Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Melahirkan Normal (per Vaginam) untuk Kehamilan Kembar

MY STORY  |  PREGNANCY  |  09 May '19


Hello Moms and Moms-to-be,

Aku pingin sharing sedikit tentang pengalamanku waktu melahirkan Twins, walau sudah lama yaaa dari 2017, hehe.. Alasanku kenapa maunya melahirkan per-vaginam adalah karena anak pertamaku lahir per-vaginam, jadi kalau bisa kehamilan kedua ku juga lahiran melalui cara yang sama (biar ngga di 'belek' atas-bawah donk yaa :D). Nah, aku pingin sharing disini bukan karena apa2, tapi karena waktu aku hamil twins, aku susah banget cari info mengenai bagaimana atau bisakah melahirkan bayi kembar secara per-vaginam. Waktu itu aku tanya2 temen2 yang juga punya Twins, mereka mostly melahirkan melalui C-section (hmm semuanya melalui C-section sih..), terus browsing2 jg mostly lahiran melalui operasi, agak lemes ya krn aku jd pesimis ya apa disini kalau hamil kembar lahiran nya harus c-sect... browsing2 lagi, aku ketemu beberapa yang lahiran per-vaginam itu di luar negri ya, cari2 video lahirannya di youtube, dll, dari situ makanya aku positif bisa nih kemungkinan lahiran per-vaginam.

Setelah tau kehamilan kedua ku ini kembar, aku langsung tanya sama obgynku (dr. Robby Indratto - dia ini pro normal banget yaa) "Dok, ini bisa lahiran normal ngga ya?" Jawaban Beliau adalah "ngga tau, saya ga bisa jawab sekarang, kita lihat nanti, kalau semua oke sih bisa bisa aja lahiran normal, karena dari jaman dulu jaman nenek2nya kita, belom ada operasi juga udah ada kan orang lahiran anak kembar.." Make sense banget yaa jawabannya menurutku. Jadi atas saran dari Obgyn dan dari pengalamanku pribadi,

ini beberapa faktor yg mendukung keberhasilan melahirkan Twins secara normal (per-vaginam):

1. POSISI JANIN

Ini adalah syarat paling penting dan utama yg paling menentukan bisa atau tidak nya melahirkan secara per-vaginam. Baik kehamilan single maupun multiple, posisi terbaik adalah kepala janin di bawah. Selain daripada ini, bisa saja lahiran per-vaginam, namun resiko persalinannya akan lebih besar, apalagi untuk kehamilan multiple / lebih dari satu. Jadi untuk kehamilan kembar 2 kyk aku, posisi janin 2 2nya kepala harus dibawah ya sampe akhir kehamilan.

2. KONDISI KEHAMILAN

Sebenarnya sama-sama aja sih dengan single pregnancy yah, kondisi fisik kita saat hamil juga menentukan apakah bisa lahiran secara normal atau tidak. Dari tensi darah, hasil cek darah dan urine (tdk boleh sampai ada protein yg bocor, dll), ada flek atau tidak, banyak nya air ketuban, letak plasenta, dan kondisi2 lainnya. Aku sendiri selaha hamil tidak ada keluhan2 seputar kehamilan ya, selain pusing mual muntah di week5 - week16 dan ada PUPPP (gatal2 akibat hormon kehamilan), jadi tidak ada hubungannya dengan proses kelahiran..

3. RIWAYAT KEHAMILAN SEBELUMNYA

Karena ini kehamilan kedua, jadi pasti obgyn akan take note jika ada riwayat kelainan atau komplikasi pada kehamilan sebelum nya. Pada kasus aku, aku tidak ada masalah atau kelainan pada kehamilan sebelum nya, malah Puji Tuhan aku di note Obgyn termasuk yang punya riwayat 'partus cepat', artinya proses kelahiran (pembukaan) nya cepat, jadi diharapkan pada kehamilan kedua ini juga seperti itu.

4. EPIDURAL

Epidural adalah tindakan bius lokal yang disuntikkan melalui tulang belakang. Ini adalah syarat khusus oleh Obgyn ku jika memang mau melahirkan melalui per vaginam, harus di epidural. Tujuan nya adalah jika sewaktu2 karena kondisi tertentu, diperlukan tangan Dokter harus "masuk" ke jalan lahir, kita tidak kesakitan. Jadi dijelaskan oleh Obgyn ku, ini hanya untuk preventif aja kalau-kalau terjadi perubahan posisi pada bayi B setelah bayi A keluar. Untuk saya pribadi malah jauh lebih nyaman melahirkan dengan epidural yaa daripada tidak (seperti pada kehamilan pertama)..

Jadi kesimpulannya, bisakah multiple pregnancy atau kehamilan kembar melahirkan sercara normal? Jawabannya BISA BANGET, sama saja dengan single pregnancy, asalkan kita yakin sudah memantapkan hati untuk melahirkan melalui cara yang kita inginkan, kondisi fisik Mom dan baby nya memungkinkan, serta dukungan dari obgyn yang sudah tahu dan memantau kondisi kehamilan Moms dari awal hingga waktunya persalinan..

Nah, melalui sharingan ini, aku harap bisa bantu Moms yang mungkin juga lagi hamil Twins, tapi jg galau / takut kalau harus operasi (kayak aku..hehe) Hope it helps. :)

Semoga bermanfaat.

By: Felicia Mulia via Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1050 Felicia Mulia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?