DAILY FEED

Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika
15 Feb '19

Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina
15 Feb '19

Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan
15 Feb '19

Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati
15 Feb '19

Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari
15 Feb '19

Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS? Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS?
15 Feb '19

Tips Segera Hamil Setelah Menikah Tips Segera Hamil Setelah Menikah
15 Feb '19

Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade) Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade)
15 Feb '19

Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan? Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan?
15 Feb '19

Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo
15 Feb '19

Spaghetti Puding Biskuit Spaghetti Puding Biskuit
15 Feb '19

Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom? Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom?
15 Feb '19

Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes
15 Feb '19

Penyebab Sembelit pada Bayi Penyebab Sembelit pada Bayi
15 Feb '19

Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe
15 Feb '19

Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho
15 Feb '19

Keracunan, Flu Atau Hamil? Keracunan, Flu Atau Hamil?
15 Feb '19

Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+) Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+)
15 Feb '19

Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple
15 Feb '19

Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable
15 Feb '19

Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui? Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui?
15 Feb '19

Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump? Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump?
15 Feb '19

Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB
15 Feb '19

Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump
15 Feb '19

Review Stroller Greentom by Mom Editha Review Stroller Greentom by Mom Editha
15 Feb '19

Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil
14 Feb '19

Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal
14 Feb '19

Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja
14 Feb '19

Review Naif Women for Moms Review Naif Women for Moms
14 Feb '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Masalah yang Sering Ditemui Saat Menyusui

FEEDING  |  10 Feb '19

Menyusui bukanlah hal yang mudah, namun juga bukanlah hal yang sulit jika dilakukan dengan tekad yang kuat dan penuh kesabaran. Bagi Moms yang baru menyusui, mungkin akan menemukan kendala-kendala yang umum terjadi pada ibu menyusui.

Kendala dalam proses menyusui

  1. Air susu tidak keluar setelah melahirkan
    Banyak sekali Moms yang panik saat air susu tidak langsung keluar setelah melahirkan. Nyatanya, pada hari pertama melahirkan air susu yang keluar memang sangat sedikit dan terkadang tidak disadari oleh Moms.
    ASI yang keluar pada hari pertama melahirkan biasanya menyesuaikan ukuran lambung bayi yang kecil, yaitu sebesar biji cherry. Sehingga wajar saja jika Moms tidak menyadarinya. Namun Moms harus tetap menyusui bayi selama 2 jam sekali untuk menstimulasi keluarnya ASI. Jika ASI yang dikeluarkan masih sedikit, jangan terburu-buru untuk mencampurnya dengan susu formula, karena bayi masih mempunyai cadangan makanan hingga 72 jam setelah dilahirkan.

  2. Puting lecet hingga berdarah-darah
    Walaupun tidak semua mengalaminya, namun sebagian besar Moms pasti pernah merasakannya. Dan tingkat keparahan dari lecetnya pun berbeda-beda, ada yang hanya lecet, namun ada juga yang berdarah bahkan bernanah. Untuk menyembuhkan puting yang lecet, Moms dapat menggunakan salep yang diresepkan dokter, atau cara yang paling mudah adalah dengan mengoleskan ASI pada bagian yang lecet, hal ini dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

  3. Bayi selalu ingin mengempeng semalaman
    Hal ini kerap terjadi pada bayi yang baru lahir, karena bayi ingin selalu merasa aman dengan mengempeng pada ibunya. Namun hal ini kadang juga sering membuat Moms kelelahan karena kurang istirahat saat bayi ingin selalu menempel pada payudara Moms.

  4. Pelekatan yang salah dan membuat bayi tidak nyaman
    Pelekatan menjadi salah satu tantangan yang berat dalam menyusui, karena dibutuhkan kesabaran yang kuat saat bayi dan ibu masih sama-sama mencari posisi yang nyaman dan mencari pelekatan yang tepat. Pelekatan yang salah akan membuat bayi tidak nyaman dan sering berujung dengan tangisan kencang yang membuat Moms panik. Oleh karena itu dibutuhkan kesabaran saat belajar pelekatan yang tepat. Pelekatan yang salah juga dapat mengakibatkan puting lecet.

  5. Aliran ASI tidak sesuai keinginan bayi
    Aliran ASI yang terlalu lambat atau terlalu deras, terkadang juga tidak disukai bayi. Sehingga kerap membuat bayi menangis kencang saat menyusu sebagai bentuk komunikasi atas ketidaknyamanannya. Namun terkadang hal ini membuat para Moms harus menebak, apakah bayi menangis karena aliran terlalu lambat atau terlalu deras.

  6. Bingung puting
    Bingung puting merupakan kondisi di mana bayi tidak dapat membedakan pola menghisap puting ibu atau dot, maksudnya adalah saat bayi menyusu pada payudara ibu, namun pola hisapnya seperti sedang menghisap dot yang tidak membutuhkan tenaga untuk menghisap, melainkan hanya menunggu air susu mengalir dengan sendirinya.
    Masalah bingung puting ini kerap membuat produksi ASI ibu menurun karena bayi tidak dapat menghisap dengan benar. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan pengenalan dot yang terlalu dini dan membuat bayi lebih nyaman dengan dot daripada menyusu langsung dengan ibunya, Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan dot, perbanyak menyusu secara langsung agar bayi dapat merekam pola hisap yang benar, dan memilih media lain dalam memberikan ASI perah.

  7. Flat Nipple (Puting Datar)
    Banyak Moms yang memiliki puting datar mengalami kesulitan saat menyusui, padahal menyusui sebenarnya bukanlah pada puting, namun pada bagian areola. Jika bayi atau ibu merasa kurang nyaman dengan puting datar, solusinya Moms dapat memompa ASI terlebih dahulu untuk membuat puting menjadi timbul.

Hal-hal di atas merupakan kendala umum yang ditemui pada ibu menyusui. Banyak sekali kendala lainnya yang mungkin ditemui oleh Moms lainnya. Bagi Moms yang sedang mempersiapkan diri untuk menyusui, lebih baik jika mengetahui hal tersebut di awal, agar tidak kaget nantinya saat menemukan kendala-kendala tersebut.

Kesuksesan Moms dalam menyusui si Kecil sangat ditentukan dari seberapa sabar Moms dalam menghadapi kendala-kendala tersebut dan jangan menyerah saat menyusui. Banyak ibu yang gagal menyusui karena belum mempunyai persiapan ilmu yang cukup saat menghadapi kendala tersebut dan biasanya dukungan keluarga sangat berperan dalam hal ini. Mintalah dukungan keluarga saat Moms sedang mengalami kesulitan dalam mengASIhi. Terus semangat dan menyusui dengan keras kepala.

Semoga bermanfaat.

By: Lisa Febrianti

Copyright by Babyologist

138 Lisa Febrianti Send Message to Writer

Related Stories