Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Melahirkan Secara C-section

MY STORY  |  PREGNANCY  |  27 Jul '19


Hai moms, aku mau berbagi pengalaman tentang melahirkan secara C-section. Seperti yang moms tau C-section atau bedah sesar adalah proses persalinan yang dilakukan untuk mengeluarkan bayi melalui irisan di perut dan rahim ibu. Hal ini bisa terjadi karena persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan.

Kamis, 20 Desember 2018, jam 05.00 WIB, aku ngerasain pengen BAK, buru-buru ke toilet karna ga bisa ditahan, pas BAK keluar gumpalan seperti slime warnanya merah muda dan aku juga ngerasain ada cairan yang keluar dari vagina secara terus menerus ga berhenti.
Setelah yakin tanda-tanda tersebut adalah tanda-tanda melahirkan. Kami memutuskan ke Rumah Sakit, sampai UGD di cek suster dengan memasukkan jari tangan ke vagina, tujuannya untuk memeriksa kapan waktu yang pas untuk melahirkan. Setelah itu di cek juga pakai kertas lakmus, ketuban emang udah pecah tapi blm ada pembukaan, kepala debay udah masuk panggul tapi belum turun dan aku ga merasakan kontraksi apapun. Aku dipasang infus untuk mengganti air ketuban yang pecah tadi.
Aku telfon suami, kebetulan kita LDM, kasih kabarnya setenang mungkin biar suami ga panik tapi tetep aja dia panik.

Jam 07.00 WIB, aku telfon Ibu mertua, kabarin kalau mau lahiran dan di pindahin ke ruang persalinan, di ruang persalinan aku masih harus nunggu sambil tes NST (Nonstress Test) fungsinya untuk mengetahui perkembangan bayi.

Jam 10.00 WIB, dokter datang ngecek udah pembukaan apa belum dan ternyata belum, malah ga ada pembukaan sama sekali, kepala debay juga masih jauh dari jalan lahir.
Akhirnya dokter ngobrol sama Aku, Mama dan Ibu mertua, ngasih tau tentang keadaanku, kalau mau lahir normal harus nunggu sambil induksi tapi di lihat dari kasusku dengan ketuban yang sudah pecah duluan, kepala debay yang masih jauh dari jalan lahir dan waktu USG terakhir ada lilitan tali pusar akhirnya kami memutuskan untuk C-section dengan persetujuan suamiku. Setelah itu di pindah lagi ke kamar inap, aku disuntik lewat infus untuk pematangan paru debay yang efek sampingnya panas atau gatal di sekitar vagina.

Jam 13.00 WIB, sebelum masuk ruang operasi kami berdoa demi keselamatanku dan bayiku, deg-degan banget karna ini kali pertama melahirkan dan harus tindakan. Baju dan semua perhiasan di lepas, kepalaku dipakein hair cap, hidung dipasang oksigen, lengan dipasang tensi.
Dokter anestesi datang, menjelaskan apa yang akan beliau lakukan yaitu anestesi spinal, akan terasa kebas pada bagian pinggang sampai ujung kaki tapi aku tetep terjaga selama operasi. Aku di minta miring dan menekuk lutut ke arah dada karna posisi ini akan membuka ruas-ruas tulang belakang untuk menyuntik obat bius. Suntikan pertama ga berhasil karena aku terlalu tegang, aku di minta rileks dan suntikan yang kedua akhirnya berhasil. Kaki di sentuh masih bisa merasakan, di sentuh lagi agak kebas, sentuhan ketiga udah kebas ga terasa apa-apa. Setelah itu giliran dokter bedah yang beraksi, aku ga bisa lihat proses pembedahan karna ada penutup di bagian perut.

Jam 13.55 WIB, terdengar suara tangisan malaikat kecil yang membuatku ikut menangis dan mengucap syukur. Telah lahir seorang anak laki- laki kesayangan yang kami beri nama Arkana Louvin Wahyutama, BB 3310 gr, PB 52 cm.

Untuk para calon Ibu, entah memilih melahirkan secara normal ataupun sesar sama aja, sama-sama sakitnya. Biarkan debaynya sendiri yang memilih ingin lahir secara normal atau sesar. Karna semua itu tidak mengurangi apapun, moms tetap menjadi seorang Ibu.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

153 Widya Nusifera Susanti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?