Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

MY STORY  |  02 Jul '18


Mastitis lebih dikenal dengan  radang payudara atau radang kelenjar susu, dimana payudara itu rasanya nyeri, hingga membuat demam, panas dingin dan ada bagian yang bengkak kemerahan. Biasanya hal ini terjadi karena infeksi akibat sebelumnya nipple kita itu luka atau pecah-pecah atau bisa juga karena ASI yang tidak keluar secara maksimal sehingga menumpuk. Sementara, Abses itu tingkat mastitis yang sudah parah hingga payudara bernanah.

Pengalaman saya selepas bersalin, dihari ketiga payudara sebelah kanan bengkak karena Reksa nyusunya belum begitu mahir dan nipplenya belum terlalu muncul. Akhirnya saya pumping. Setelah dipumping baru agak lunak dan nipple mulai muncul. Saya mencoba menyusui Reksa sambil rebahan, namun ketika selesai saya terkejut karena nipple kanan atasnya terbelah. Tapi tetap saya coba untuk susuin walau sakit, hingga tidak kuat lagi, lalu akhirnya saya pumping. Sehingga Reksa minum ASI kanan lewat botol dan sendok.

Sekitar 1 bulan tapi belum kunjung sembuh. Aku mencari info dimana-mana dan disuruh untuk susuin langsung dan jangan dipumping supaya cepat sembuh. Tapi bukannya sembuh, nipplenya semakin luka hilang setengah ketelan Reksa, nipplenya jadi kering dan sakit jika terkena bra. Saya juga pernah ke bidan dan disarankan untuk menggunakan kamillosan. Namun, sulit untuk ditemukan.Akhirnya hanya mengoleskan nipple menggunakan ASI. Semakin lama mungkin karena payudaranya tertekan dengan nipple yang kering sehingga menjadi merah, bengkak, dan sakit. Saya mendapatkan informasi untuk digoncangkan dengan tujuan untuk menghancurkan yang menggumpal. Namun, ketika dicoba malah jadi ada benjolan dan terasa semakin panas dingin.

Akhirnya saya  mencoba berkonsultasi ke dokter dan divonis terkena mastitis. Lalu, saya diberikan antibiotik untuk pereda rasa sakit. Namun, karena saya berkonsultasi ke dokter bersama ibu saya, beliau termasuk orang yang anti obat kimia, jadi saya minta resep yang herbal. Aku diberikan bawang hitam tunggal atau lanang BPPT. Minumnya 3 butir/ hari. Rasanya manis seperti makan brem. Setelah makan 6 butir benjolannya pecah, mengalir sendiri ichor dan darah. Jadi saya stop pemberian ASI kanan hingga bersih semua. Setelah selesai keluar semua, ternyata payudara saya bolong seukuran buah ceri. Dan setelah semua ichor dan darah keluar, ASI saya bocor melalui lubang itu. Jadi, saya ikat menggunakan kain. Dalam sehari bisa 4-5 kali ganti kain. Bagian lukanya saya tutup menggunakan daun binahong. Jadi, daun binahong di tumbuk untuk menutup lubangnya, daun binahong utuh (dibakar diatas api kompor sampai layu) untuk nutupin daun yang ditumbuk. Rasanya dingin dan agak nyeri. Untuk obat dalam, aku minum jus daun binahong. Pahit  tapi memang ampuh untuk regenerasi sel kulit. Bawang hitam juga masih aku minum terus untuk antibiotik alami. Saya juga sering makan ikan gabus dan spirulina. 

Nah ketika lukanya sudah agak tumbuh daging, sesekali aku oles VCO & MPH milik HPA. Untuk nipple saya juga perlakukan hal yang sama yaitu menggunakan tumbukan daun binahong & VCO setelah kering. Tapi moms, saya benar-benar tidak menyusui langsung dari nipple kanan yang luka dan saya pumping sambil terus diobati. Setelah nipple sembuh total, sampai sekarang saya tidak pernah pumping lagi. Semua itu tergantung hati masing-masing ya moms, ikuti kata hati. Kalau niat kita tulus, mudah-mudahan akan dimudahi proses sembuhnya. Luka mastitisku juga sembuh total dan tak berbekas.

Singkatnya, obat untuk mengatasi masitis dan abses adalah:

  • Bawang Hitam Tunggal atau Lanang by BPPT
  • Daun Binahong
  • Ikan Gabus
  • Spirulina
  • VCO
  • MPH produk HPA


Semoga bermanfaat.

By: Riri Adriyani 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2678 Riri Adriyani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.

Hamil 9 Bulan Cuma Naik 10kg Normalkah?

Apakah ibu hamil harus identik dengan gemuk? Bagaimana dengan ibu hamil yang hanya mengalami sedikit kenaikan berat badan?