Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mau Anak Cepat Jalan? Yuk Kenali Diapersnya

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  03 Jan '19

Milestone anak adalah hal yang paling dinanti oleh semua orangtua di dunia. Perkembangan tiap anak memang berbeda namun hampir semua tahapan ini pasti dilewati oleh sang anak. Tahap awal yaitu ketika bayi baru lahir biasanya sang bayi hanya bisa tidur dan menyusui saja, berlanjut ke tahap ke-2 yaitu di bulan ke 2-4 bayi sudah mulai bisa menggerakkan seluruh badannya dan mulai melakukan interaksi dengan babling.

Tahap ke-3 biasanya di bulan ke 4-6 ini hampir semua bayi sudah bisa tengkurap dan telentang sendiri tanpa bantuan dan dilanjutkan dengan tahap duduk dengan bantuan bantal atau baby chair.

Tahap ke-4 di bulan ke 7-12 ini adalah tahap di mana bayi bisa duduk sendiri tanpa bantuan dan sudah bisa melanjutkan tahap MPASI. Selain itu bayi di bulan ke-8 biasanya sudah mahir merangkak dan dilanjutkan kemampuannya untuk mencoba berdiri dengan bantuan dan mulai langkah pertamanya.

Tahap ke-5 di bulan ke 12-18 biasanya anak sudah mahir untuk berjalan, tumbuh gigi dan sudah mulai memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik seperti kata "papa, mama, nenen" atau kata yang sering kita ucapkan biasanya bayi sudah pandai meniru.

Dari semua tumbuh kembang yang paling ditunggu yaitu jalan, nah bagaimana cara menstimulasi jalan? Karena tahap ini terkadang membuat orangtua harus ekstra untuk melatihnya takut anaknya jatuh dan terluka.

Tahap jalan memang akan membuat anak jatuh atau sampai terluka sekalipun namun tapi ini sangat banyak manfaatnya untuk melatih sensori dan motorik anak juga membuat anak menjadi percaya diri dan tidak mudah menyerah.

Cara menstimulasi jalan dengan mengenali diapers anak, kenapa? Terdengar sepele namun ini bisa mempengaruhi sebagian anak untuk belajar berjalan, karena jika diapers anak kita penuh otomatis anak akan lebih sulit melangkah (keberatan), jika diapers kekecilan juga membuat bayi tidak nyaman karena jalan memerlukan bebas melangkah, dan jika diapers kebesaran juga membuat anak malas berjalan karena diapers terasa tidak bisa melangkah dengan bebas.

Jadi dimulai dengan cari ukuran yang pas untuk sang anak kemudian cari diapers yang nyaman (tidak menimbulkan ruam pada anak). Kemudian cek diapers setelah dipakai pada anak apakah menghambat untuk melangkah atau tidak salah satunya dengan cara di kutip dari instagram @pyopp "baringkan anak tanpa diapers lalu tekuk lututnya dan dekatkan kedua lututnya kemudian pakaikan diapers dan lakukan hal yang sama dengan cara saat kita baringkan anak lihat seberapa besar jarak antara kedua lutut anak". Jika terlalu lebar tandanya diapers akan menghambat dan sebaliknya jika diapers sangat dekat kemungkinan terlalu kecil sehingga anak kurang nyaman.

Nah, simpel kan? Ternyata dari hal sekecil itu anak akan lebih bisa cepat jalan apabila semuanya terasa nyaman. Selain itu stimulasi jalan lainnya adalah dengan biasakan telanjang kaki untuk melatih ototnya, buatlah rumah atau lingkungan aman untuk anak belajar jalan dibuat seluas mungkin agar anak lebih leluasa berjalan, biarkan dia berjalan merambat dan apabila jatuh (normal) jangan membuatnya jadi trauma dan jangan paksakan anak berjalan saat anak tidak mood.

Semoga bermanfaat.

