Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Masalah Kesehatan Gigi Yang Sering Terjadi Pada Anak

HEALTH TIPS  |  21 Apr '18

Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal tidak bisa Moms abaikan begitu saja, karena akan berdampak buruk ke depannya.

Kali ini saya akan membahas mengenai “Masalah Kesehatan Gigi yang Sering Terjadi pada Anak”. Diantaranya:

  1. Gigi Berlubang 
    Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika tidak segera ditangani dan tidak dirawat, lubang gigi akan semakin membesar dan dalam, sehingga bisa saja infeksinya menembus bagian syaraf yang terhubung ke gigi dan lama-kelamaan gigi tersebut bisa mati dan tidak bisa berfungsi kembali.

  2. Karang Gigi 
    Karang gigi adalah kotoran di dalam mulut  yang menempel pada gigi dalam jangka waktu yang lama, lama-kelamaan akan mengeras dan membatu sehingga akan sulit untuk dibersihkan jika hanya dengan menggosok gigi saja.

  3. Gigi Tidak Rata 
    Gigi anak bisa menjadi tidak rata tumbuhnya apabila ada gigi susu yang tanggal atau copot lebih cepat sebelum waktunya. Nantinya hal ini akan menyebabkan gigi tetap atau permanen yang menggantikannya kehilangan panduan untuk tumbuh, dan pada akhirnya gigi akan tumbuh di luar posisi normalnya.

  4. Gigi Susu Tinggal Akar 
    Biasanya kasus ini dialami oleh anak yang terbiasa minum susu dengan dot atau susu botol. Terutama jika susu sering diminum sebelum tidur atau sebagai pengantar tidurnya. Ciri khasnya adalah hampir seluruh mahkota gigi depan rusak dan hanya tinggal akar giginya saja. Sepertinya hal ini banyak dialami oleh anak-anak ya Moms.

Jika anak Moms mengalami masalah kesehatan gigi sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter gigi, jangan ditunda-tunda yaa. 

Semoga bermanfaat.

By: Dr. Nurul Hidayati.

BACA JUGA: Fungsi, Manfaat, Dan Efek Samping Imunisasi MMR

83 Dr. Nurul Hidayati Send Message to Writer

Related Stories