadarnya belum dapat memenuhi kebutuhan zat dan vitamin untuk tumbuh kembang bayi.

- Si Kecil akan bisa beradaptasi

Bisa dibayangkan ya Moms saat sedang bepergian lama (liburan misalnya), kita harus menyiapkan MPASI homemade untuk si Kecil betapa repotnya nanti. MPASI fortifikasi sangat bisa menjadi solusi lho. Ada bayi yang terbiasa dengan MPASI homemade dan ketika diajak bepergian lama tidak mau makan yang fortifikasi.

- Praktis

MPASI fortifikasi sangat praktis karena tinggal ditambahkan air panas. Saat bepergian pun air panas juga mudah didapatkan. Kalau pergi hanya beberapa jam, bisa bawa termos sendiri.

- Higienis

Idk proses di pabriknya, tapi saya yakin higienis. Yang saya maksud disini adalah proses persiapan dan pengolahan MPASI di rumah. Menyiapkan MPASI homemade terutama untuk bayi dibawah 12 bulan itu harus benar-benar higienis, bahkan ada beberapa peralatan yang harus disterilkan terutama alat-alat masak dan makan. Ini ribet loh Moms, kecuali kalau Moms punya UV sterilizer, itu akan sangat membantu. Tapi bagi Moms yang tidak punya ya harus cara konvensional.

Adakah mommies yang menggabungkan MPASI homemade dengan MPASI fortifikasi seperti saya?

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

259 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Bahan MPASI dan Manfaatnya

Moms, membuat MPASI itu tidak serumit yang dibayangkan loh, bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan pangan lokal,

Resep Baso Sapi Homemade

Baso sapi cocok sekali dihidangkan bersama mie, sayuran & kuah kaldu yang panas, lengkap dengan taburan bawang goreng.

Resep MPASI: Misua Kuah Udang

Memasuki musim hujan, paling nikmat kalau makan makanan yang berkuah ya Moms.

Resep MPASI: Egg Drop Soup

Moms ingin menaikkan berat badan si Kecil? Yuk coba buatkan MPASI berbahan dasar telur

Resep MPASI: Gulai Ikan Dori

Sejak MPASI 6 bulan, saya sering menggunakan ikan dori fillet sebagai protein hewani untuk anak saya.

Resep MPASI: Bakmi Godog

Mie adalah masakan andalan saya kalau sedang bingung mau masak apa dan atau saat si Kecil tidak mau makan nasi.

Bakso Oat Spesial untuk MPASI si Kecil

Moms butuh referensi membuat makanan yang kuah-kuah untuk MPASI si Kecil?

Tumis Udang Asam: Penambah Selera Makan Ghaitsa

Sering kali kita kewalahan menghadapi anak-anak yang tiba-tiba selera makannya jadi menurun.

Resep MPASI High Calorie: Nasi Gurih Telur Dadar

Halo Moms, butuh ide makanan yang tinggi kalori dan nutrisi yang sudah mengandung komponen lengkap?

Resep MPASI : Bening Bayam Merah Jagung Manis dan Telur Puyuh (12m+)

Di masa pertumbuhan anak membutuhkan cukup zat besi untuk pertumbuhan nya.

Resep MPASI Pepes Ikan & Tahu

Buat MPASI ikan yuk Moms, ikan kaya akan omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil

Camilan MPASI: Terong Goreng Keju

Pernahkah Moms memberikan terong sebagai santapan bagi si kecil?

Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Mommy perlu banget nih mengatur dengan benar jadwal menu MPASI si kecil agar kelak dia makan teratur

Membuat MPASI Homemade? Apa Sih yang Perlu Diperhatikan?

Masa MPASI bagi buah hati bagi saya adalah masa yang menyenangkan sekaligus menantang

Resep MPASI: Nugget Nasi, Solusi Anak GTM & Susah Makan Nasi

Buat moms yang anak nya ga suka makan nasi, bisa banget ni buat nugget nasi di rumah

Sup Jagung Creamy

Kesempatan kali ini aku mau berbagi resep andalanku yang bisa membuat si Kecil lahap saat makan

Anak Sudah 3 Tahun, Apakah Tetap Ada Larangan Makanan?

Banyak sekali yg bilang : "Dastan udah 3 tahun masak gak boleh makan ciki?"

Stir Fry Egg & Tomato

Sebelum malem mingguan, share resep dulu yahh.. ini buatnya gampang banget & bisa dimakan semua orang di rumah.

Pisang Saus Karamel, Camilan Kaya Manfaat untuk si Kecil

Moms, si Kecil suka ngemil? Saya suka mencari kreasi buah-buahan supaya menyiasati agar anak saya mau makan buah.

Camilan MPASI: Martabak Mie

Ada kalanya anak bosan makan mie dengan cara itu-itu saja saya pun menyulap mienya jadi hidangan lain