Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Membelikan Mainan Dapat Mempengaruhi Kepribadian Anak

GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  08 Feb '19

Sejatinya setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya dari mulai kebutuhan sandang, pangan dan papan. Dalam pemenuhan kebutuhan papan, orang tua rela mengeluarkan banyak uang untuk membelikan mainan seperti mobil-mobilan, boneka, robot dan lainnya.

Kebiasaan orang tua jaman sekarang adalah dengan mudahnya membelikan mainan anak tanpa sadar, karena egonya dahulu tidak pernah dibelikan mainan. Kemudian sebagian orang tua juga tak segan membelikan mainan yang mahal dan bermerek mewah demi popularitas sang orang tua, karena dapat memberikan mainan super mahal namun masa aktif bermainnya tidak lama, atau membelikan gadget untuk anaknya agar sang buah hati melek terhadap dunia luar (internet).

Pemilihan mainan untuk anak seharusnya dipikir matang-matang oleh para orang tua karena efeknya dapat membawa dampak baik maupun buruk. Dampak baik terhadap anak apabila dibelikan mainan anak dengan cara yang mudah yaitu anak menjadi kreatif dan dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya karena bisa berbagi mainan, sedangkan dampak buruknya adalah anak cenderung lebih "bossy" apabila kita tidak membelikan mainan yang dia inginkan dan anak lebih cuek terhadap mainannya.

Oleh karena itu supaya mendapatkan dampak yang baik terhadap anak, sebaiknya gunakan gaya pemenuhan papan anak dengan cara pendekatan (persuasif) agar anak lebih paham bagaimana dan kapan akan mendapatkan mainan yang dia inginkan.

Gaya persuasif ini juga dapat melatih anak lebih sabar, melatih anak lebih bertanggung jawab dan melatih anak lebih menghargai orang tuanya. Cara ini sangat ampuh karena anak hanya butuh diterangkan pelan, jelas, namun pasti sehingga dia paham. Dari baik-buruknya sebuah pemberian mainan terhadap anak pada hakikatnya anak tidak ingin memiliki banyak mainan, namun dia hanya ingin orang tua ikut bermain bersamanya untuk membantu tumbuh kembangnya di masa mendatang karena mainan yang terbaik untuk anak hanya bersama orang tuanya.

 

Semoga bermanfaat.

By: Mega Risti andarini

Copyright by Babyologist

960 Mega Risti andarini Send Message to Writer

Related Stories