Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mau Buat Si Kecil Tidur Nyenyak? Coba Cara Ini, Moms!

FEEDING  |  MY STORY  |  27 Mar '20


Ada banyak kebahagiaan yang bisa saya rasakan selama berstatus sebagai seorang ibu dari dua anak. Salah satunya adalah bisa melihat si Kecil tidur dengan nyenyak. Apalagi anak-anak yang lagi aktif-aktifnya bertingkah dan mengemut apa saja yang ada di hadapannya. Kalau sudah begitu, parno dong pastinya Moms. Takut si Kecil jadi sakit perut. Mengingat pencernaan anak-anak cenderung sangat sensitif. Ada banyak masalah yang sering mengganggu sistem pencernaan si Kecil, misalnya Kolik.

Kolik mungkin sudah menjadi masalah yang paling sering dialami oleh anak-anak. Kolik bukan penyakit tapi jika dibiarkan akan sangat menggangu perkembangan si Kecil. Kolik adalah salah satu masalah yang terjadi pada organ pencernaan yang ditandai dengan perut kembung, menangis dalam waktu lama, dan sering menarik-narik kakinya ke arah perutnya. Kolik ini bisa membuat si Kecil menjadi rewel dan pastinya akan sangat mengganggu kualitas tidurnya. Kualitas tidur yang tidak baik akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak-anak.

Saya punya pengalaman dengan kolik waktu anak pertama. Dengan pengalaman itu, saya jadi bisa mengatasi kolik saat anak kedua lahir. Alhamdulilah, bye bye kolik. Ada beberapa cara yang saya lakukan sebagai pertolongan pertama ketika anak mengalami kolik yakni:

  1. Menenangkan si Kecil

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan si Kecil yang rewel antara lain dengan mengendongnya sambil bernyanyi kecil. Sangat penting menjaga keadaan di rumah kondusif dan tidak berisik agar si Kecil tetap nyaman.

  1. Menyusui si Kecil secara langsung

Kolik biasanya terjadi karena si Kecil menggunakan botol susu yang kurang tepat yang menyebabkan udara ikut terhisap saat dia menyusui melalui botol susu. Untuk itu, direct breastfeeding bisa menjadi solusi agar si Kecil lebih tenang ketika dia merasa haus dan lapar.

  1. Memijat halus

Saat terjadi kolik, perut si Kecil menjadi kembung. Ini yang menyebabkan dia menjadi tidak nyaman dan menangis. Lakukan pijatan halus khususnya pada bagian perut untuk mengurangi rasa tidak enaknya.

  1. Menidurkan di ayunan

Anak saya saat mengalami hal ini atau saat rewel, biasanya tidak mau tidur di kasur dan dia lebih senang jika di ayunan. Tapi ayunannya pun harus lembut, ya, Moms.

  1. Mengusap bagian perut dengan minyak telon atau minyak kutus-kutus

Minyak telon atau minyak kutus-kutus bisa jadi pertolongan pertama untuk membuat si Kecil lebih enakan. Usapkan ke perutnya secara rutin. Biasanya anak-anak akan buang angin dan itu lumayan bisa meredakan perutnya yang kembung.

  1. Menidurkan si Kecil dengan suasana tempat tidur dan kamar yang nyaman

Suasana kamar yang nyaman bisa membuat yang tidur pun lebih nyenyak. Pilih bahan kasur atau alas bed yang berbahan lembut dan dingin. Selain itu, penggunaan lampu kamar pun penting, lho, Moms. Sejak masih single, saya tidak bisa tidur dengan pencahayaan kamar yang terang, selalu menggunakan lampu kamar yang redup. Begitupun yang saya terapkan pada kedua anak saya. Lampu kamar yang tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap membuat suasana kamar yang sangat bersahabat untuk kedua anak saya. Hal ini juga ternyata baik untuk kesehatan. Apalagi, jika Moms menggunakan aromaterapi di dalam kamar, lampu yang redup sangat mampu membuat penghuni kamar jadi nyenyak tidurnya.

Itulah beberapa kiat saya untuk pertolongan pertama saat si Kecil mengalami kolik. Alangkah baiknya sebelum si Kecil kolik, Moms mengantisipasinya dengan menggunakan botol susu yang tepat. Tepat yang dimaksud adalah bukan hanya nyaman, bukan hanya karena harganya mahal, bukan hanya karena brandnya ok tapi juga baik untuk kesehatan si Kecil.

Anak saya menggunakan botol susu yang memang khusus untuk meminimalisir terjadinya kolik. Saya tidak bisa sepenuhnya direct breastfeeding ke anak karena harus bekerja juga sehingga mau tidak mau, si Kecil minum ASIP melalui botol susu.

