Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memanfaatkan New Normal di Rumah dengan New Happy Routines Bersama Anak

MY STORY  |  24 Jul '20


Selama pandemi ini, sebelumnya aku dan anak memang lebih banyak di rumah. Namun, karena kondisi seperti ini, kami yang biasanya tiap minggu keluar rumah sekedar bermain atau ke mall untuk refreshing harus ditiadakan sampai kondisi normal. Bukan new normal yaa, Moms. Sebelum pandemi, aku melahirkan anakku di bulan Februari, sebulan setelah itu pandemi mulai dan mengharuskan di rumah karena anak-anakku masih dibawah 8 tahun. Anak pertama baru berumur 1 tahun 7 bulan, yang kedua baru mau 6 bulan. Kegiatan bersama anak pasti berubah drastis. Biasanya aku bisa pergi ajak anak jalan-jalan, tapi sekarang paling hanya di rumah.

Tidak jarang anakku yang pertama yang sedang mulai aktif-aktifnya pasti bosan dan suka rewel kalau sudah bosan dan mau melakukan aktifitas lain. Sebagai orang tua, harus pinter mutar otak agar anak tidak bosan nih. Selama pandemi sebenarnya kegiatan di rumah masih sama tapi ada banyak kegiatan bersama anak yang belum pernah atau jarang dilakukan, jadi sering kita lakukan selama pandemi ini. Contohnya, seperti memijat anak. Biasanya kalau untuk pijat, aku panggil bidan khusus yang sudah biasa pijat anak pertamaku sejak lahir. Tapi karena pandemi, jadi sekarang lebih suka pijat sendiri. Biasanya sebelum mandi atau setelah mandi. Pijat biasanya pakai baby oil atau hand body baby.

Kalau untuk bermain bersama anak, sebelum pandemi juga sudah sering bermain bersama anak. Tapi karena sekarang anakku yang pertama sedang aktif, jadi banyak mainan anak yang baru aku belikan untuk bermain di rumah. Agar sekalian melatih motorik anak, aku lebih suka beli mainan edukatif. Seperti blok warna warni, puzzle, poster edukatif, mainan buah-buahan atau cue card. Terkadang aku juga membuat sensory play untuk anakku, seperti bermain di dalam kolam kecil yang berisi tepung dan di dalamnya ada mainannya juga seperti bola warna warni dan hewan-hewan. Itu untuk kakaknya yang berumur 1 tahun 7 bulan. Oh, iya, untuk si kakak karena sudah mulai berbicara jadi sering aku ajak mengobrol dan mengajarkan kosa kata baru.

Untuk adeknya, aku masih pakai media yang mudah dan sama dengan kakaknya dulu, seperti buku cerita, buku bergambar dan boneka rattle atau yang terdapat tekstur beraneka jenis agar melatih sensoriknya juga. Nah, terkadang si kakak suka usil nih mau ikutan main sama adeknya. Jadi, pas adek lagi asik main, terkadang boneka rattle atau mainan adek yang lain mau diambil juga. Begitu juga sebaliknya, kalau kakak sedang asik sendiri si adek samperin dengan guling-guling ke arah si kakak terus entah kaki kakaknya di emut atau tangannya. Terkadang suka lucu lihat tingkahnya, apalagi karena dua-duanya masih belum paham satu sama lain karena jarak umurnya dekat. Nanti kalau sudah capek, biasanya tidur bareng tapi dua-duanya harus dikelon sama Ibuknya.

Selain itu, biasanya rutin tiap minggu pasti anak-anak ada kegiatan berenang di rumah dengan kolam sendiri. Karena tidak bisa berenang di kolam umum jadi lah berenang di rumah aja. Alhamdulillah, bisa menghilangkan bosan dan bisa lebih bonding sama anak juga. Sudah gitu karena Bapaknya juga di rumahkan pekerjaannya, jadi lebih sering ikutan bermain daripada sebelum pandemi.

