Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Melahirkan Normal dengan Berat Bayi yang Besar, Apakah Bisa?

BABY  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  05 Dec '19


Hai Moms.. pernah denger gak cerita tentang seorang ibu yang melahirkan bayi dengan berat bayi yang terbilang cukup besar? Di sini saya mau berbagi pengalaman karena kebetulan bayi yang saya lahirkan cukup besar, di atas 4 kg. Waaah tentunya kalo dibayangkan ngeri juga ya dan pasti bertanya-tanya apakah bisa melahirkan bayi besar dengan cara normal? Tenang Moms tidak usah takut. Insyaallah bisa Moms.

Kenapa saya berkata begini? Karena saya sendiri yang mengalaminya. Kalau Moms bayangkan saya memiliki berat badan kurang dari ideal. Saat kehamilan pun tidak terlihat besar dan seperti tidak hamil. Namun, saat usia kandungan di bawah 3 bulan berat badan saya bukan naik tapi makin menurun. Hooooaa :( selagi Moms masih sehat maka aman-aman saja. Itu hanya sebagian dari proses. Ketika usia kehamilan menginjak di atas 4 bulan akan naik dengan sendirinya. Dan terus menerus naik tetapi berat bayi masih aman. Menginjak usia kehamilan 34 minggu berat bayi saya meningkat drastis. Saya hanya berpikir salah tentang prediksi USG karena perut saya pun tidak terlihat hamil usia 9 bulan. Tetapi ternyata saya salah Moms. Bayi saya lahir lebih dari prediksi USG yaitu 4,1 kg sedangkan prediksi 3,9 kg.

Tentunya tiap Moms berbeda-beda ya. Ada yang dari awal hamil naik terus-terusan atau bahkan ada yang dari awal hamil turun beratnya atau hanya naik sedikit selama kehamilan. Don't worry ya Moms selagi Moms rajin kontrol ke SPOg dan selalu tanya perkembangan bayinya terutama berat bayi Moms. Sebaiknya Moms perlu untuk download tabel perkembangan janin yang ideal dengan usianya.

Next, Moms yang berjuang untuk lahiran secara normal walaupun prediksi berat bayi dalam kandungan besar sebaiknya Moms perlu perhatikan hal-hal berikut:

1. Pentingnya Moms memilih dokter yang pro lahiran normal. Kenapa? Karena itu yang nanti menguatkan Moms dan memberikan positive vibes untuk lahiran secara normal. Bagaimana caranya? Moms mulai mencari tahu dan bertanya-tanya di mana dokter yang pro ke lahiran normal.

2. Sebaiknya usahakan tempat lahiran di Rumah sakit. Kenapa? Karena Moms akan melahirkan bayi yang terbilang cukup besar, memiliki risiko lebih besar dibandingkan bayi dengan berat yang normal. Rumah Sakit memiliki fasilitas yang memadai dibandingkan bidan.

3. Pastikan tempat persalinan Moms yang recommended. Karena menurut saya, tempat melahirkan dan orang yang akan membantu persalinan kita yang memberikan kenyamanan buat kita.

4. Persiapkan mental dan selalu berpikir positive kalau "saya bisa dan pasti bisa" Tuhan selalu menyertai perjuangan ibu melahirkan.

5. Persiapkan tenaga Moms. Makan dan minum yang cukup dan bergizi agar bayi tetap dalam keadaan sehat dan bersiap melihat dunia. Ada banyak cara dan saran yang diberikan oleh orang yang lebih tua, saran saya sebaiknya diikuti karena mereka lebih berpengalaman.

6. Jika Moms sudah merasa lemas dan tidak bertenaga karena menghadapi kontraksi. Sebaiknya Moms perlu meminta untuk diinfus sebagai tambahan tenaga saat persalinan.

7. Pasrahkan diri dengan berpikir semua akan baik-baik saja.

Semangat berjuang Moms!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

387 Githa Eka Noviantika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Memilih Perlengkapan untuk Sambut Kedatangan Buah Hati

Memasuki trimester ketiga biasanya dihabiskan para calon orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan si Kecil.

Cara Menghemat Belanja Keperluan Newborn

Memasuki trimester terakhir pasti sudah tak sabar belanja peralatan newborn, simak tips agar tetap hemat Moms!