Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Senam Hamil Dalam Proses Bersalin

MOM STYLE  |  PREGNANCY  |  29 Nov '17

Waktu saya mengandung Meghan, saya memang menginginkan proses persalinan saya nanti berjalan secara normal maka saya mengikuti kelas senam hamil di rumah sakit spesial ibu dan anak. Dokter kandungan saya menyarankan untuk memperbanyak olahraga baik itu jalan kaki secara rutin dan juga senam hamil di saat kehamilan saya memasuki usia 22 minggu. 

Saat saya mengikuti senam hamil saya banyak diajarkan teknik untuk nantinya bisa mempersiapkan diri dalam persalinan, terutama dalam mengatur pernapasan dan bagaimana bisa tetap tenang saat nyeri kontraksi tiba. Memang berat mengikuti kelas senam hamil dengan posisi perut besar tapi yang diajarkan tidak sampai membuat kita kesakitan melainkan bisa melatih pernapasan. Awal mula diajarkan menarik napas panjang lewat hidung, menyalurkannya ke janin dan ke seluruh tubuh lalu membuangnya melalui mulut secara perlahan. Semuanya ini bertujuan agar saat merasakan kontraksi bukannya saya berteriak menahan sakit melainkan mengatur napas supaya persalinan berjalan dengan baik, baik normal maupun caesar.

Dari pengalaman saya, ketika ketuban pecah dan kontraksi datang, rasa sakit bisa di handle dengan melakukan teknik pernapasan yang sudah di ajarkan di kelas senam. Saya pun menghadapi semuanya dengan tenang. 

Banyak yang menganggap kalau senam hamil hanya efektif pada ibu-ibu yang menjalani persalinan normal. Sebenarnya latihan pernapasan yang diajarkan juga penting diketahui ibu yang akan menjalani operasi caesar. Lagipula, ibu hamil yang aktif dan rutin berolahraga akan membawa dampak positif bagi tubuh.

Selain itu, senam hamil juga bermanfaat untuk mengembalikan posisi bayi yang sunsang. Senam hamil untuk bayi sungsang sangat efektif diterapkan untuk mengembalikan bayi ke posisi yang seharusnya. Dan manfaat senam hamil lainnya seperti :

  1. Membantu tidur 
  2. Membantu mengurangi stress 
  3. Membantu menekan resiko obesitas saat kehamilan
  4. Meningkatkan kebugaran
  5. Mencegah nyeri pinggang,mengurangi keluhan kram & juga menguatkan otot panggul

Jadi menurut saya bagi ibu-ibu yang lagi hamil jangan lupa mengikuti senam hamil di rumah sakit / bagi yang tidak sempat ke rumah sakit bisa mempraktekkan sendiri dirumah dengan melihat cara-cara yang benar di internet atau di dvd senam hamil. Karena percayalah dengan mengikuti senam hamil pasti akan membawa dampak positif bagi kehamilan ibu. Saat tubuh dalam kondisi fit karena seringnya melakukan senam hamil maka proses pemulihan pun jadi lebih cepat. Jadi, senam hamil ini memang sangat bermanfaat baik untuk ibu yang akan menjalani persalinan normal maupun operasi caesar.

By: Cindy Fransisca

BACA JUGA: Minuman Wajib Dikonsumsi Saat Hamil

1221 Cindy Fransisca Send Message to Writer

Related Stories