Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Melatih Anak Menggunakan Botol Dot

FEEDING  |  10 Feb '18

Sampai hari ini saya cukup sering mendapat pertanyaan, adakah tips untuk melatih anak minum susu menggunakan botol dot. Jujur saya agak bingung jawabnya yah, Moms, karena sejak usia 3 hari Gavin sudah minum Sufor dari botol dot dikarenakan ASI saya belum keluar. Dan saya bersyukur saat ASI saya sudah mulai ada, Gavin tidak ada kesulitan untuk ganti-gantian nen langsung maupun minum dari botol dot. Jadi kalau ditanya tips-nya bagaimana melatih anak minum dari dot, saya tidak punya banyak pengalaman, karena tidak pernah harus melatih Gavin minum dari dot.

Tapi bagaimanapun juga, saya mencoba merangkum beberapa tips yang saya dapat dari teman yang pernah melatih anaknya, serta dari beberapa artikel yang saya baca, semoga dapat memberikan pencerahan untuk Mommies. Berikut rangkumannya :

  1. SABAR
    Ini sengaja saya tulis dengan huruf besar yah, Moms, karena menurut saya ini adalah kunci utamanya. Setau saya, bayi manapun yang terbiasa direct-breastfeeding akan mengalami kesulitan saat ingin beralih menggunakan dot. Bisa berontak, bisa menangis, bahkan menolak sama sekali untuk menyusu. Jadi untuk melatih anak menggunakan dot, butuh proses yah Moms, butuh kesabaran, tidak bisa instan.
    Jika memang dari awal Moms berniat untuk bekerja kembali dan nantinya anak akan minum susu menggunakan media dot, ada baiknya Moms membiasakan bayinya untuk minum susu dengan 2 media sejak awal, yaitu nen langsung dan dot, supaya tidak terlalu mengalami kesulitan untuk peralihan. Jika memang bayi sudah sejak awal nen langsung dan Moms ingin agar anaknya bisa juga menggunakan dot, entah karena ingin kembali bekerja atau persiapan untuk bepergian misalnya, siapkan waktu peralihan atau pelatihan ini minimal 1 bulan sebelumnya. Biasanya prosesnya akan memakan waktu cukup lama, sehingga ketiba tiba saatnya bekerja kembali, mudah-mudahan anak sudah terbiasa menggunakan media dot. 
  2. Pilihlah botol dot dengan bentuk dot yang menyerupai puting IbuZaman sekarang sudah cukup banyak merk botol susu yang mengeluarkan inovasi dengan bentuk dot yang menyerupai puting Ibu, jadi Moms bisa gunakan cara ini.
  3. Persiapkan beberapa tipe / merk botol susuDari pengalaman teman saya, dia harus mempersiapkan beberapa jenis botol susu dengan bentuk dot yang berbeda-beda hingga ketemu botol dot yang disukai oleh anaknya. Tentunya hal ini cukup memakan biaya yah, Moms.
  4. Berikan susu melalui botol dot pada malam hariBiasanya ketika malam hari saat bayi mengantuk, ia tidak menyadari bahwa susu yang ia minum bukan berasal dari nen langsung pada Ibunya sehingga ada kemungkinan ia akan menerima botol dot tersebut.
  5. Minta bantuan orang lain untuk menyusui bayi dengan botol dotBiasanya bayi akan mengasosiasikan Ibu-nya dengan ASI, jadi kalau digendong oleh Ibu-nya maunya nen saja. Karenanya bisa minta bantuan orang lain, misalnya Ayah, Nenek atau pengasuhnya untuk mencoba memberikan botol susu pada si Kecil.

Sekali lagi, saya ga punya pengalaman langsung dalam hal ini yah, Moms, tapi semoga rangkuman ini bisa membantu.

1724 Valent Cindy

Comments

Related Stories