By: Mega Risti andarini

Copyright by Babyologist

301 Mega Risti andarini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Belajar Lebih Menyenangkan dengan Bantuan Flashcard

Setuju tidak moms kalau flashcard jd salah satu media lain selain buku yg membantu anak belajar?

Ide Bermain untuk si Kecil: Number Match 0-9

Bagaimana cara mengajarkan si Kecil agar ia lebih mudah mengenal bentuk-bentuk dari angka?

Ide Bermain untuk si Kecil: Blooming Flowers

Moms, punya banyak pipet drop bekas obat sirup si kecil? Sebaiknya jangan dibuang ya moms, yuk kita manfaatin untuk permainan yang satu ini.

Bolehkah si Kecil Main Hujan? Adakah Manfaatnya?

Anak-anak, sekalipun masih balita boleh-boleh saja jika mau dikenalkan dengan hujan

Toilet Training Kakak Dastan

Mama Dastan mau share tentang toilet trainingnya kak Dastan, siapa tau bisa bermanfaat buat Moms lain yang mau mulai toilet training.

Mengapa Anakku Terlambat Perkembangan Motoriknya?

Apakah si Kecil terlihat "kalem" Moms? Hati-hati, mungkin anak Moms mempunyai keterlambatan motorik.

Menghadapi si Kecil yang Sering Begadang

Momy2 disini ada yg balita nya suka begadang gak sih??... Klo ada sharing dong gmn caranya nya biar anak ga sll begadang

Tips Memilih Toddler School

Mengapa Mom Jesselyn memilih untuk menyekolahkan anak di usia dini? Apa tips memilih sekolah untuk anak?

Stimulasi Merangkak dengan Baby Spa atau Berenang

Merangkak merupakan sebuah fase yang penting dalam perkembangan bayi. Lalu bagaimana menstimulus bayi agar merangkak?

Tips Membuat Pesta Ultah Anak yang Pertama dengan Budget Minim

Kalau ditanya sebetulnya penting atau tidak sih membuat pesta ulang tahun anak yang pertama? Saya selalu jawab bukan permasalahan penting atau tidak,

Tips Mengajak Bayi Main di Arena Bermain Publik

Ini kali ke-3 Clai main di playground, sebenarnya arena bermain kaya gini memang untuk toddler tapi karena Clai anak yang berani, suka eksplor

Memanfaatkan Core Bekas Bubble Wrap

Karena orang taunya aku mempunyai usaha berdagang di online shop, maka keberadaan segulung besar bubble wrap bukan hal yang baru lagi untuk anak-anak.

Stimulasi Tengkurap yang Saya Terapkan Ke Anak

Kapan sih baiknya kita memberikan stimulasi untuk si Kecil agar bisa tengkurap?

Menidurkan Bayi dari 3 Bulan ke Atas

Bagaimana membuat bayi tidak begadang agar jam tidurnya teratur? Kan bayi belum paham?

Anak Saya Mampu Berjalan saat Usia 17 Bulan

Setiap anak memang mempunyai kemampuan dan tumbuh kembang yang berbeda-beda.

Tantangan Mencari Sekolah Dasar Inklusi untuk Anak

Memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus itu tidak mudah. Yuk, simak cerita Mom Mira!

Ide Bermain Montessori di Rumah

2 aktivitas Montessori berikut ini dapat Moms buat sendiri di rumah untuk melatih dan menstimulasi si Kecil.

Pengaruh Gadget terhadap Kemampuan Bicara Anak

Gadget sebenarnya tidak berpengaruh buruk pada kemampuan komunikasi si Kecil asal dengan melakukan cara berikut.

Mengembalikan Percaya Diri Anak yang Trauma Jatuh Saat Baru Belajar Berjalan

Moms si Kecil enggan belajar jalan? Yuk Moms coba berikan perhatian lebih karena bisa jadi ia trauma jalan

Melatih Sensorik Di Rumah Yuk!

Permainan apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk melatih sensorik si Kecil?