Adapun botol susu yang saya gunakan adalah botol susu anti kolik. Saya sudah merasakan manfaat dari botol susu ini. Desain botolnya cukup istimewa karena bisa memisahkan antara jalur udara dan jalur susu/ASIP. Saat si Kecil mengisap susu dari botol ini, udara tidak akan ikut tertelan.

Keistimewaan lain dari botol susu anti kolik adalah membuat tidur si Kecil nyenyak. Mengapa? Karena resiko terjadinya kolik yang sangat membuat anak tidak nyaman sangat kecil. Dengan demikian, si Kecil bisa tidur nyenyak tanpa harus merasa tidak nyaman pada tubuhnya. Anak bisa tidur nyenyak dan sehat, ibu pun senang.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

382 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mencoba Resep-Resep Baru Selama Masa Pandemi

Menjelang Lebaran, resep yang satu ini bisa dicoba untuk menjadi menu keluarga Moms!

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Keluarga Saat Pandemi dan Krisis Ekonomi

Bagaimana caranya untuk tetap makan sehat di masa pandemi dan krisis ekonomi? Simak berikut ini.

A-Must Have Item, Agar Memasak Di Kala Pandemi Lebih Bergizi

Moms, sediakan makanan sehat untuk keluarga di masa pandemi ini dengan menggunakan food processor yuk.

Yuk Kenali Kriteria Makanan Sehat Untuk Di Sajikan Di Masa Pandemi Ini Moms

Apa saja sih yang dimaksud dengan makan sehat? Simak berikut ini.

Pentingnya Food Processor di Masa Pandemi

Food processor mungkin bukan hal yang baru lagi di kalangan Moms and Dads. Fungsinya sudah tidak diragukan lagi dalam hal pengolahan bahan makanan.

Makanan Sehat untuk Keluarga Selama Pandemi dengan Food Processor

Buat Moms yang tidak mau ribet, Moms bisa menggunakan food processor dalam mengolah makanan untuk keluarga.

Menjaga Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi

Saya sangat terbantu dengan adanya food processor. Alat pengolah makanan ini memudahkan saya untuk menyiapkan makanan sehat untuk keluarga.

Alergi Susu Sapi Dapat Mempengaruhi Tumbuh Kembang Si Kecil?

Betulkah alergi susu sapi dapat mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil? Simak berikut ini.

Cara Menghadapi si Kecil yg Alergi Susu Sapi

Bagaimana cara merawat si Kecil yang alergi susu sapi? Yuk simak berikut ini.

Cari Tahu Manfaat Susu Kedelai Untuk Anak Dengan Bijak

Apakah Moms sedang mempertimbangkan untuk beralih ke susu kedelai untuk si Kecil? Pelajari dulu yang berikut ini ya.

Perhatikan Asupan Nutrisi Bagi Si Kecil Yang Alergi Susu Sapi

Buat si Kecil yang mengalami alergi susu sapi, Moms and Dads perlu memperhatikan asupan nutrisinya dengan lebih teliti.

Lawan Alergi Susu Sapi Si Kecil Dengan Susu Kedelai/Soya

Apa saja manfaat susu kedelai atau soya untuk si Kecil? Yuk simak berikut ini.

Pilihan Alternatif Untuk Melengkapi Nutrisi Anak yang Alergi Susu Sapi

Bagi si Kecil yang alergi susu sapi, sebaiknya apa yang menjadi alternatif penggantinya?

Penuhi Gizi Si Kecil dengan Susu Soya Saat Alergi Susu Sapi

Betulkah susu kedelai memiliki nutrisi lebih rendah daripada susu sapi? Simak berikut ini.

Ceritaku Menghadapi si Kecil yang Alergi Susu Sapi

Simak cerita Mom Monica berikut ini mengenai si Kecil yang alergi susu sapi.

6 Penyebab Si Kecil Susah Tidur Nyenyak Dan Cara Mengatasinya

Agar si Kecil bertumbuh kembang secara optimal, kualitas tidurnya harus baik. Jika tidak, dia bisa mengalami hambatan dan gangguan tidur. Salah [...]

Kenali Botol Susu Anti Kolik dalam Membantu Si Kecil Tidur Lebih Nyenyak

Si Kecil yang terlihat gelisah dan sulit tidur mungkin sedang mengalami kolik. Salah satu penyebabnya adalah botol susu yang kurang baik.

Kualitas Tidur Si Kecil Lebih Baik Berkat Botol Susu Anti Kolik

Berikut ini hal yang saya lakukan agar kualitas tidur si Kecil lebih baik, lebih nyenyak, dan lebih nyaman.

Tanpa Kolik, Tidur Si Kecil Nyenyak dan Berkualitas

Salah satu penyebab bayi baru lahir susah untuk tidur terlebih di malam hari adalah karena bayi mengalami kolik.

Atasi Kolik Si Kecil untuk Tidur yang Berkualitas

Aktivitas tidur pada bayi bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Bayi harus memiliki tidur berkualitas sehingga tumbuh kembangnya optimal.