Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Masih Bayi Sudah Berjerawat?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  15 Mar '19

Bulan pertama setelah melahirkan, saya mendapati munculnya bintik-bintik di wajah bayi saya. Hal ini tentu membuat saya risau, apalagi kalau mendengar reaksi spontan orang-orang, "bayi kok jerawatan?" atau "masih bayi kok berjerawat?" Dalam hati panas menggelora, tapi saya tetap tersenyum. Bukan hanya panas menggelora tetapi juga cemas karena bintik-bintik itu menyebar tak merata pada wajah bayi. Kejadian tersebut disertai juga warna kemerahan dan mata putih.

Karena masih minim pengalaman, saya dan suami akhirnya berkonsultasi pada dokter. Ketika dibawa konsultasi,  reaksi dokter ternyata adem-ayem saja. Jawabannya, antara alergi atau cipratan ASI.

Jika alergi, kemungkinan besar tidak. Baik saya dan suami tidak memiliki riwayat alergi. Lalu cipratan ASI? Sebagai ibu baru, dalam hati menyangkal. Soalnya bintik-bintik itu juga ada di telinga, rahang, dan bagian-bagian yang mustahil terkena cipratan ASI.

Nah, sepulangnya berkonsultasi, barulah saya googling serta bertanya pada rekan-rekan Moms lainnya. Ternyata benar, kecipratan ASI memang bisa sebegitunya. Saya pun semakin giat mengikuti saran yang diberikan dokter:

  1. Setiap setelah menyusui, lekas membersihkan wajah bayi, termasuk tengkuknya.
  2. Membersihkan wajah bayi dengan kain steril yang dibasahkan.
  3. Sebaiknya tidak menggunakan tisu basah.

Selain itu, sebagai tindakan preventif, gunakanlah perlengkapan mandi bayi yang aman. Semenjak lahir, saya sudah menggunakan produk bayi yang berlogo hypoallergenic. Selama bintik-bintik masih ada, saya memandikan anak saya dengan Lactacyd sesuai rekomendasi dokter.

Senangnya, bintik-bintik tidak lagi bertambah banyak, dan wajah bayi senantiasa mulus dan bersih.

Semoga bermanfaat.

By: Hatfina Dini

Copyright by Babyologist

166 Hatfina Dini

Comments

Related Stories