Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Memakai Sunscreen Menyebabkan Alzheimer?

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  10 May '18

Penggunan krim tabir surya atau sunscreen selalu disarankan oleh medis untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UVA dan UVB. Biasanya jika penggunannya semakin muda, maka efeknya semakin baik. Penggunaan sunscreen sendiri dapat mencegah kanker kulit, timbulnya flek atau wajah kusam dan kering. Bukan hanya diluar rumah, penggunaan sun screen juga disarankan untuk di dalam rumah, karena sinar UVA atau UVB juga dapat dipaparkan dari sinar lampu.

Namun ternyata, jangan salah memilih sunscreen. Kebanyakan sunscreen mengandung partikel kecil (nano) Titanium Dioxide. Mineral ini sanggup melindungi permukaan kulit dari bahayanya sinar ultraviolet. Sebagai partikel kecil, ini sangat mudah diserap oleh kulit. Ingat ya moms, segala yang dioles ke kulit itu akan terserap oleh kulit dan masuk ke dalam sel darah, that's why be wise on everything.

Walaupun tidak semua produk kecantikan itu berbahaya, Tapi kita perlu berhati-hati dalam memilih.

Nano partikel Titanium Dioxide yang diserap kulit ini dapat menimbulkan beberapa penyakit neurological seperti Alzheimer, Parkinson dan Learning Disorder. Peneliti di Tokyo University of Science mencoba memasukkan dosis tinggi nano partikel ini pada seekor tikus hamil dan hasilnya mampu membawa perubahan pada ratusan mutasi gen di dalam tubuhnya. Mutasi gen ini dapat menyebabkan beberapa penyakit pada anak seperti autisme, epilepsi, dan learning disorder. Pada orang dewasa seperti yang disebutkan di atas yaitu Alzheimer, Parkinson dan Schizophrenia (Dr. Janet Zand's Journal).

Namun, belum ditemukan penelitian dosis kecil yang biasanya digunakan oleh beberapa produk kecantikan. Tapi, pemakaian jangka panjang dapat disamakan dengan dosis tinggi, yang menyebabkan risikonya semakin tinggi. Nano partikel sendiri merupakan teknologi paling baru, di mana dibuat karena lebih mudah untuk terserap ke dalam kulit. Tidak semua nano partikel berbahaya, tapi ada beberapa yang memang lebih tinggi efek negatifnya daripada keuntungannya, contohnya Titanium Dioxide.

Walaupun tidak semua produk kecantikan itu berbahaya, Tapi kita perlu berhati-hati dalam memilih. Pilihlah produk sun screen yang tidak mengandung nano partikel Titanium Dioxide (lebih teliti membaca ingredients setiap sun screen khususnya yang tertulis nano).

Semoga bermanfaat.

By: Marlisa Tenggara.

228 Marlisa tenggara Send Message to Writer

Related Stories