Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Melatih Anak Tidur Sendiri Sedini Mungkin

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  28 Aug '19


Eben dari kecil sudah pinter tidur sendiri lho. Kalau perjalanan tidur bayi saya dari sejak lahir, kita memang sudah taruh di box, karena ingin melatih dan membiasakan dia mandiri untuk tidur sendiri supaya nanti besarnya tidak susah menyapihnya. Jadi saya dan suami komit untuk mondar-mandir ke box setiap kali dia menangis minta susu. Tetapi untuk awal-awal di bulan pertama memang berat sekali, karena menangis tiap 1-2 jam sekali, kami hampir tidak tidur sama sekali setiap malam. Lalu suatu saat kita coba tidur sama kita di ranjang kita, dan dia bisa tidur lebih cepat, durasi lebih lama, dan lebih tenang.

Lalu bagaimana untuk membiasakan dia tidur sendiri? Meski dia tidur bersama kita, tapi sesekali waktu dia sudah pulas, kita pindahkan ke box bayi, waktu minum susu berikutnya dan sudah tidur lagi, kita tidurin di box bayi, kalau waktu dia sadar lagi sendirian di box dan nangis-nangis, kita pindahkan lagi bareng kita, waktu sudah pulas kita pindahin lagi ke box bayi, begitu terus. Sampe akhirnya 1,5 bulan dia sudah pintar tidur sendiri.

Sekarang Eben sudah 4 bulan dan dia selalu tidur sendiri, sudah tidak pernah tidur sama kita, dia ditaruh saja di boxnya kalau habis minum susu, lalu di puk puk sebentar nanti dia sudah mengerti dan tidur sendiri. Atau kadang setelah minum susu saya gendong sebentar dan ketika sudah terlelap saya langsung tinggal taruh dia di boxnya. Memang susah di awal tetapi sangat memudahkan untuk ke belakangnya nanti. Juga sangat bagus untuk keharmonisan pernikahan untuk bisa ada pillow talk sebelum tidur dan quality time bersama pasangan dan jeda dari anak sebentar.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2627 Rachel Lia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Yuk Kenalkan Aktifitas Membaca Kepada Anak Sedari Lahir

Mengenalkan buku sejak kecil banyak sekali manfaatnya, nah berikut ini tips mengenalkan buku pada anak

Pros and Cons Babywalker

Penggunaan babywalker masih menjadi pro dan kontra. Lalu seperti apa pandangan Mom Ranty?

Perlukah Mengikuti Baby Class?

Saat Zhafran menginjak Usia 1 tahun, saya mengikuti trial Baby Class di salah satu Day Care di Jakarta Timur.

The Power of Mom

Mendapat predikat sebagai seorang ibu pasti adalah penghargaan tertinggi dalam hidup kita ya Moms.