Mengingat tanggal 23 Juli ini adalah Hari Anak Nasional, yuk, Moms, tetap dampingi buah hati kita untuk tumbuh sehat dan pintar. Bermain bersama orang tua lebih baik loh Moms, karena membantu pertumbuhan si kecil lebih baik dari segi fisik dan mental. Manfaatkan kondisi #di rumahaja dengan baik, salah satunya menghabiskan waktu dengan anak-anak dengan bermain bersama. Yang anak-anaknya sudah sekolah, jangan lupa tetap ajak bermain sesuai umurnya ya Moms atau bisa melakukan aktifitas lain bersama. Jangan lupa anak-anak harus diberikan makanan sehat dan vitamin agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Ciptakan suasana bahagia juga di rumah, karena percaya atau tidak, lingkungan yang bahagia tuh membantu menjaga imun kita juga. Stay healthy and always happy yaa!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

61 Alifia Annisa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms & Dads, Lakukan Kegiatan Bersama Si Kecil Yuk!

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Moms & Dads lakukan bersama Si Kecil. Apa saja manfaat yang didapatkan Moms & Dads saat melakukan kegiatan [...]

Kegiatan Bersama Anak Selama Adaptasi Kebiasaan Baru

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum terlihat kapan akan usai, kita memperingati HAN dengan sedikit berbeda, ya, Moms. Berikut ini beberapa [...]

Main Bersama Anak, Memperkuat Bonding Anak dengan Orangtua

Rutinitas anak yang berubah termasuk belajar di rumah selama pandemi ini sangat membuat anak saya bosan.

Serunya Main Bersama Anak di Masa Pandemi

Nah, di sini, saya mau berbagi pengalaman kegiatan saya dan anak selama di rumah saja selama ini.

Manfaat Belajar Sambil Bermain untuk Si Kecil

Bermain mungkin terdengar sepele, namun sejatinya bermain untuk Si Kecil memberikan manfaat dan dampak jangka pendek maupun panjang yang baik.

Kegiatan Sederhana Kami Untuk Rayakan Hari Anak Nasional di Rumah

Berikut beberapa kegiatan yang saya lakukan di rumah untuk rayakan Hari Anak Nasional bersama Zila yang kini usianya 2,5 tahun.

Yuk Ketahui Manfaat Mengajak Si Kecil Bermain Moms

Selama WFH, ada banyak pengalaman yang saya rasakan ketika harus membuat si Kecil tetap merasa nyaman ketika harus di rumah saja.

5 Kegiatan Bersama Anak Agar Tidak Bosan Di Rumah

Kita sebagai orangtua harus pintar menyiapkan kegiatan bermain dengan anak agar tidak bosan, meskipun mereka cuma di rumah saja. Kira-kira, apa [...]

Aktif Bersama si Kecil, Palo suka Bermain Masak-Masakan

Moms bisa melakukan berbagai interaksi bersama si Kecil agar si Kecil dapat aktif dan tumbuh dengan bahagia.

Aktif Berolahraga Bersama Anak Selama Masa Adaptasi Kegiatan Baru

Salah satu hal yang rutin saya lakukan bersama si Kecil adalah melakukan berbagai macam olahraga ringan untuk menyalurkan tenaganya namun dalam [...]

Ide Bermain: Mengenal Anggota Keluarga Melalui Foto

Saya mengenalkan keluarga kepada Fiersa melalui foto. Saya print foto nenek atuk bunda om dan abang-abangnya, juga foto keluarga Suami Saya. [...]

Aktif Bersama Anak di Rumah Selama Masa Pandemi

Sebenarnya banyak kegiatan di rumah yang bisa kita lakukan bersama dengan anak. Berikut ini adalah beberapa kegiatan rumah yang sering saya [...]

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Moms

Berikut ini, ada tips sukses memompa ASI terutama untuk working Moms.

Tetap Aktif Bersama Anak di Rumah Selama Pandemi

Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli menjadi momen yang berbeda tahun ini karena kita masih berada di tengah wabah Corona yang belum [...]

Berbagai Kegiatan yang Kami Lakukan Agar Betah di Rumah

Moms, gimana, masih betah di rumah aja? Saya yakin kala di rumah aja Moms dan keluarga punya kegiatan tersendiri yang biasa dilakukan bersama-sama.

Manfaat Non Nutrisi Menyusui sebagai Sarana Bermain Anak

Untuk Moms yang masih belum mantap dan yakin menyusui si Kecil, coba simak berbagai manfaat menyusui di bawah ini:

5 Kegiatan Bersama Si Kecil Selama Adaptasi Kebiasaan Baru

Apa saja, nih, kegiatan selama Adaptasi Kebiasaan Baru yang bisa Moms lakukan di rumah bersama si Kecil?

Tips Staycation di Masa New Normal

Moms merencanakan staycation dalam waktu dekat? Yuk, simak tips berikut ini.

Tetap Aktif Bersama si Kecil di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Hai Moms! Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tepatnya pada tanggal 23 Juli, nih, Moms.