DAILY FEED

Review Dr. Brown's Wide-Neck Options Bottle Review Dr. Brown's Wide-Neck Options Bottle
16 Feb '19

Apa Itu Metode Mindful Parenting? Apa Itu Metode Mindful Parenting?
16 Feb '19

Pompa ASI Portable Manual: Penyelamat di Saat Mati Lampu & Lupa Charge Pompa ASI Portable Manual: Penyelamat di Saat Mati Lampu & Lupa Charge
16 Feb '19

Menggunting Kuku Newborn? Siapa Takut Menggunting Kuku Newborn? Siapa Takut
16 Feb '19

Buah dengan Gizi Terbaik untuk Balita Buah dengan Gizi Terbaik untuk Balita
16 Feb '19

Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika
15 Feb '19

Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina
15 Feb '19

Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan
15 Feb '19

Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati
15 Feb '19

Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari
15 Feb '19

Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS? Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS?
15 Feb '19

Tips Segera Hamil Setelah Menikah Tips Segera Hamil Setelah Menikah
15 Feb '19

Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade) Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade)
15 Feb '19

Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan? Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan?
15 Feb '19

Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo
15 Feb '19

Spaghetti Puding Biskuit Spaghetti Puding Biskuit
15 Feb '19

Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom? Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom?
15 Feb '19

Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes
15 Feb '19

Penyebab Sembelit pada Bayi Penyebab Sembelit pada Bayi
15 Feb '19

Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe
15 Feb '19

Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho
15 Feb '19

Keracunan, Flu Atau Hamil? Keracunan, Flu Atau Hamil?
15 Feb '19

Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+) Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+)
15 Feb '19

Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple
15 Feb '19

Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable
15 Feb '19

Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui? Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui?
15 Feb '19

Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump? Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump?
15 Feb '19

Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB
15 Feb '19

Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump
15 Feb '19

Review Stroller Greentom by Mom Editha Review Stroller Greentom by Mom Editha
15 Feb '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mata Buram Akibat Obat Mual Muntah Pada Hiperemesis Gravidarum?

HEALTH TIPS  |  27 Dec '18

Hi Moms, siapa di sini yang pernah mengalami hiperemesis gravidarum atau mual muntah berlebihan? Moms bisa simak pengalaman saya mengalami hiperemesis gravidarum di cerita sebelumnya.

Hiperemesis gravidarum ini benar-benar kondisi yang sangat tidak nyaman bagi saya dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sehingga saya sangat butuh bantuan dari suami dan orangtua. Setiap makanan ataupun minuman yang saya konsumsi pasti akan langsung dimuntahkan sehingga berat badan pun turun, dan saya harus dirawat di rumah sakit.

Namun disisi lain, saya harus tetap bekerja agar kontrak kerja tidak diprolong. Alhasil pasca pulang rawat inap di rumah sakit, dokter SpOG pun memberikan resep berupa obat anti mual dan muntah. Obat ini adalah obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menjadi obat yang memang biasanya diresepkan pada ibu hamil yang mengalami hiperemesis gravidarum ataupun morning sickness yang mengganggu aktivitas.

Sepulangnya dari rawat inap, saya dapati tubuh saya menjadi cukup segar dan saya sangat tertolong dengan adanya obat anti mual muntah ini. Perlahan saya mulai bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit namun dikonsumsi dengan frekuensi yang sering untuk memenuhi nutrisi saya dan janin.

Selain itu, saya sudah bisa mulai kembali bekerja walaupun terkadang ada saja keinginan muntah ini datang. Biasanya keinginan muntah ini datang saat mencium aroma yang sangat menyengat ataupun jika kelelahan.

Seminggu bekerja pasca rawat inap, saya meyakini bahwa saya baik-baik saja selama saya mengonsumsi obat anti mual muntah ini. Dokter menyarankan untuk mulai mengurangi konsumsi obat dan saya menyadari bahwa saya tidak boleh ketergantungan dengan obat ini.

Maka saya mulai mengurangi konsumsi obat dari 2 x 1 hari menjadi 1 x 1 hari. Biasanya saya mengonsumsi obat saat saya akan berangkat kerja. Hingga akhirnya memasuki minggu ketiga, saya dapati penglihatan saya yang mulai menjadi buram. Tidak parah memang, namun saya tahu bahwa tajam penglihatan saya tidak sebaik sebelumnya.

Panik jelas, lalau saya segera konsultasikan kondisi saya ini kepada dokter. Dokter memberitahu bahwa buram ini bisa saja merupakan efek samping obat anti mual muntah tersebut. Mengingat saya mengonsumsinya setiap hari selama 3 minggu terakhir.

Dokter mengatakan bahwa buram tidak bersifat permanen. Buram ini akan menghilang dan penglihatan akan membaik kembali jika saya menghentikan obat anti mual muntah tersebut. Mendengar penjelasan dokter, saya lega karena buram ini ternyata hanya bersifat sementara dan dari sinilah saya bertekad untuk bisa lepas dari obat anti mual muntah dan menahan hiperemesisku.

Alhamdulillah, karena keinginan, doa, dan diiringi dengan pikiran bahwa saya bisa menjalani pekerjaan saya tanpa harus mengonsumsi obat anti mual muntah pun terkabul. Ya walaupun terkadang saya masih mual muntah sesekali. Tapi untungnya saya memiliki rekan kerja yang pengertian dan toleransi terhadap kondisi saya. I'm so bless

So Moms, jika Moms juga memiliki kecenderungan ketergantungan terhadap obat tertentu, semoga Moms kelak bisa lepas dari ketergantungan tersebut. Karena memang pada dasarnya setiap obat memiliki efek sampingnya tersendiri.

Semoga bermanfaat.

By: Editha Aldillasari

Copyright by Babyologist

269 Editha Aldillasari Send Message to Writer

Related Stories