Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mau Jenguk Bayi Baru Lahir? Baca Ini Dulu Deh...

MY STORY  |  OTHERS  |  PREGNANCY  |  31 Aug '19


Berikut adalah tips kalau mau jenguk teman yang baru saja punya bayi.

Do:

Kalau mau jenguk, atur waktu dulu.

Ibu yang habis melahirkan, walaupun hatinya senang, sudah bertemu bayi yang ditunggu-tunggu selama 9 bulan lebih, namun kondisi fisiknya belum pulih. Baik yang melahirkan normal maupun operasi. Sehingga masih butuh banyak waktu istirahat. Jadi jangan sampai waktu untuk ibu istirahat malah terganggu karena harus menemui kita yang mau besuk bayi. 

Cuci tangan sebelum memegang bayi

Nah ini nih yang penting, tapi sering kali kebanyakan orang lupa. Kadang kita sering gemas lihat bayi kecil mungil yang dari tadi tidur aja, bawaannya pengen colek-colek, gendong-gendong, cium-cium. Sebelum memegang bayi, jangan lupa cuci tangan, kita ini dari luar, tidak tahu kuman apa yang mungkin kita bawa sedangkan bayi masih sangat rentan. Cuci tangan bisa pakai sabun atau pakai cairan antiseptik ya.

Kalau mau pegang, apalagi gendong, izin mami papinya dulu.

Habis cuci tangan, jangan langsung nyelonong colek bayi atau main ambil / gendong bayi ya. Harus bilang dulu sama papi maminya, misal gini nih, "ehh gemesnya, boleh aku gendong?" gitu ya. Terus kalau mau colek-colek bayinya, tolong dicolek di baju, kain bedong, atau tangan dan kaki bayinya. Please jangan colek wajah bayi, karena kulit wajah bayi itu sangat sensitif, jangan sampai nanti karena ulah kita, wajah bayi itu jadi ruam-ruam.

Bayi menangis, lapar, yuk geser yuk

Ibu yang baru melahirkan, apalagi anak pertama, masih adaptasi dengan proses menyusui. Jadi perlu mencari posisi yang pas untuk bisa menyusui dengan nyaman. Nah kalau waktu bayi menangis lapar, ada kita yang jenguk, tolong kesadaran diri masing-masing ya bisa memberikan ruang untuk si ibu bisa menyusui dengan nyaman. Mungkin bisa menunggu di luar terlebih dahulu atau kalau memang sudah agak lama jenguknya, bisa sekalian pamit pulang.

Don't:

Jangan kelamaan

Kadang suka betah nih nonton bayi lucu gemesin. Balik lagi, ibu habis lahiran ini butuh istirahat untuk pemulihan kondisinya begitu juga si bayi yang masih butuh banyak waktu tidur, jadi yuk buruan pulang yuk.

Jangan kemalaman

Pernah nih, ada teman mau jenguk waktu lahiran bayi saya. Karena sibuk, dia baru bisa jenguk ke rumah jam 9 malam. Untung saja dia tanya dulu, kalau jam 9 malam bisa atau gak? Dan jelas, kita jawab, "waduh dah tidur jam segitu, besok aja deh mendingan". Bayangkan pasca operasi, masih menyusui, bahkan harus bangun tengah malam berkali-kali untuk menyusui, dan ada teman mau jenguk datang jam 9 malam. Besok saja ya jenguknya.

Jangan sok kasih nasehat

Ini nih yang paling bikin gak enak hati. Apalagi kalau dikasih nasehat dari orang yang tidak kompeten dan tentang mitos, misalnya habis lahiran minum jamu ini lho biar cepat langsing, gak boleh makan telur, nanti jahitannya gatal gak kering-kering. Belum lagi yang suka komentarin, ih kecil ya bayinya, ih kok gak ASI kok langsung susu formula, kok operasi gak kuat ya, yahh botak bayinya. Jadi kalau tidak tahu kondisinya keseluruhan, jangan sekali-kali kasih nasehat. Bahkan etika dari seorang konselor, misalnya seorang konselor ASI, kalau seorang ibu tidak tanya ke konselor tersebut mengenai praktik pemberian ASInya, maka konselor tersebut TIDAK BERHAK memberi saran apa pun.

Jadi kalau jenguk bayi cukup dengan datang, ucapkan selamat sudah jadi orang tua & selamat atas kelahiran bayinya. Boleh juga tanya mengenai proses lahirannya, tapi jangan ditambahin komentar pedas yaa.

Kalau masih ada lagi Do & Don't waktu jenguk teman lahiran, boleh di kolom komentar ya biar ikutan dibaca.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

435 Eveline Sugiharto

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kenali Apa Itu Sepsis Pureperalis atau Infeksi Darah / Infeksi Nifas

Aku pikir ini demam biasa, ternyata aku salah... Dokter pun enggan menyebutkan nama penyakitku...

My Favorite Pregnancy - Parenting Apps

These are some apps that I use daily & hopefully might be useful for Moms yang lain.

Pin Khusus Ibu Hamil di Commuter Line

Dalam rangka hari konsumen nasional, PT. KRL commuter line meluncurkan program khusus membantu ibu hamil.

Bagaimana Aturan Penerbangan Saat Hamil?

Saya ingin membah sedikit pengalaman saat melakukan penerbangan dalam kondisi mengandung beberapa waktu lalu.

Hospital Bag, Yang Perlu Dibawa Untuk Persiapan Melahirkan

Menjelang persalinan banyak hal yang harus disiapkan termasuk hospital bag. Yuk, simak isi hopital bagnya mom Pamela.

Berobat Pakai BPJS

Aku mau sharing tentang pengalaman menggunakan BPJS untuk melahirkan dan rawat jalan bayiku selama 3 bulan.

Brazilian Wax Jelang Melahirkan, Amankah?

Memasuki usia kandungan 39 weeks 5 hari, saya memutuskan untuk melakukan brazilian wax.

Review Aplikasi: My Calender (Period Tracker)

Moms, kali ini aku mau sharing mengenai aplikasi handphone yang aku gunakan semenjak menikah.

Rekomendasi Dokter Spesialis Obgyn di Jakarta Selatan

Pertama kali mengetahui bahwa saya hamil, saya langsung cari rekomendasi para Moms yang tinggal di Jakarta Selatan.