Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Melahirkan adalah Keajaiban

MY STORY  |  18 Aug '17


Saat saya hamil, banyak sekali yang bertanya jika saya "takut" melahirkan. Malah ada yang tanpa diminta memaparkan cerita lahiran mereka yang traumatis. Saya senyum-senyum saja.

Sejujurnya, saya sangat excited untuk menjalani proses persalinan!

Mengapa demikian? Banyak media dokumenter yang menyebut proses persalinan sebagai keajaiban - The Miracle of Birth. Bayangkan, seorang perempuan bisa "menciptakan" plasenta, mata, hidung, kulit dan organ-organ tubuh si bayi hanya lewat pertemuan sperma dan sel telur. What can be more miraculous than that?

Jujur saja, saya sangat-sangat menikmati persalinan saya. Yes, you heard me right! Saking senangnya saya, begitu Aria meluncur ke dekapan saya, saya langsung bilang pada suami "Yuk, bikin lagi!". Suami saya cuma geleng-geleng kepala.

Banyak yang bertanya, kok bisa sih? How do you enjoy birth? Saya sempat melahap buku Ina May Gaskin seorang bidan yang ternama yang berjudul Ina May's Guide to Childbirth. Berikut adalah hal-hal yang saya pelajari:

  • Ketahuilah bahwa melahirkan adalah proses alami, bukan klinis! Proses persalinan pada jaman dahulu (dan sekarang masih diterapkan di belahan dunia tertentu) berpusat pada community support. Seorang wanita yang sedang bersalin biasanya dikelilingi oleh sahabat, ibu, mertua dan teman-temannya. Persalinan adalah hal yang alami, indah, and women have been doing that for thousands of years!
  • Tubuh Anda diciptakan untuk melakukan persalinan. Tubuh wanita diciptakan dengan rahim yang berkembang sambil berlipat-lipat ukurannya. Vagina bisa melebar hinga 10 kali lipat. Tubuh Anda ditenun sedemikian rupa untuk mengakomodasi janin untuk bertumbuh dan akhirnya bersalin. 
  • All the hormones! Hormon yang dikeluarkan oleh wanita saat bersalin disebut oxytocin, dan dikenal sebagai bonding hormone. Hormon inilah yang membuat hati Anda serasa mau meledak dengan cinta saat melihat dan mendekap si buah hati. Hormon ini juga yang mendukung Anda untuk bisa menyusui dengan baik.
  • Birth pain is a good pain. Setiap denyutan kontraksi membawa Anda semakin dekat dengan bayi Anda. Saat saya berada di tahap akhir persalinan (persalinan saya hampir 2 hari lebih, dengan active labour sekitar 7 jam), setiap kontraksi suami saya membisikkan di telinga saya "I can see her, she's so close....a little bit more and we will have her in our arms". Itulah yang menjadi semangat saya terus menerus!
  • Be informed. Banyak teknik-teknik pernapasan, hypnobirthing, calm birth, water birth yang bisa memudahkan Anda dalam proses persalinan. Obat-obatan juga ada. Obat tidak selalu buruk lho! Pastikan Anda memahami pilihan Anda dengan baik dan benar. Bertanyalah pada dokter dan bidan yang ada. Saya sendiri, karena persalinan saya yang cukup lama, sempat diberi morfin karena saya belum tidur selama tiga hari. Morfin membantu saya beristirahat di sela-sela kontraksi dan memberi saya kekuatan saat harus mengejan. Choose wisely.
  • Poin yang terpenting adalah anda dan bayi aman dan selamat. Banyak teman saya yang kecewa karena tidak bisa melahirkan secara alami karena adanya komplikasi. Yang terpenting adalah Anda sehat, dan bayi juga sehat. Mau natural, c-section, hypnobirth; Anda dan bayi lah prioritas utamanya. Jangan memiliki ekpektansi yang berlebih. C-section, epidural dan bantuan medis lainnya ada untuk mendukung Anda. Jangan takut untuk meminta informasi dan menimbangnya.

Satu hal lagi yang menjadi penyemangat saya adalah bahwa si kecil juga berjuang dalam proses persalinan. Mereka berjuang setiap kontraksi supa lebih cepat bertemu dengan ibunya. Persalinan adalah perjuangan yang indah - Ibu, bapak dan anak. 

Hadapilah proses persalinan dengan keberanian dan hati yang gembira. We are made to do this!

Photo credit: @thefirsthello

By: Audrey Lai 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5805 Audrey Lai

Comments

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.