Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memancing LDR Agar Pumping Lancar

BRANDS  |  FEEDING  |  06 Nov '18

Moms pasti pernah mendengar istilah LDR (Let Down Reflex) atau refleks oksitosin. LDR merupakan sinyal untuk mengeluarkan hormon oksitosin, yakni hormon yang akan menimbulkan kontraksi pada sel-sel lain sekitar alveoli sehingga susu mengalir ke arah puting. Refleks oksitosin ini terjadi pada saraf dalam payudara terstimulasi oleh isapan bayi. Lalu, bagaimana jika Moms sedang berada jauh dari si kecil atau sekadar ingin memompa ASI?

Saat ingin memompa ASI, tentunya Moms tidak akan mendapatkan stimulasi dari si Kecil. Namun jangan khawatir, karena Moms bisa memancing LDR agar pumping berjalan dengan lancar. Berikut ini 5 cara yang dapat Moms lakukan agar bisa memancing LDR dengan lancar:

Stimulasi Puting

Gunakan tangan Moms untuk melakukan stimulasi puting. Moms dapat menarik-narik atau memutar puting dengan lembut dan pelan untuk memancing LDR. Jika Moms memiliki alat pumping elektrik yang memiliki fitur massage, Moms dapat mengombinasikannya kedua metode tersebut. Hal ini juga dapat memancing LDR lebih cepat terutama ketika ingin mencapai refleks oksitosin kedua dan ketiga.

Memikirkan si Kecil

Perasaan tenang dan senang menjadi dua hal yang penting saat ingin mencapai refleks oksitosin. Salah satu hal yang dapat Moms lakukan agar merasa senang dan tenang adalah dengan memikirkan si Kecil. Melihat foto atau video si Kecil dapat membuat merangsang rasa senang. Bahkan, beberapa Moms juga merasa tenang ketika dekat dengan pakaian atau mainan si Kecil. Sebab, pakaian maupun mainan biasanya memiliki aroma yang sama dengan si Kecil.

Minum Air Hangat Sebelum Pumping

Minum air atau teh hangat ternyata juga dapat membantu Moms menjadi tenang, lho. Selain membuat tenang, minuman hangat juga dapat merangsang hormon oksitosin atau biasa juga disebut sebagai hormon ‘kebahagiaan’. Jika hormon oksitosin terangsang, maka proses stimulasi LDR pun lebih cepat.

Kompres dan Pijat

Memijat dan mengompres payudara dengan air hangat dapat memancing LDR. Untuk memijat, Moms dapat menggunakan tangan ataupun alat pumping yang memiliki mode pijat. Jika menggunakan alat pumping jangan lupa untuk menyesuaikan level pijatan, ya, Moms. Mengombinasikan kompres dan pijat dapat membantu Moms mempercepat LDR. Caranya, kompres payudara dengan air hangat 1-3 menit, lalu pijat payudara sebelum melakukan pumping.

Jangan Stres

Ketika Moms stres, tertekan, dan gelisah, LDR sulit untuk dicapai. Biasanya perasaan-perasaan itu muncul ketika Moms sedang stres karena hal lain atau karena terlalu memaksakan untuk pumping. Selain memikirkan si Kecil, Moms juga bisa memikirkan hal menenangkan lainnya. Jika belum berhasil, tarik nafas dalam-dalam, lalu keluarkan dengan pelan. Moms juga dapat melakukannya sambil menutup mata dan mendengarkan musik relaksasi. Lakukan selama 5-10 menit sebelum Moms mulai pumping.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

1498 Malish Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Merawat Pompa ASI Hingga Tahan Lama

Tahukah Moms, pompa ASI akan awet jika selalu dibersihkan dan dirawat dengan benar. Apa saja tips-nya?

Tips Nyaman & Aman Pumping di Tempat Umum

Pumping memang lebih nyaman dilakukan di rumah, Namun bagaimana jika Moms terpaksa pumping di tempat umum?

5 Tips Pumping untuk Moms Super Sibuk

Terkadang, bagi Moms yang sangat aktif, pumping jadi hal yang sedikit menantang. Lalu, bagaimana solusinya?

Babyo Review Mother's Corn Cutie Spoon, Cutie Fork, & Chopstick Training Set

Banyak alat makan yang tersedia untuk anak. Tapi, alat makan seperti apa yang benar-benar aman untuk si Kecil?

Babyo Review Mother's Corn Smart Petit Econtainer Set

Mungkinkah si Kecil diberi perlengkapan makan yang terbuat dari bahan alami? Simak disini jawababnnya!

Babyo Review Spectra Q+

Selain mungil, masih ada kelebihan yang dimiliki oleh Spectra Q+. Penasaran? Cari tahu jawabannya disini!

Berapa Suhu Terbaik untuk Menghangatkan ASIP?

Berapa suhu tepat untuk menghangatkan ASIP dan bagaimana cara yang menghangatkannya? Cari jawabannya disini!

Kiat Memompa ASI Tanpa Ribet Ala Working Moms

Mungkinkah pumping di tempat kerja? Simat kiat-kiat memompa ASI tanpa ribet ala working Moms di bawah ini!