Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Melahirkan Adalah Keajaiban Dalam Hidupku

MY STORY  |  PREGNANCY  |  12 Dec '19


1 Ramadhan 1439 H, 06 Mei 2019

HPL saya di tanggal 15-21 Mei 2019. Dini hari itu hari senin, tanggal 6 Mei 2019 sekitar pukul 02.15 saya bangun dan bersiap-siap untuk makan sayur, dari semalamnya udah excited untuk berpuasa hari pertama meskipun lagi hamil tua, karena itu juga puasa pertama saya bersama suami.

Tetapi momen mau makan sahur berubah jadi kepanikan setelah saya turun dari tempat tidur tiba-tiba saya merasakan ada nya air yang keluar dari vagina saya, "aku gak pipis kok" kata-kata itu yang ada dipikiran saya saat itu. Dan seketika saya langsung sadar kalo itu adalah air ketuban. Yang bikin panik adalah karena air ketubanya bukan hanya rembes, tapi udah kayak air kran ngalir.

Segera saya bangunkan suami,
"Yah yah bangun, ketubanku pecah, ketubanku pecah"
"haah, kamu apain sih kok bisa pecah (sambil setengah sadar karena dikagetin waktu tidur)"
"ya gak diapa apain pecah sendiri, ayo kerumah sakit"
"iya ayo ayo (dan itu masih dengan posisi tidur ditempat tidur)"
"yaudah ayo bangun"
"oh iya iya"

Seperti itulah obrolan dikala panik. Kalo di inget sekarang sih bikin ketawa. Tapi waktu itu karena lagi sama-sama panik terkesan biasa saja. Hehe. Kembali ke topik.

Pukul 02.45

Saya sudah ada dibidan, karena rumah praktek bidan nya deket dari rumah jadi gak sampe 5 menit sampai. Dan benar kata bidan nya kalo itu air ketuban. Dan saat di cek masih pembukaan 1.
Saya disuruh untuk tetap tinggal di situ, dipindahkan ke kamar tindakan, disuruh tidur miring kiri, dan gak boleh banyak bergerak. Sambil nungguin pembukaan lengkap nanti. Dan cerita lainya adalah ketika waktu ditensi, darah saya sempat sedikit tinggi 130/(kurang tau per nya berapa karena gak denger, hehe). Karena tiap pemeriksaan kehamilan darah saya selalu normal 110/70. Tapi bidannya baik banget dikasih tau kalo "semua nya baik-baik saja, kita tunggu sampai 24 jam kedepan, ibu nya yang tenang yaa" Bu Bidan Rika Terima kasih sudah menenangkan saya ❤.

Pukul 06.30

Pengecekan pembukaan lagi, dan pembukaan masih tetap di pembukaan 1. Dan tensi darah sudah turun di 120. Dan mulai di suruh untuk makan buah nanas, kurma, katanya sih biar merangsang pembukaan. Dan saat itu aku gak ngerasain apa-apa sih. Kayak biasa aja gitu. Masih belum berasa kontraksi nya.

Pukul 12.15

Di lakukan pengecekan lagi, masih pembukaan 2, yang saya rasakan perut bawah baru berasa sedikit banget nyeri. Sama bu bidan disuruh makan nanas lagi. (udah habis 1 buah, tapi tetap aja gak ada efeknya buat saya, malah lidah berasa mati rasa kebanyakan makan nanas, hehe)

Setelah pengecekan siang itu, karena jeda pembukaan nya terlalu lama, saya langsung ngajak ngobrol intens si dedek di perut "nak, kalo mau lahir hari ini sok atuh, gapapa bunda mah ngerasain sakit gapapa. Berjuang yuk bareng-bareng nak biar bunda gak ngerasain sakit lama-lama nahan kontraksi, kaka kan anak pinter" dan itu berulang-ulang sambil elus-elus perut

Pukul 14.20

Dilakukan pengecekan lagi, masih pembukaan 3. Yang saya rasakan sudah mulai bertambah level kontraksi nya, makin berasa, tetepi masih bisa saya tahan.

Pukul 15.35

Dilakukan lagi pengecekan naik jadi pembukaan 4. Dan rasa kontraksi nya makin sering, dan makin berasa. Rasa nya seperti nyeri haid yang saya rasakan tiap bulan nya. Nyeri nya datang ilang, datang lagi. Setelah pengecekan tersebut kontraksi makin sering, makin rutin, dan nyeri yang saya rasakan masyaallah makin menjadi, dan sangat nikmat. 

Pukul 16.10

Saya merasakan kontraksi yang sangat hebat, dan udah berasa banget kalo kaka udah mau keluar, panggil-panggil bu bidan, setelah di cek udah pembukaan lengkap. Bu bidan telfon bu bidan yang ngehandle lahiran (Pemilik BPM tersebut). Kontraksi nya makin hebat, makin sakit, makin gak karuan, makin pengen cepet ketemu si kaka.

Bu bidan datang (ntah jam berapa), persiapan, dan mulai memandu saya untuk mengejan. 3 kali mengejan kaka masih belum keluar, akhirnya bu bidan ambil tindakan untuk Episiotomi (menggunting vagina).

Pukul 16.45

Alhamdulillah putri cantik saya "Lula" lahir ke dunia. Dengan BB 3 kg, PB 50cm, di UK 38w0d, maju sekitar 10 harian dari HPL, di ikuti dengan suara tangis lantang nya, tangis haru bunda dan ayah nya. Dan momen speechless lainya adalah ketika IMD. Sakit kontraksi, sakit jahitan semua seakan terobati dengan lahirnya dia ke dunia.

Alhamdulillah, syukur aku panjatkan tiada henti Kepada Allah SWT yang telah mempermudah persalinan saya. Untuk kedua pasang orang tuaku, dan suamiku, terima kasih sudah mendampingi momen yang sangat luar biasa ini. Untuk anakku, terima kasih nak sudah tidak membiarkan bunda merasakan sakit kontraksi yang terlalu lama. Yang bisa menjadi anak yang Sholeha. Semoga Lula bisa manjadi "Mutiara" yang indah untuk ayah dan bunda, sama seperti arti nama mu nak Lula (Mutiara) Amin.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

497 Tya C

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?